Happy New Year 2023

Membuat Aplikasi Mobile dan Desktop Berbasis Flutter Mudah Tanpa Coding dengan Nowa

Flutter adalah framework yang dikembangkan secara open source oleh Google dan sangat populer digunakan untuk membangun aplikasi multi platform, seperti aplikasi mobile, web, desktop, hingga embedded apps.

Sehingga dengan membangun aplikasi menggunakan Flutter, akan memudahkan para programmer dan developer karena hanya perlu fokus dengan satu basis kode saja, tetapi bisa tetap kompatibel dengan banyak platform seperti Android, iOS, Windows, Web Apps, MacOS, hingga Linux.

Nah, yang terbaru ada online tool builder gratis yang bisa membantu para developer untuk membuat aplikasi berbasis Flutter tanpa perlu coding.

Nowa

Namanya adalah Nowa.

Nowa menawarkan tampilan interface ala tool desain grafis UI/UX seperti Figma atau Penpot, tetapi Nowa dirancang khusus untuk mendesain aplikasi native dan multi platform yang langsung terhubung dengan framework Flutter.

Bayangkan, untuk membuat aplikasi mobile seperti berita online misalnya (news app), kita tidak perlu menulis source code, namun hanya tinggal mendesain langsung dengan tool Nowa secara visual.

Konversi website/blog menjadi aplikasi mobile

Sehingga yang umumnya untuk membuat aplikasi sangat identik dengan kegiatan menulis kode bahasa pemrograman yang sangat membosankan, kini menjadi jauh lebih mudah karena menggunakan tampilan desain visual.

Desain aplikasi tanpa koding jadi semudah drag & drop seperti menggunakan software desain grafis.

Berbagai layout tool sudah disediakan oleh Nowa dalam satu aplikasi.

Yang menarik, untuk menggunakan logika programming, Nowa sudah menyediakan drag & drop system dengan tampilan visual programming. Kita hanya tinggal menghubungkannya menggunakan Node.

Sedangkan untuk sisi backend, Nowa juga menyediakan fungsi API untuk mengintegrasikannya dengan aplikasi atau platform lain.

Jika masih kurang puas dengan fungsi basic yang disediakan Nowa, kita juga bisa mengkombinasikannya dengan source code lengkap yang kita punya. Fitur Nowa Hybrid Approach dapat bekerja secara simultan dengan aplikasi IDE.

Saat ditulisnya artikel ini, Nowa baru saja drilis dan masih dalam tahap Beta. Untuk mendapatkan early access silahkan daftar melalui link berikut:

Leave A Reply

Your email address will not be published.