Update Baru Affinity v1.10 (Designer, Publisher, Photo) Peningkatan Performa dan Kecepatan Hingga Ratusan Ribu Layer dan Object

Kabar baik bagi Anda para pengguna Affinity Designer. Pasalnya software desain grafis yang satu ini baru saja merilis update terbaru versi 1.10.

Untuk pembaruan kali ini memang tidak berfokus untuk menghadirkan fitur-fitur baru. Namun yang menarik dan sangat berguna adalah pembaruan dari sisi engine yang ada di baliknya sebagai tulang punggung utama yang menopang software ini.

Advertisement

Pada update kali ini, diklaim mengalami peningkatan performa yang signifikan hingga 10x lipat dibanding versi sebelumnya. Karena pihak developer melakukan perubahan besar-besaran pada semua rangkaian dan sistem operasi.

Sebagai pengguna Affinity Designer, pastinya saya juga ikut senang, mengingat ini adalah software favorit saya untuk desain dan juga menggambar ilustrasi digital (sekaligus sebagai alternatif dari Adobe).

Dan untuk update kali ini tidak hanya untuk Affinity Designer saja, tetapi juga berlaku pada semua produk Affinity Serif lainnya. Seperti Affinity Publisher dan juga Affinity Photo.

Nah, apa saja yang baru di versi 1.10 ini? Simak infonya di bawah ini.

Affinity Designer

software vector terbaik

Sekarang Affinity Designer semakin cepat dalam merendering dokumen berukuran besar. Padahal, sebelum update pun rasanya memang sudah cukup gesit dibandingkan software lainnya.

Untuk update kali ini akan sangat terasa terutama bagi pengguna yang menggunakan dokumen yang sangat kompleks, misalnya hingga ratusan ribu objek dan juga layer.

Meskipun memang nyatanya jarang sekali ada desainer atau ilustrator yang menggunakan layer hingga ratusan ribu jumlahnya.

affinity-designer-interface-screenshot

Advertisement

Affinity Publisher

affinity-publisher-interface

Untuk Affinity Publisher, sekarang juga jauh lebih gesit dengan manajemen memory RAM yang lebih baik. Software yang biasa digunakan untuk membuat layout majalah, buku, ataupun ebook ini mampu memproses hingga ribuan halaman dengan size dokumen hingga bergiga-giga.

Aktivitas seperti pan & zoom, scrolling, dan live editing juga diklaim menjadi lebih instan loadingnya dan juga semakin mulus.

IDML import juga diklaim 4x lipat lebih cepat dari sebelumnya. Termasuk juga kinerja teks di dalamnya.

Affinity Photo

affinity-photo-ipad

Kemudian pada software Affinity Photo juga mengalami peningkatan performa. Terutama pada layer yang menggunakan fungsi blended.

Peningkatan kinerja ini dibuat agar mempertahankan performa pada dokumen dengan banyak komposisi yang sangat kompleks.

Kesimpulan

Jadi pada intinya di update kali ini adalah berfokus pada sisi peningkatan performa dengan dirombaknya bagian engine secara besar-besaran di semua versi sistem operasi, seperti Windows, Mac, dan juga iPad.

Sehingga workflow semakin cepat diproses. Baik dari sisi loading dan juga pengoperasian berbagai macam tool.

Untuk update ke versi terbaru, tinggal buka saja aplikasi Affinity di perangkat Anda, maka nantinya notifikasi dan tombol download akan tersedia untuk melakukan upgrade.

Download Affinity v1.10

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept