Happy New Year 2023

Plugin AI Art Stable Diffusion Untuk Adobe Photoshop

Stable Diffusion merupakan proyek AI Text to Image open source yang sangat populer digunakan untuk membuat gambar ilustrasi digital menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang cara membuat gambar ilustrasi AI dengan menggunakan Stable Duffsion:

Menariknya, saat ini Stable Diffusion sudah ada versi plugin-nya, khususnya untuk software desain grafis Adobe Photoshop.

Plugin tersebut dinamakan dengan Auto-Photoshop-StableDiffusion-Plugin.

Dengan menggunakan plugin Auto-Photoshop-StableDiffusion-Plugin, kita bisa menghasilkan gambar ilustrasi AI dengan perintah teks (disebut prompt) secara langsung ke lembar kerja Photoshop (canvas).

Hasil gambar yang di-generate dengan bantuan AI ini akan bisa langsung kita modifikasi dengan Photoshop dan memadukannya dengan berbagai tool yang ada di Photoshop untuk membuatnya menjadi unik.

Terdapat beberapa fitur seperti txt2Img (membuat ilustrasi dari perintah berbasis teks), img2img (membuat ilustrasi dari gambar yang kita upload), inpaint (membuat ilustrasi unik dengan goresan brush seperti melukis).

Dari contoh demo videonya, terlihat bahwa plugin ini cukup membantu terutama jika digunakan untuk membuat project menggambar ilustrasi atau digital painting dengan style ala concept art.

Plugin ini juga menggunakan tool dari Automatic1111 Web UI sebagai backend yang dijalankan menggunakan remote webui dengan API access.

Hasil gambar yang dimuat dari plugin ini akan masuk ke layer Photoshop sebagai Smart Object, sehingga tidak akan kehilangan kualitas ketika pengguna menggunakan fitur resize.

Tersedia Fitur Prompt Shortcut

Umumnya untuk menggunakan AI text to image kita perlu menuliskan perintah berbasis teks dengan deskripsi spesifik agar mampu diproses oleh AI.

Untuk mempercepat proses seperti itu yang berulang, plugin ini juga menyediakan fitur shortcut. Sehingga untuk prompt panjang seperti ini misalnya:

A high tech cyberpunk utopia in the Indonesia rainforest

Bisa dipersingkat menggunakan shortcut seperti ini:

{indo_tech}

Dengan shortcut, kita bisa lebih cepat mengakses prompt jika memerlukan beberapa varian gambar yang terkait dan identik.

Gratis dan Open Source

Plugin ini bisa kita gunakan secara gratis, terlebih lagi juga open source, sehingga siapa saja bisa memodifikasi plugin ini ataupun ikut mengembangkannya juga.

Untuk source code dan tutorial instalasi maupun cara penggunaan plugin ini bisa dilihat di halaman GitHub-nya.

Dengan bantuan teknologi AI, para desainer semakin dimudahkan dengan berbagai fitur yang serba otomatis untuk menghasilkan gambar.

Tentunya jika ingin menghasilkan kreasi gambar yang unik, para desainer harus memadukannya dengan kreativitas mereka sendiri.

Namun demikian, hasil kreasi AI sebenarnya juga mengambil sample dari gambar yang sudah ada. Beberapa di antaranya mungkin mengambil dan meniru gambar dari karya ilustrator profesional yang diposting di internet.

Auto-Photoshop-StableDiffusion-Plugin ini sebenarnya bukanlah yang pertama dan satu-satunya, karena masih ada juga plugin lain, seperti alpaca contohnya:

alpaca, plugin StableDiffusion untuk Photoshop

Namun karena Auto-Photoshop-StableDiffusion-Plugin ini gratis dan berlisensi open source, maka kemungkinan besar akan banyak developer dan desainer yang tertarik untuk menggunakannya.

Tertarik untuk mencobanya? Silahkan kunjungi halaman project-nya di GitHub berikut ini:

Leave A Reply

Your email address will not be published.