Welcome to Teksnologi

Windows 11 Big Update: Bing AI Chatbot, Notepad Tabs, Phone Link, Screen Recorder

Microsoft baru saja meluncurkan update terbaru untuk sistem operasi Windows 11.

Salah satu fitur baru yang menarik di update kali ini adalah Bing Chat yang didukung dengan teknologi AI (kecerdasan buatan).

Berikut adalah beberapa fitur baru yang hadir di Windows 11 Big Update:

Bing Chat

Semenjak chatbot berbasis AI seperti ChatGPT kian terus populer, Microsoft selaku investor dalam project tersebut juga turut menghadirkan teknologi serupa pada search engine buatan mereka, Bing.

Sekarang fitur search di Windows 11 sudah menampilkan icon Bing yang bisa digunakan untuk mencari informasi apapun dengan dukungan teknologi AI (Artificial Intelligence).

Notepad dengan Tab

Selain itu, fitur lain yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna Windows 11 adalah fitur tabs pada Notepad bawaan Windows.

Pada update terbaru ini Microsoft menghadirkan tabs pada Notepad Windows 11, sehingga untuk membuka banyak catatan, source code, ataupun teks bisa dibuka dalam satu jendela yang sama tanpa harus berpindah-pindah jendela aplikasi, mirip seperti halnya tab di file explorer yang sudah lebih dulu hadir di update sebelumnya.

Snipping Tool dengan Screen Recorder

Snipping Tool adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengambil tangkapan layar atau gambar screenshot di Windows 11.

Pada update terbaru ini, Microsoft menambahkan fitur built-in screen recording ke Snipping Tool. Sehingga sekarang sudah bisa digunakan untuk merekam layar dalam format video.

Untuk membuka Snipping Tool dengan cepat, pengguna dapat menggunakan shortcut dengan kombinasi keyboard berikut: Windows key + Shift key + S

Update Phone Link Untuk iPhone dan Android

Phone Link adalah aplikasi bawaan Windows 11 untuk menghubungkan perangkat Windows dengan smartphone seperti iPhone dan juga Android.

Dengan Phone Link pengguna bisa mentransfer file, foto dan video dengan mudah melalui jaringan WiFi.

Advertisement

Pada update terbarunya, Phone Link kini mendukung koneksi dengan perangkat iOS. Fitur ini masih dalam tahap preview untuk pengguna Windows Insider Channel.

Sedangkan untuk Android, dukungan Phone Link sudah hadir lebih dulu. Bagi pengguna Samsung di Android, pengguna bisa mentransfer browser session dari smartphone ke Windows 11 dengan lebih mudah untuk melanjutkan browsing di PC.

Update Pada Windows Studio Effects

Windows Studio Effects adalah fitur yang sudah diluncurkan oleh Microsoft setahun yang lalu.

Aplikasi ini berfungsi untuk menambahkan beberapa efek video dan audio menggunakan teknologi AI pada saat pengguna melakukan panggilan video dengan webcam.

Fitur-fitur AI otomatisnya seperti eye contact, background blur, automatic framing dan voice focus yang bisa diintegrasikan dengan mic dan webcam bawaan perangkat untuk meningkatkan pengalaman video calling dan conference.

Di update terbaru ini, fitur tersebut semakin mudah untuk diakses dan dikustomisasi secara langsung melalui taskbar di quick settings. Pengguna bisa melakukan adjustment atau penyesuaian secara instan dengan aplikasi yang digunakan. Selain itu, juga bisa terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Teams secara seamless.

News Widgets

Fitur News Widgets memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi terkini dengan cepat, seperti laporan cuaca, info harga saham/kripto, berita terkini yang sedang hangat, serta integrasi dengan aplikasi lainnya.

Di update terbaru ini, Widget di Windows 11 terintegrasi dengan Phone Link untuk menampilkan status dan notifikasi yang ada di smartphone yang terhubung. Selain itu ada juga aplikasi Xbox Game Pass dan aplikasi lain hasil kerja sama dengan Meta (Facebook) dan Spotify.

Rekomendasi File di Start Menu dengan AI

Sekarang Windows 11 akan merekomendasikan file-file terkait yang mungkin akan lebih sering kita gunakan dengan menggunakan algoritma dari AI untuk memudahkan kita mengaksesnya melalui Start Menu.

Fitur lainnya

Pembaruan lainnya seperti peningkatan untuk pengguna dengan perangkat touch screen, aplikasi Windows 365, Narrator pada accessibility tool, energy recommendation/penghemat energi baterai, redesign quick access app dan lain-lain.

Berikut ini adalah video preview dari update terbaru Windows 11 di bulan Februari-Maret 2023 ini:

Update ini sudah bisa didapatkan melalui fitur Windows Update bagi pengguna yang menggunakan Windows 11 versi 22H2.

Leave A Reply

Your email address will not be published.