Free Download Manager, Software Alternatif IDM Terbaik Untuk Mengoptimalkan Kecepatan Download File

Apa fungsi Download Manager? Software download manager berfungsi untuk mengoptimalkan dan juga menstabilkan proses download file di internet.

Memang pada dasarnya, kecepatan download adalah tergantung dari paket internet yang kita gunakan.

Namun terkadang, ketika kita mendownload file dari internet melalui web browser, ada kemungkinan kecepatan download kita akan turun dan berubah-ubah.

Advertisement

Bahkan terkadang akan sulit mencapai kecepatan maksimal dari bandwidth internet yang kita punya apabila terlalu banyak user yang terkoneksi dalam satu jaringan komputer yang sama.

Misalnya dalam jaringan wifi, kecepatan internet kita adalah 10 Mbps, namun ternyata ketika digunakan untuk mendownload file rata-rata hanya stabil di angka 8 Mbps.

Padahal, masalahnya bukan berasal dari internet provider ataupun operator.

Terus dari mana masalahnya?

Ternyata salah satu penyebabnya adalah karena adanya orang lain yang juga sedang menggunakan internet di jaringan wifi yang sama. (Misalnya anggota keluarga yang lagi browsing atau nonton YouTube dari smartphone).

Maka secara otomatis, modem di komputer akan membagi rata bandwidth dan kecepatan ini. Akibatnya, kecepatan download kita akan bisa jadi turun dan tidak maksimal.

Nah, software download manager terkadang cukup bisa mengatasi hal ini. Karena kecepatan internet akan bisa diprioritaskan ketika kita mendownload file melalui software download manager.

Jadi, seakan-akan bandwidth internet akan disedot paksa dan diprioritaskan lebih banyak untuk kita.

Lebih jauh dari itu, software download manager juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Free Download Manager (FDM)

download manager alternatif idm gratis terbaik
Free Download Manager (FDM)

Selama ini, IDM atau Internet Download Manager dikenal sebagai software download manager terbaik dan paling populer digunakan untuk mendownload file di internet.

Namun, sayangnya IDM ini adalah software berbayar.

Tidak semua orang mau menggunakan software berbayar. Alih-alih menggunakan software bajakan, lebih baik kita gunakan alternatif yang gratis namun dengan fitur dan fungsi yang sangat mirip.

Nah, FDM (Free Download Manager) bisa menjadi salah satu solusinya.

FDM adalah software download manager gratis terbaik yang paling populer saat ini sebagai alternatif dari IDM.

Bahkan, menurut kami FDM mempunyai fitur yang lebih lengkap daripada IDM itu sendiri.

Bagusnya lagi, lisensinya bersifat free dan open source (under GPL license). Jadi siapa saja bisa ikut mengembangkan software ini bersama-sama.

Apa saja fitur-fitur dari FDM?

BitTorrent support

FDM bisa mendownload file torrent melalui protokol dari BitTorrent.

Enhanced audio/video files support

Bisa preview file audio dan video sebelum mendownloadnya. Selain itu bisa juga convert format filenya. Misalnya dari video, bisa di-convert ke format mp3.

Download Video dari YouTube

FDM juga support YouTube dan beberapa website streaming video lainnya. Tinggal copy dan paste saja link dari website yang ingin kita download videonya ke dalam aplikasi FDM.

Download acceleration

Advertisement

FDM membagi file dalam beberapa sesi terpisah untuk mendownload file secara simultan. Mekanisme ini juga digunakan oleh IDM untuk memaksimalkan kecepatan download dengan berbagai jenis koneksi internet dan modem yang digunakan.

Browser Integration

FDM Browser Integration

FDM juga bisa teringrasi dengan web browser populer, seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Vivaldi, Opera, Brave, dan juga beberapa web browser berbasis Chromium lainnya.

Resuming broken downloads

Adakalanya proses download terputus saat sedang berlangsung. Kita tidak perlu memulainya dari awal lagi, karena FDM bisa melanjutkan kembali proses download tersebut. Tentunya ini bisa lebih menghemat waktu.

Smart file management and powerful scheduler

File yang yang didownload juga lebih mudah dan terorganisir. Kita bisa mengatur letak foldernya. Ada juga fitur smart scheduler yang memungkinkan untuk memilih file mana saja yang lebih dulu untuk didownload (start/pause).

Adjusting traffic usage

fdm-traffic-bandwidth-limit
FDM Traffic Limits

Kita bisa mengatur besar kecilnya bandwidth internet yang ingin digunakan untuk browsing dan download file secara bersamaan.

Multi language support

FDM mendukung lebih dari 30 bahasa. Termasuk di dalamnya adalah Bahasa Indonesia.

Active spyware and adware protection through active communication among users

FDM bisa melakukan scanning file untuk mencegah virus dan malware. Fitur ini bisa diintegrasikan dengan antivirus bawaan Windows (Windows Defender) ataupun software antivirus yang lainnya.

Portable mode

FDM bisa dibuat menjadi portable. Artinya kita bisa menggunakannya di komputer lain tanpa perlu menginstallnya. Jadi kita bisa menyimpan FDM di dalam flash disk untuk digunakan di komputer berbeda dengan lebih ringkas.

Cross-platform support

FDM bisa dijalankan di platform Windows, Linux, Android, dan juga Mac OS. Tersedia versi 32-bit dan 64-bit.

Modern interface

Ini yang kami juga suka. Impresi pertama bagi seseorang untuk menyukai sesuatu biasanya adalah dengan lebih dulu melihat tampilannya. Nah, FDM punya tampilan yang terbilang modern dan enak dilihat.

Kita bisa mengganti tampilannya ke theme yang berbeda. Tersedia tampilan Light (terang) dan juga Dark mode (gelap).

free-download-manager-fdm-dark-mode-theme
FDM Dark Mode Theme

Penutup

Software download manager cukup efektif untuk mengoptimalkan kecepatan download file di internet.

Jadi yang perlu ditekankan di sini adalah soal optimalisasi. Bukan berarti untuk meningkatkan kecepatan download sepenuhnya.

Karena pada dasarnya, kecepatan download tentu sangat tergantung dari paket internet yang kita gunakan.

Namun dalam kondisi tertentu akan cukup berguna bila ada beberapa user yang terkoneksi dalam satu jaringan yang sama, tetapi kita ingin mendapatkan bandwidth lebih.

Selain itu, beberapa fitur tambahan yang umumnya tidak bisa kita temukan di web browser, akan bisa kita dapatkan dari software download manager tersebut.

Download FDM

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept