Informasi Teknologi & Internet

Website Terbaik Untuk Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Kamu bisa menjadi seorang yang ahli dalam bidang desain grafis hanya dengan belajar secara mandiri melalui internet.

Bahkan, tanpa perlu mengikuti kursus ataupun guru yang nyata sekalipun hanya untuk menjadi seorang ahli desain.

Advertisement

Sangat mudah untuk mencari berbagai macam tutorial seputar desain grafis di jagat maya ini. Teksnologi.com sendiri pun sudah menyediakan beberapa artikel seputar desain grafis yang bisa kamu pelajari.

Selain itu, kami juga punya referensi website-website yang menyediakan tutorial desain grafis secara gratis. Berikut ulasannya:

 

Tutpad.com

tutpad-website

Tutpad merupakan proyek dari Freepik.com yang juga merupakan situs penyedia file-file desain yang bisa di-download secara gratis.

Tutpad menyediakan beragam tutorial seputar desain grafis, yang di dalamnya membahas teknik desain digital dengan menggunakan software seperti:

  • Adobe Photoshop untuk editing gambar dan manipulasi foto.
  • Adobe Ilustrator untuk desain berbasis vector.
  • Adobe After Effects untuk video editing dan animasi.
  • Serta 3D modeling menggunakan AutoDesk Maya, 3ds Max, ataupun software sejenis.

Saat ditulisnya artikel ini, website Tutpad sendiri masih tergolong baru, namun mereka secara konsisten mengisi konten dan tutorial yang ada dengan informasi yang cukup detail.

Sejatinya Tutpad merupakan website kursus online (online course). Mereka menyediakan materi kursus secara gratis, tetapi ada juga versi berbayarnya. Di Tutpad.com, terdapat tutorial dalam bentuk artikel dan juga dalam bentuk video.

 

Tuts+ Design

envato-tuts-plus-design

Sama halnya dengan Tutpad.com, Tuts+ menyediakan beragam tutorial dan online course seputar desain grafis. Di sana, kamu bisa mempelajari bagaimana cara membuat logo, icon, karakter animasi, ilustrasi, serta berbagai tutorial desain lainnya.

Dibandingkan dengan tutpad.com, Tuts+ sudah hadir lebih dulu sebagai salah satu pelopor penyedia tutorial desain grafis di internet. Bahkan, kamu juga bisa mempelajari tutorial seputar web design di sana.

 

Googling dengan kata kunci dalam bahasa Inggris

Bisa dibilang bahwa ini sudah menjadi rahasia umum, namun masih banyak para pemula yang belum menyadarinya.

google

Selain dari kedua website populer yang sudah kami sebutkan di atas, kamu juga bisa mendapatkan tutorial seputar desain grafis dari blog atau website lain di luar sana.

Tipsnya adalah, gunakan kata kunci dalam bahasa Inggris pada kolom mesin pencari Google, maka kamu akan mendapatkan lebih banyak referensi untuk belajar desain grafis secara lebih spesifik sesuai dengan yang kamu inginkan.

Kenapa menggunakan bahasa Inggris? Alasannya tentu saja karena ini adalah bahasa internasional. Kesempatan untuk mendapatkan informasi yang lebih luas dari para desainer profesional tentu akan lebih besar.

 

Youtube

yt_logo_rgb_light

Walaupun Youtube dikenal sebagai situs video streaming, namun di dalamnya terdapat cukup banyak video tutorial yang bisa kamu pelajari.

Lagi pula, belajar dengan instruksi video akan lebih mudah ketimbang membaca tutorial dalam bentuk artikel.

Kamu bisa mengikuti step by step atau langkah demi langkahnya dengan lebih jelas dan mudah.

 

Sembari belajar, mencari inspirasi dan referensi desain grafis juga diperlukan

Adakalanya dalam proses mendesain, kita membutuhkan inspirasi untuk bisa memunculkan ide yang bagus demi bisa menghasilkan karya desain yang menarik.

Lalu, dari mana sumber inspirasi desain itu bisa diperoleh? Salah satu cara terbaiknya adalah dengan melihat karya desain milik orang lain. Cobalah untuk melihat-lihat hasil karya dari para desainer profesional.

Dengan cara ini, kita bisa mengetahui seperti apa karya tersebut hingga bisa disukai banyak orang. Pelajari juga unsur-unsur apa saja yang ada di dalam desain tersebut, sehingga kita bisa menerapkannya pada desain yang akan kita buat nantinya.

 

Berikut ini beberapa website terbaik sebagai sumber referensi untuk mencari inspirasi desain:

 

Behance.net

Para desainer grafis bisa saling berbagi dan mencari inspirasi seputar desain di website ini.

Behance memungkinkan para desainer digital untuk memamerkan karya sekaligus mempromosikan skill desain mereka kepada dunia.

behance

Banyak para desainer profesional mendapatkan job/tawaran pekerjaan dari hasil memamerkan karya mereka di sini. Karena jika karya mereka bagus, biasanya akan langsung dilirik oleh perusahaan untuk mengerjakan proyek-proyek tertentu.

Sekedar informasi, Behance adalah website yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe.

 

Dribbble.com

dribbble

Mirip dengan Behance, bisa dibilang bahwa dribbble adalah jejaring sosialnya para desainer digital.

Para desainer bisa memamerkan karya sekaligus mempromosikan skill desain mereka di sini.

Dribbble merupakan salah satu sumber referensi untuk belajar desain grafis favorit kami.

Di dribbble, kita bisa mencari berbagai kategori desain seperti icon, wallpaper, cartoon, vector, logo, template website, user interface (UI), dan masih banyak lagi.

Asyiknya kita bisa mengetahui desain apa saja yang sedang trending dan menjadi populer di dribbble sebagai sumber inspirasi dengan mengunjungi halaman Shots pada link berikut: https://dribbble.com/shots

 

Freepik.com

Freepik adalah website yang menyediakan resource atau file-file yang berhubungan dengan desain grafis.

Kita bisa mendapatkan file-file desain yang sudah jadi untuk bisa kita modifikasi sesuai dengan keinginan.

vector-ilustrator

Freepik menyediakan file-file seperti: gambar vector, icon, ilustrasi, poster, banner, brosur, cartoon, dan masih banyak lagi.

Mayoritas filenya bisa kita download secara gratis dan kita modifikasi dengan menggunakan software seperti Adobe Ilustrator untuk file vector, dan Adobe Photoshop untuk file PSD.

 

Penutup

Kreativitas menjadi suatu hal yang sangat penting dalam bidang desain grafis. Dibutuhkan banyak referensi guna mempertajam skill dan kepekaan kita sebagai pelaku desain. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan website-website tersebut sebagai sumber untuk mencari ide dan juga inspirasi.

Advertisement

Comments