Belajar Desain Grafis Untuk Pemula Cepat Bisa

Cara terbaik bagi pemula untuk memulai belajar desain grafis adalah dengan cara melihat terlebih dahulu hasil karya desain dari para desainer profesional sebagai contoh referensi dan inspirasi.

Contoh Desain Grafis

Advertisement

Sebelum Anda membuat desain pertama Anda, sebaiknya lihatlah terlebih dahulu contoh-contoh desain grafis hasil karya desainer profesional.

Dengan begitu, mindset dan ide kreatif Anda akan terbentuk dan terus berkembang untuk tetap update mengikuti tren desain yang ada sekarang ini.

Sehingga Anda terhindar dari membuat desain yang “norak” dan ketinggalan zaman, seperti seorang amatiran.

Salah satu website terbaik yang berisi kumpulan desain grafis adalah Freepik.com

Di Freepik.com Anda bisa mendapatkan beragam desain yang bisa Anda download dan edit lagi sesuka hati (remake).

Untuk mencari contoh desain yang Anda inginkan di Freepik, tinggal ketikkan saja kata kuncinya (dalam bahasa Inggris) pada kolom pencarian.

Misalnya Anda ingin mencari desain gambar gunung. Ketikkan saja kata “mountain”. Maka akan muncul ratusan bahkan hingga ribuan desain yang saling berkaitan.

Resource desain tersebut bisa Anda download secara gratis untuk kemudian Anda edit kembali di software Adobe Photoshop (untuk file PSD) ataupun Adobe Illustrator (untuk file vector).

Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Untuk pemula, sebaiknya pelajari software Adobe Photoshop.

Anda bisa memulai belajar desain dengan aplikasi Photoshop. Misalnya untuk membuat logo, brosur, poster, atau bahkan memanipulasi sebuah foto.

Kenapa Photoshop?

Sekedar informasi, bahwa Photoshop sudah menjadi standar dalam industri desain grafis saat ini. Jadi ini adalah aplikasi desain terbaik yang paling banyak digunakan oleh para profesional untuk menghasilkan karya yang luar biasa.

Di bawah ini merupakan hasil karya manipulasi foto yang menakjubkan dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Advertisement

Jika Anda sudah menguasai basic atau dasar-dasar Adobe Photoshop, selanjutnya Anda bisa memulai mempelajari software desain yang lain, salah satunya adalah Adobe Illustrator.

Belajar Desain Grafis Melalui Video di Youtube Lebih Mudah

Youtube bisa menjadi media yang bagus untuk belajar desain grafis di internet.

Anda akan lebih mudah mempelajari sesuatu jika melihat melalui video tutorial, ketimbang membaca teks yang panjang bukan?

Anda bisa mengakses dan menonton Youtube dari perangkat smartphone Anda.

Tinggal ketikkan saja kata kuncinya di kolom pencarian Youtube.

Misalnya Anda ingin belajar cara manipulasi foto di Photoshop, ketikkan saja kata kunci tersebut. Nantinya akan muncul beragam video tutorial yang bisa Anda pelajari secara mudah dan gratis.

Anda juga bisa menggunakan kata kuncinya dalam bahasa Inggris (Misalnya: “Photoshop Photo Manipulation”), untuk mendapatkan tutorial dari para desainer kelas dunia tentang cara memanipulasi sebuah gambar dan foto.

Berikut contoh video tutorial manipulasi foto di Photoshop:

Contoh video tutorial membuat logo di Photoshop:

Contoh video tutorial membuat vector art di Photoshop:

Mulai Praktek dan Mencoba

Yang terpenting dari proses belajar adalah prakteknya. Biar bagaimana pun, memahami teori saja tidak akan membuat Anda menjadi bisa jika Anda tidak mempraktekkannya.

Jika Anda terus mencoba, skill desain Anda akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman yang Anda miliki.

Yang juga tidak kalah penting adalah perbanyak referensi desain grafis dari berbagai website supaya daya imajinasi dan kreativitas Anda terus berkembang untuk menghasilkan karya yang menarik.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Follow penulis di Instagram: @ajizakaria

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept