CapCut Versi PC, Video Editor yang Ringan dan Gratis dari TikTok

Apa kamu sedang mencari software editing video yang ringan dan gratis untuk laptop/komputer Windows? CapCut mungkin bisa menjadi pilihan alternatif gratis terbaik saat ini.

Bagi pengguna Windows, mungkin sudah banyak yang familiar dengan software video editing profesional seperti Adobe Premiere Pro ataupun DaVinci Resolve.

Kedua software tersebut memang sangat lengkap fiturnya, namun tidak semua orang akan menggunakan seluruh fitur yang ada.

Advertisement

Untuk kategori video tertentu, tidak jarang kita membutuhkan software yang lebih simple dan mudah digunakan untuk mempercepat proses produksi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Di sini lah CapCut bisa menjadi pilihan alternatif yang bisa kita gunakan. Walau simple, tetapi fitur-fitur penting yang paling sering digunakan untuk kebutuhan editing video sudah hadir di software ini.

Terlebih lagi, CapCut lebih ramah dengan spesifikasi hardware yang rendah.

Menurut kami, saat ini CapCut akan menjadi pesaing berat dari Filmora yang berbayar.

Apa Itu CapCut?

CapCut merupakan aplikasi video editor gratis yang cukup populer digunakan pada perangkat mobile, khususnya Android dan iOS.

Selain tersedia untuk perangkat mobile, CapCut juga tersedia dalam versi online berbasis website (cloud).

Menariknya lagi, CapCut juga tersedia untuk platform PC, terutama OS Windows.

CapCut dikembangkan oleh Bytedance yang merupakan induk perusahaan dari TikTok.

Melihat popularitas TikTok yang begitu besar saat ini sebagai salah satu raksasa sosial media, kami rasa CapCut akan sangat potensial untuk mengembangkan fitur-fiturnya di masa mendatang.

Menurut kami, melalui CapCut inilah pastinya TikTok ingin menggaet para content creator baru maupun yang sudah lama untuk lebih aktif lagi dalam memproduksi konten video yang menarik dan berkualitas di platform TikTok itu sendiri.

Walau dikembangkan oleh TikTok, namun kita bisa export ke format mp4 untuk upload di sosial media lain, seperti YouTube, Instagram, atau disimpan ke device (umum).

Untuk itu, CapCut cukup menarik untuk dibahas.

Fitur-fitur Unggulan CapCut Versi PC

Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh CapCut versi PC:

Ringan dan Mudah Digunakan

Tampilan antarmuka dari aplikasi CapCut terbilang simple dan mudah dipahami. Sehingga bagi pemula sekalipun akan bisa dengan cepat mempelajari dan mengoperasikan software ini.

CapCut Keyboard Shortcut

Untuk mempercepat proses editing video, CapCut juga menyediakan keyboard shortcut sebagai tombol pintasan untuk mengakses fitur-fitur tertentu.

Tampilan editor juga sudah menggunakan style timeline multi-track. Kita bisa mengedit secara presisi dengan mudah.

Tersedia Beragam Filter, Musik, Transisi dan Sound Effect Secara Gratis

Advertisement

CapCut juga menyediakan cukup banyak beragam efek transisi, filter untuk color grading, audio, efek suara, sticker, dan masih banyak lagi.

Setiap efek transisi juga akan ditampilkan bersama dengan thumbnail dan previewnya. Kita bisa mengaplikasikannya ke video kita dengan sekali klik.

CapCut juga mengizinkan pengguna menggunakannya untuk tujuan komersil dan bebas copyright.

Support Resolusi 4K 60 fps

CapCut juga mendukung video dengan resolusi 4K yang dapat dieksport hingga ke 60 fps.

Tersedia beragam resolusi, mulai dari 480p, 720p, 1080p (FHD), 2K, hingga 4K dengan pilihan format H.264 dan juga HVEC.

Tersedia Auto Caption

Kita juga bisa menampilkan teks yang diambil dari suara yang ada di dalam video, berkat adanya fitur intelligent language recognition.

Auto Caption bisa menampilkannya secara otomatis dan sudah mendukung hingga 93 bahasa.

Fitur ini akan sangat berguna untuk menghemat waktu para editor dan cocok digunakan untuk video yang membahas tentang suatu hal, diskusi, wawancara dan sejenisnya.

Support Keyframe, Animation dan Green Screen

CapCut juga mendukung fitur keyframe yang bisa digunakan untuk membuat custom animation ataupun menggerakkan objek tertentu di dalam video.

Selain itu CapCut juga bisa menampilkan video green screen dengan menghilangkan background warna tertentu untuk membuatnya menjadi transparan melalui tool Chroma Key.

Gratis dan Tanpa Watermark

Umumnya software video editor gratisan sering kali menyisipkan watermark pada hasil export. Namun di CapCut kita bisa menghilangkan watermark tersebut dengan mudah.

Yaitu cukup dengan melakukan login ke akun TikTok kita, maka opsi untuk menghilangkan watermark pun akan tersedia.

📌 Download CapCut for PC (Windows)

CapCut for Windows bisa langsung didownload melalui website resminya di CapCut.com.

Kami sarankan untuk mendownloadnya melalui Microsoft Store di bawah ini jika CapCut tidak bisa terbuka di komputer kamu.

🔗 Download CapCut dari Microsoft Store

Untuk saat ini CapCut for PC baru hanya tersedia untuk platform Windows saja, sedangkan untuk CapCut for Mac masih belum tersedia untuk platform Apple. Kita tunggu saja bagaimana update selanjutnya.

Bacaan selanjutnya:

Mau tahu trik rahasia editing dan manipulasi foto dengan Photoshop seperti ini? Silahkan baca artikelnya dengan mengklik banner di bawah ini:

belajar-editing-foto-manipulasi-foto-photoshop

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept