Fitur Baru Windows 11: Performa Meningkat, Semakin Canggih, Modern, dan Support Aplikasi Android

Microsoft secara resmi telah mengumumkan rilisnya Windows 11 pada 24 Juni 2021. Hadirnya Windows 11 membawa beragam fitur-fitur baru yang sangat menarik. Bahkan kabar baiknya, upgrade ke Windows 11 juga akan digratiskan bagi pengguna Windows 10 saat ini.

Fitur Baru Windows 11

Nah, apa saja fitur baru Windows 11? Mari kita lihat.

Advertisement

Tampilan Baru Lebih Modern dan Mudah Digunakan

Tampilan baru Windows 11

Microsoft mendesain ulang tampilan Windows 10 untuk diadopsi ke Windows 11. Tata letak dan opsi pengaturan dibuat menjadi lebih sederhana, sehingga menghadirkan kesan clean dan modern.

Tujuannya agar lebih memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi dan fitur-fitur yang ada di Windows 11, guna menunjang produktivitas dan juga kreativitas.

Start Menu dan Taskbar sekarang berada di posisi tengah. Dengan begitu pengguna akan bisa menjangkau aplikasi dengan lebih cepat dan mudah. (Mirip seperti Mac OS).

Bagian lain yang juga mengalami perubahan adalah pada sisi sound, font, dan juga icon.

Bisa Memilih Layout Jendela Aplikasi Untuk Multitasking

fitur-baru-windows-11-multitasking-snap-layouts
Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops

Selama ini untuk multitasking pengguna Windows bisa membuka banyak aplikasi dan mensejajarkan jendela aplikasi tersebut secara bersamaan.

Di Windows 11, fitur ini sudah diperbarui. Sekarang sudah ada pilihan untuk mengatur layout dan tata letak jendela aplikasi agar lebih rapi dan terorganisir hanya dengan sekali klik.

fitur-baru-windows-11-multitasking-snap-layouts-groups-desktops

Ketika kita ingin mengatur desktop untuk kebutuhan bekerja, produktivitas, belajar, atau bermain game, semuanya bisa diubah dan disesuaikan secara otomatis dengan cepat berkat adanya fitur manajemen seperti Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops.

Jadi jendela aplikasi (window) yang terbuka akan terlihat lebih rapi dan tidak berantakan.

Hadirnya Aplikasi Chatting Bernama Microsoft Teams

fitur-baru-windows-11-aplikasi-chatting-microsoft-teams

Tujuan dihadirkannya aplikasi chatting ini untuk memudahkan pengguna terhubung dengan teman, keluarga, atau rekan kerja. Melalui aplikasi Microsoft Teams, pengguna bisa berkirim pesan teks, chat, suara (voice), dan juga video.

Ada juga opsi mute dan unmute pada notifikasi ketika pengguna ingin fokus bekerja.

Aplikasi Microsoft Teams sudah terintegrasi di taskbar dan dapat terhubung ke platform berbeda seperti Android dan juga iOS.

Loading Game Jauh Lebih Cepat dengan Kualitas Gambar Auto HDR

xbox-game-windows-11

Microsoft juga sangat memperhatikan kebutuhan gaming di Windows 11. Sekarang sudah ada fitur auto HDR yang membuat tampilan grafis suatu game akan terlihat lebih tajam dan dramatis berkat adanya fitur Auto HDR (High Dynamic Range).

auto hdr game windows 11

Game yang support dengan fitur HDR ini akan mengalami peningkatan kualitas gambar dengan range warna dan brightness yang lebih luas daripada kualitas standar yang biasanya.

Loading game juga akan mengalami peningkatan kecepatan yang sangat signifikan apabila pengguna menggunakan PCIe 3.0+, NVMe SSD, DirectX 12, dan GPU dengan Shader Model 6.0+. Berkat adanya teknologi DirectStorage, kartu grafis vga akan lebih cepat merender game tanpa menghambat CPU.

Teknologi ini sebelumnya sudah digunakan lebih dulu pada produk Xbox Series X dan Xbox Series S.

main-game-xbox-di-windows-11
Xbox Game Pass

Microsoft juga menghadirkan aplikasi Xbox Game Pass Ultimate versi PC di Windows 11. Dengan begitu pengguna akan bisa mengakses beragam game PC dan juga dari Xbox Studios untuk memainkannya di Windows 11.

Di sini pengguna juga akan bisa memainkan game-game Xbox di Windows 11 melalui aplikasi Xbox Cloud Gaming yang bisa diakses melalui web browser.

Tetap Update dengan Informasi Cuaca dan Berita Terkini

news-widget-laporan-cuaca-berita-windows-11
News Widget

Microsoft menghadirkan fitur news widget yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi dan berita terkini sesuai dengan lokasi pengguna.

Ada juga update laporan cuaca yang bisa menampilkan informasi cuaca terkini seperti suhu udara lengkap dengan icon yang bisa menyesuaikan dengan kondisi saat itu.

Fitur ini terintegrasi dengan web browser Microsoft Edge dan juga sudah menggunakan teknologi AI (kecerdasan buatan).

Pengguna juga bisa menambahkan widget lain dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Microsoft Store Versi Baru

fitur-baru-microsoft-store-windows-11
Microsoft Store

Microsoft Store di Windows 11 juga mengalami pembaruan. Tampilannya sekarang terlihat lebih cantik dan modern. Fungsi dan fiturnya dibuat lebih simple agar mudah digunakan.

Walau demikian, aplikasi yang akan hadir di Microsoft Store akan semakin banyak pilihannya. Pengguna bisa menginstall beragam aplikasi, game, dan juga menonton film dari Microsoft Store.

Microsoft juga akan menghadirkan aplikasi third-party di Windows 11 seperti Microsoft Teams, Visual Studio, Disney+, Adobe Creative Cloud, Zoom dan Canva.

Advertisement

Setiap aplikasi yang tersedia di sini sudah melalui tahap pengecekan keamaan (security).

Bisa Menjalankan Aplikasi Android Secara Langsung

aplikasi-android-windows11

Ini dia salah satu fitur baru yang sangat menarik di Windows 11. Aplikasi Android kini hadir di Windows 11 melalui Microsoft Store yang sudah bekerja sama dengan Amazon AppStore.

Akhirnya, pengguna Windows 11 sekarang sudah bisa menjalankan aplikasi dan game Android secara langsung tanpa perlu emulator lagi!

Microsoft juga mendemonstrasikan bagaimana mulusnya aplikasi Tiktok ketika dijalankan di Windows 11.

tiktok windows 11
aplikasi android windows 11

Aplikasi Android bisa berjalan secara mulus dan lancar di Windows 11 berkat adanya teknologi yang mereka namakan sebagai Intel Bridge Technology.

Walaupun berasal dari Android, tetapi sudah teritegrasi dengan Windows 11 dengan baik. Pengguna bisa menyimpan icon aplikasi di bagian Start Menu ataupun Taskbar.

Jendela aplikasi juga bisa disesuaikan dengan aplikasi berbasis Windows yang lainnya.

Windows 11 Akan Tersedia Untuk Berbagai Macam Device dan Laptop

laptop yang support windows 11

Microsoft telah bekerja sama dengan banyak developer dan brand-brand teknologi ternama seperti Dell, HP, Lenovo, Samsung, Surface, dan masih banyak lagi.

Windows 11 nantinya akan bisa menyesuaikan dengan berbagai macam device dan laptop. Entah itu menggunakan layar sentuh (touch screen), pen, dan voice.

Kemudian dari sisi software dan hardware mereka juga terus melakukan berbagai inovasi dan integrasi. Mulai dari kartu grafis AMD dengan processor Ryzen, Intel generasi 11, Evo Processor, Qualcomm AI, 5G, dan juga ARM akan menjadikan sistem operasi Windows 11 memiliki ekosistem hardware terbesar di dunia.

