πŸ†• Digital Art Release: Stand With Palestine πŸ’” πŸ‡΅πŸ‡Έ Β – Lihat di sini

Cara Menggambar Background Langit dengan Mudah [Digital Painting Tips]

Aji Zakaria

Pada artikel kali ini saya ingin sharing beberapa teknik menggambar yang biasa saya gunakan pada beberapa karya digital art yang sebelumnya sudah saya rilis di Instagram dan juga blog ini.

Untuk tips dan tutorial kali ini adalah tentang menggambar background langit dengan mudah dan cepat.

Menggambar Langit

Langit menjadi salah satu element yang cukup penting untuk kita perhatikan keberadaannya terutama ketika kita menggambar landscape pemandangan alam.

Warna background pada langit bisa menggambarkan suasana dan keterangan waktu pada suatu gambar ilustrasi.

Dari gambar langit tersebut lah, orang yang melihatnya akan bisa langsung mengetahui kapan kira-kira waktu yang ada pada suatu gambar ilustrasi yang kita buat, seperti pagi, siang, sore ataupun malam hari.

menggambar background langit siang sore malam

Misalnya, ketika pagi hari atau siang hari yang cerah, kita bisa menggunakan background langit berwarna biru. Lalu di sore hari atau senja, kita bisa mengkobinasikannya dengan warna kuning, ungu atau merah. Kemudian untuk malam harinya, kita bisa menggunakan warna dark atau warna-warna yang lebih gelap.

Preview Hasilnya

Baik langsung saja, berikut ini merupakan hasil akhirnya:

ilustrasi pemandangan alam bukit camping yang indah

Bisa dilihat pada gambar di atas, secara umum terlihat 2 gradasi warna yang paling menonjol di background langitnya. Mulai dari bagian horizontal bukit berwarna kuning, lalu semakin ke atas, warna langitnya berubah menjadi biru.

Menggambar Langit Menggunakan Gradient Tool

Jadi cara yang saya gunakan untuk membuat gambar background langit adalah dengan menggunakan “Rectangle Tool” yang dikombinasikan dengan “Gradient Tool”.

Yup, tanpa menggunakan “Brush Tool”.

Sehingga dengan begitu kita bisa lebih menghemat waktu dalam proses menggambar kita.

Jadi aplikasi yang saya gunakan untuk menggambar di sini adalah dengan menggunakan software Affinity Designer. Meskipun dikenal sebagai software vector, tetapi sebenarnya juga bisa digunakan untuk menggambar dengan style digital painting karena di Affinity Designer juga sudah terdapat fitur Brush Tool untuk menggambar digital.

Seperti inilah fitur Gradient Tool di Affinity Designer:

Saya menggunakan 4 titik kombinasi gradasi warna untuk membuat transisi yang lebih halus

Saya kurang tahu pasti apakah di software lain yang serupa juga mempunyai fitur Gradient Tool tersebut. Namun sepertinya mayoritas software image editing populer atau aplikasi untuk menggambar saat ini rata-rata sudah menyediakan fitur ini.

Kelebihan lainnya jika membuat background langit menggunakan Gradient Tool adalah kita bisa mengatur kombinasi warnanya dengan mudah hanya dengan sekali klik. Selain itu kita juga bisa menambahkan lebih dari 2 kombinasi gradasi warna.

Untuk lebih jelasnya, sekarang coba lihat gambar ilustrasi tersebut jika tanpa menggunakan background langit:

Beberapa langkah mudah untuk membuat background langit dengan Gradient Tool adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan Rectangle Tool terlebih dahulu untuk menutup area background yang kita inginkan dengan bentuk persegi
  2. Kemudian gunakan Gradient Tool untuk membuat gradasi warna dengan menarik garisnya hingga beberapa titik/posisi
Rectangle Tool

Kira-kira seperti inilah bentuk persegi yang dibuat dengan Rectangle Tool dan dikombinasikan dengan Gradient Tool:

Background tersebut tentunya kita tempatkan di layer paling bawah agar posisinya berada di paling belakang dari objek lainnya.

Proses pembuatan background langit ini biasanya saya kerjakan terlebih dulu di sesi awal sebelum membuat objek-objek lainnya. Karena saya merasa lebih mudah untuk mendapatkan gambaran objek pemandangan alam yang akan digambar.

Nah, itulah cara atau teknik yang sering saya gunakan untuk membuat gambar background langit.

Untuk membuatnya terlihat lebih natural dan dinamis, kita bisa menambahkan efek warna lainnya dengan menggunakan Brush Tool.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat proses timelapse pembuatan ilustrasi ini di slide ke dua dari postingan Instagram saya berikut:

Jika kamu sudah follow akun Instagram saya sejak lama, kamu mungkin sudah pernah melihat postingan ini sebelumnya. Maaf jika thumbnailnya terlihat ngeblur, sepertinya mungkin ada indikasi terkena shadow ban. Untuk lebih jelasnya saya sarankan untuk melihatnya dari aplikasi Instagram di smartphone kamu secara langsung.

Ya, ilustrasi ini merupakan bagian dari proses pembuatan di balik konten visual untuk menyuarakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina πŸ‡΅πŸ‡Έ.

Dari yang awalnya hanya berupa gambar ilustrasi saja, selanjutnya dikembangkan lagi ke animasi sederhana menggunakan software Blender untuk membuat gerakan element seperti air di sungai, api unggun, partikel angin, hingga bendera Indonesia dan Palestina yang berkibar.

Penutup

Nah, itulah cara sederhana yang saya gunakan untuk membuat gambar background langit dengan mudah dan cepat menggunakan Rectangle dan Gradient Tool di software Affinity Designer.

Ini merupakan salah satu dari sekian banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menggambar digital ala digital painting.

Demikian sharing tips kali ini, di artikel selanjutnya kita akan membahas beberapa teknik menggambar digital lainnya yang paling sering saya gunakan. Stay tuned!

Follow:
Sharing tutorial digital art di Instagram: @ajizakaria
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *