Happy New Year 2023

ChatGPT, Bot AI Pintar yang Bisa Menjawab Segala Pertanyaan dengan Informatif Layaknya Manusia

ChatGPT adalah sistem chatbot pintar terbaru yang dirancang dengan teknologi kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) oleh perusahaan OpenAI.

Bot ini bisa menjawab berbagai macam pertanyaan yang diajukan oleh pengguna melalui fitur chatting dengan gaya penyampaian yang natural layaknya manusia.

ChatGPT sudah dirancang dengan algoritma sedemikian rupa agar mampu mempelajari apa yang diinginkan pengguna dengan memberikan jawaban serelevan mungkin melalui fitur chat.

ChatGPT bisa menjawab berbagai macam pertanyaan apapun yang kita ajukan. Menariknya, jawaban yang diberikan juga bukan informasi yang sembarangan dan cenderung informatif.

Bot pintar dan cerdas ini mampu memberikan informasi dengan topik apapun, misalnya seputar pengetahuan umum, sains, teknologi, sejarah, perhitungan matematika, pelajaran sekolah, bahkan juga bisa memberikan informasi tentang bahasa pemrograman komputer yang tergolong kompleks dan rumit.

Keunggulan ChatGPT AI

ChatGPT mampu memberikan jawaban yang informatif dan cukup relevan dengan pertanyaan yang kita ajukan. Selain bahasa Inggris, ChatGPT juga mampu mengenali kata dalam bahasa Indonesia.

Kemampuan yang ditawarkan oleh ChatGPT akan sangat berguna khususnya jika digunakan untuk tujuan edukasi.

Sekarang mari kita buktikan kecerdasan dari ChatGPT ini.

Bisa Memberikan Informasi Pengetahuan Umum

Kami mencoba mengajukan pertanyaan melalui fitur chat dengan pertanyaan berikut:

Jelaskan fakta menarik tentang Indonesia yang kamu ketahui?

Hasilnya? Inilah jawaban cerdas yang diberikan oleh ChatGPT:

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 17.000 pulau. Negara ini terletak di kawasan Asia Tenggara dan memiliki penduduk lebih dari 260 juta jiwa. Indonesia juga merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi, dengan lebih dari 300 suku bangsa yang tinggal di seluruh negara. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara ini, tetapi banyak orang juga berbicara bahasa daerah yang berbeda. Indonesia juga merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, termasuk minyak, gas, emas, dan perak.

Bisa Menulis Lagu, Artikel, Puisi dan Karangan Cerita

Sekarang kami coba menyuruh ChatGPT untuk menuliskan puisi tentang melestarikan alam.

Inilah hasilnya:

Di tengah hutan yang rindang
Terdengar suara burung bernyanyi
Indahnya alam yang terjaga
Menghibur jiwa yang lara

Bunga-bunga yang mekar
Menghiasi hamparan rumput
Daun-daun yang berguguran
Membentuk pola yang indah

Namun kini semua terancam
Karena manusia yang serakah
Tanah terbuka, hutan gundul
Sumber daya alam habis

Marilah kita bersama-sama
Melestarikan alam yang indah
Agar anak cucu kita nanti
Dapat menikmati keindahan ini.

Sungguh pintar, ChatGPT mampu membuatkan puisi hingga 4 bait tentang alam dengan rima, ritma dan irama yang indah.

Selain puisi, bot AI ini juga mampu membuat lirik lagu (lengkap dengan chord-nya).

Lebih jauh lagi, bahkan juga bisa digunakan untuk membuat artikel, makalah, hingga mengarang cerita.

Kemampuan ini tentunya akan sangat berguna terutama untuk para siswa sekolah untuk membantu mengerjakan tugas sekolah dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan cara Googling secara manual.

Bisa Membantu Programmer Untuk Coding

Biasanya ketika mengalami kendala dalam memahami bahasa pemrograman tertentu, umumnya para programmer atau developer akan mengajukan pertanyaan di forum komunitas, misalnya di StackOverflow.

Tetapi dengan hadirnya ChatGPT sekarang pengguna bisa bertanya secara mandiri mengenai fungsi-fungsi dalam berbagai bahasa pemrograman dan langsung mendapatkan jawabannya dengan cepat dan instan.

ChatGPT mendukung bahasa pemrograman seperti Php, JavaScript serta masih banyak lagi programming language lainnya.

Berdasarkan percobaan kami, misalnya untuk bahasa markup yang sederhana seperti HTML atau bahasa stylesheet seperti CSS juga sangat mudah bagi ChatGPT untuk memberikan jawaban yang relevan.

Kerennya lagi, ChatGPT juga mampu melakukan debugging code dan mengoreksinya jika ada kesalahan yang dikenali. Semakin menarik ketika cara penyampaiannya yang terkesan natural seakan kita sedang bertanya dengan manusia secara langsung, padahal hanyalah bot.

Teknologi Dibalik ChatGPT AI

ChatGPT dikembangkan dari basis model yang mereka sebut dengan GPT-3.5 series. Algoritma ini dirancang oleh para ahli dari OpenAI dengan sedemikian rupa hingga selesai pelatihannya pada awal tahun 2022.

OpenAI juga bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan teknologi kecerdasan buatan ini menggunakan platform supercomputing dari Azure AI.

Mereka melatihnya menggunakan model dan metode yang mereka sebut sebagai Reinforcement Learning from Human Feedback (RLHF) yaitu metode yang sama dengan InstructGPT tetapi ada sedikit perbedaan pada setup untuk pengumpulan datanya.

Yang Perlu Diketahui Mengenai ChatGPT

Perlu diketahui bahwa ChatGPT ini masih dalam tahap pengembangan dan research. Sehingga tidak ada jaminan informasi yang ditampilkannya akan selalu akurat atau tanpa misinformasi.

Jadi pengguna juga perlu memfilter informasi yang diberikan, terutama yang menyangkut dengan instruksi, ide atau saran yang diberikan oleh chatbot ini, guna menghindari konsumsi informasi yang mungkin bisa salah/tidak tepat.

Namun demikian, teknologi berbasis AI atau kecerdasan buatan ini pastinya akan terus dilatih oleh para ahli agar semakin pintar dan cerdas melalui pengembangan secara bertahap.

Sekilas memang cara kerja dari ChatGPT ini mirip dengan search engine Google tetapi dengan konsep yang berbeda. Informasi yang disajikan oleh ChatGPT langsung to do point, sehingga akan sangat memudahkan pengguna.

Dengan kemampuan cerdas dan inovasinya terebut, ChatGPT mungkin akan bisa menjadi pesaing berat Google di masa mendatang.

Jika kamu tertarik untuk mencoba ChatGPT, silahkan kunjungi dan buat akun di website resminya dengan mendaftarkan email dan nomor handphone yang aktif.

✅ Bacaan selanjutnya:

Cara menampilkan ChatGPT OpenAI ke halaman pencarian Google Search
Leave A Reply

Your email address will not be published.