Spesifikasi Minimum Untuk Install Windows 11

HardwareMinimum system requirements
Processor1 gigahertz (GHz)β€―atau lebih tinggi dengan minimal 2 core dengan arsitektur 64 bit
Memory4 GB RAM
Storage64 GB atau lebih (SSD recommended)
System firmwareUEFI, Secure Boot capable
TPMTrusted Platform Module (TPM) version 2.0
Graphics cardDirectX 12 compatible graphics / WDDM 2.x
Display>9” with HD Resolution (720p)
Internet connectionMicrosoft account dan koneksi internet dibutuhkan untuk menginstall Windows 11 Home

Berbeda dengan Windows 10, di versi Windows 11 ini lebih membutuhkan hardware yang lebih modern. Perangkat komputer wajib memiliki arsitektur CPU 64 bit dengan minimal RAM 4GB.

Jadi bisa dipastikan, yang masih menggunakan 32 bit tidak akan bisa menginstall Windows 11.

Microsoft juga sudah menyediakan aplikasi khusus bernama PC Health Check yang fungsinya untuk mengecek status dan informasi hardware komputer kita apakah sudah mendukung Windows 11 atau belum.

Namun dalam beberapa kasus, PC Health Check menampilkan informasi error “This PC can’t run Windows 11”, tetapi pengguna masih dapat menginstall Windows 11.

Upgrade Windows 11 Gratis

upgrade-windows-11-gratis

Kabar baiknya, Microsoft bakal menggratiskan upgrade ke Windows 11 bagi pengguna Windows 10.

Sama seperti sebelumnya, di mana pengguna Windows 7 dan 8 bisa melakukan upgrade ke Windows 10 secara gratis.

Fitur upgrade ini akan tersedia melalui Windows Update seperti biasanya. Pengguna akan mendapatkan notifikasi apabila sudah tiba waktunya.

Kemungkinan besar tidak akan serentak secara berbarengan, karena biasanya update ini akan diberikan secara bergiliran untuk semua pengguna.

Kapan Windows 11 Rilis?

Pihak Microsoft mengatakan Windows 11 akan benar-benar dirilis ke publik pada musim liburan tahun 2021 ini. Jika mengacu pada waktu di Amerika Serikat, mungkin akan dimulai pada musim gugur (fall).

Menurut mereka, update ini akan diberikan secara bergiliran. Artinya tidak semua pengguna akan mendapatkannya secara serentak. Jadi kemungkinan akan dimulai antara pertengahan atau bisa saja mulai akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022.

Namun yang pasti, Microsoft juga akan merilis versi Insider Preview Build untuk para developer yang ingin “menjajal” Windows 11 lebih dulu untuk melaporkan feedback dan bug.

Update 5 Oktober 2021: Windows 11 sudah resmi dirilis untuk pengguna global.

Penutup

CEO Microsoft mengatakan bahwa ini baru awal permulaan. Windows 11 adalah awal dari revolusi Windows.

Sebagai penerus dari Windows 10, tentunya Windows 11 akan membawa berbagai macam peningkatan, mulai dari UI, fitur, aplikasi, hingga dukungan Android.

Melalui kerja sama dengan banyak developer dan “raksasa” brand teknologi ternama, pastinya Microsoft akan terus berinovasi untuk menjadikan ekosistem Windows menjadi yang terbesar dalam industri sistem operasi komputer.

Dengan ini, OS Windows akan semakin kaya akan beragam fitur dan dukungan aplikasi yang melimpah. Menjadikannya OS komputer favorit dengan pengguna terbanyak di dunia.

Penasaran ingin segera mencoba dan mendownload Windows 11? πŸ™‚

Baca Juga:

cpu-processor-intel-amd-support-windows11

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept