๐Ÿ†• Digital Art Release: Stand With Palestine ๐Ÿ’” ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ ย – Lihat di sini

Cara Downgrade dari Windows 10 ke Windows 7/8 Tanpa Kehilangan Data

Teksnologi

Jika kamu sudah upgrade ke Windows 10 entah itu dari Windows 7 atau 8, maka secara default Windows tidak akan menghapus seluruh file dan data lama kamu yang ada di sistem operasi sebelumnya. Hal tersebut bertujuan untuk mem-backup seluruh data. Karena jika sewaktu-waktu ingin downgrade (kembali ke OS lama), maka seluruh data di OS yang lama akan dapat dikembalikan secara utuh.

Jika Upgrade ke Windows 10, Seluruh File & Data Lama Akan Tersimpan di Folder Windows.old

windows-old-folder-windows10

Jika kamu perhatikan, setelah kamu upgrade ke Windows 10, maka akan terdapat sebuah folder bernama Windows.old dalam drive C:\. Dalam folder inilah semua file data dari OS lama tersimpan.

Perlu diketahui: Jika kamu menghapus folder ini, maka seluruh backup, baik itu file maupun data di sistem operasi lama (Windows 7/8) akan hilang, maka kamu tidak akan bisa menikmati fitur downgrade dari Windows 10 secara instan. Akan tetapi jika kamu tidak menghapus folder ini maka tentu saja, hard disk kamu akan semakin sempit, karena folder ini ukurannya bisa mencapai bergiga-giga. Untuk itu, pastikan hal-hal tersebut sudah kamu perhitungkan sebelumnya.

Cara Downgrade dari Windows 10 ke Windows 7 atau Windows 8 Tanpa Kehilangan Data

Harap diperhatikan bahwa Microsoft hanya mengizinkan fitur downgrade ini dalam masa periode 1 bulan saja. Dari beberapa informasi dari staff Microsoft bahkan periode ini hanya berlaku selama 28 hari. Artinya ketika kamu sudah menggunakan Windows 10 lebih dari periode tersebut, maka kamu tidak akan bisa melakukan downgrade melalui fitur instan tersebut.

Setelah mengetahui fungsi folder Windows.old yang berlokasi di C:\Windows.old kini kamu bisa melanjutkan ke tahap downgrade. Langkah-langkahnya cukup mudah:

  1. Buka menu Settings melalui Start Menu. Atau melalui shortcut dengan menekan secara bersamaan (Tombol Windows + I). update-security-settings-menu-windows10
  2. Kemudian pilih Update & Security seperti gambar diatas.
  3. Selanjutnya masuk ke menu Recovery. Nanti akan terlihat opsi bertuliskan Go back to Windows 7/8recovery-downgrade-from-windows10-to-windows7-8
  4. Klik tombol Get started untuk memulai proses downgrade secara otomatis.
  5. Selanjutnya ikuti petunjuk downgrade yang diberikan sampai proses selesai.

Penutup

Windows 10 memang menawarkan berbagai fitur baru yang cukup banyak disukai para pengguna. Berbagai perubahan diciptakan untuk semakin memudahkan pengguna dalam menggunakan sistem operasi buatan Microsoft itu. Terbukti, dalam hari pertama rilisnya saja sudah diinstall lebih dari 14 juta komputer di seluruh dunia. Namun adakalanya bisa saja bagi sebagian orang mengalami hal-hal diluar perkiraan. Jika ada error atau ketidaksesuaian, maka mau tak mau pengguna harus downgrade jika memang ada masalah.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan fitur downgrade tersebut, terlebih seluruh data yang sudah di backup dapat dengan mudah untuk dikembalikan secara utuh (restore). Semoga bermanfaat.

Update Oktober 2020 – Solusi Terbaru

Alhamdulillah, tak terasa, ini adalah artikel yang kami tulis pada tahun 2015 yang lalu. Artinya, sudah 5 tahun berlalu hingga sampai di tahun 2020 ini.

Nah, apa yang baru di tahun 2020?

Kami sarankan untuk tetap menggunakan Windows 10.

Kenapa begitu?

Karena Windows 10 adalah sistem operasi terkini yang terus diperbarui oleh Microsoft.

Patch dan update di Windows 10 berguna untuk menutup celah kemanan dari ancaman virus dan malware dari OS sebelumnya.

Atas dasar inilah, sebaiknya kita urungkan niat untuk downgrade.

Tetapi komputer saya ngelag kalau pakai Windows 10? Ini solusinya . . .

Kami punya beberapa opsi untuk solusinya.

Solusi 1: Ganti Hard Disk ke SSD

Solusi pertama adalah dengan mengupgrade hard disk menjadi ke SSD (Solid State Drive).

Karena SSD adalah teknologi terbaru pengganti hard disk, maka kecepatan bacanya juga akan meningkat jauh berkali-kali lipat daripada hard disk konvensional. Dengan SSD, proses booting dan membaca data di Windows 10 akan berjalan lebih cepat.

Solusi 2: Install OS Linux Untuk Berdampingan dengan Windows 10

distro linux terbaik

Solusi kedua, jika masih tidak memungkinkan untuk upgrade ke SSD, sebaiknya gunakan OS Linux saja.

Anda bisa menginstall Linux secara berdampingan dengan Windows 10 (dual boot).

Sistem Linux saat ini sudah lebih modern dan mudah digunakan. Bahkan sangat ringan dijalankan pada spesifikasi hardware yang rendah.

Linux memang jauh lebih responsif dari Windows 10.

Jadi dari pada Anda downgrade ke Windows 7, sebaiknya Anda install saja OS Linux untuk berdampingan dengan Windows 10.

Selain itu juga sudah cukup banyak dukungan aplikasi untuk Linux. Walau memang tidak semelimpah Windows. Namun untuk aplikasi office, software desain grafis, pemutar video dan musik, serta berbagai aplikasi multimedia dan produktivitas lainnya itu sudah tersedia cukup beragam di OS Linux.

Atau mau yang lebih simple lagi? Anda bisa mencoba OS Android versi PC. Yaitu dengan menggunakan Phoenix OS.

Selain Phoenix OS, masih banyak lagi OS Android versi PC yang ringan dijalankan untuk komputer atau laptop jadul.

Nah, itulah beberapa solusi terkini yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda agar mengurungkan niat untuk downgrade dari Windows 10 ke Windows 7 di tahun 2020 ini.

Tetaplah stay di Windows 10 ya . . .

Update Juni 2021: Rilis Windows 11

Microsoft telah secara resmi mengumumkan tentang rilisnya Windows 11. Ada beragam fitur baru yang sangat menarik. Salah satunya kehadiran aplikasi Android di Windows 11. Selengkapnya:

Kabar baiknya bagi Anda pengguna Windows 10, bisa upgrade ke Windows 11 secara gratis!

Selengkapnya mengenai fitur terbaru Windows 11 silahkan baca artikelnya di sini:

Follow:
Follow us on Instagram: @Teksnologi
37 Comments
  • Windows old. Sya msh ada dan pemakaian belum 1 bulan tetap kenapa pas klik go back to windows 7 ada tulisan “the files we need to take you back to a previous version of windows were removed from this PC”

  • punya saya gak ada tulisan ” GO BACK TO WINDOWS 7 ” terus gimana ?
    folder windows.old masih ada,

  • gan klw pc nya dari pertama udh window 10 trus mau downgrade ke windows 7 bisa ga ? tanpa ada windows.old, tapi datanya ga hilang

  • Gan kalo di windows 10. saat connect projector tida bisa mode duplicate display kenapa ya???
    bisa nya extend sajaaa…

  • gan mohon bantuannya dong. laptop saya windows 10, tapi belom aktif, disuruh minta product keynya terus. sedangkan saya ga tau product key nya berapa. bagaimana cara ngatasinnya gan??

    • Product key itu didapat sebagai bagian dari pembelian license dari Windows original. Banyak product key Windows yang tersebar di internet, tapi jika menggunakan key tersebut tanpa membelinya, sama saja menggunakan produk versi “bajakan”.

  • min mau nanya klo misal windows 7 up ke 8 file di disk c kebawah/komputer bakalan ilang gak ya ? saya mau up ke 8 tapi takut klo data datanya harus ilang :v

    • Data di C/system tidak akan hilang jika memilih opsi upgrade. Kenapa harus ke Win 8?
      Sebaiknya upgrade langsung ke Win 10 ke versi yang paling baru. Karena sdh banyak fitur baru dan perbaikan bug.

  • Gan, laptopku win10 bawaan. Install ke win7 oke. Pas bootingnya malah mentok. Udah ganti jenis aktivasi win7 manapun. Malah hasilnya nihil. Ada solusikah

  • Min mau tanya ko di recovery saya ga ada opsi untuk go back to windows 7/8 kenapa ya…laptop saya jd berat kalo pake windows 10.. Kemaren ke upgrade sendiri…

    • Min mau tanya ko di recovery saya ga ada opsi untuk go back to windows 7/8 kenapa ya…laptop saya jd berat kalo pake windows 10.. Kemaren ke upgrade sendiri…trimakasih

    • Sudah saatnya beralih ke SSD. Ganti hard disk menjadi ke SSD. Kecepatan atau performa Windows akan sangat jauh meningkat drastis dibandingkan menggunakan HDD.

  • ane korban mal praktek toko
    komputer &servis kamvret’s abalabal di pasar sayur seberang rumah ..
    Mohon saran dan solusi nya om Master, .
    Asus X200M msh SEGEL Asus. garansi.(kemaren sblum bawa ke sicamvret.
    ane tangan ke 2 pemilik PUTIH.mulus, & baru ane instl ulang up to wnds 10. . but… kok
    ntbook ane lemot lelet mirip si gery pliaraan Spongebob. , , word exel jg masuk angin, padahal freespace banyak ,hdsk good, semua baru bw an wnds 10 ny yg baru ane instal, blm ada ane tambah2in. ane mau coba fix sendiri dulu om,maklum lah om pengangguran kan lumayan uang ny buat beli rokok dr pd kasih ke koko-koko computer yg jual jasa youtube , kmvret tukang hilangin garansi pabrik๐Ÿ˜‚ jadiin unit kita bahan praktek sikamvret.
    mohon solusi & pertolongan nya om master,ap yg hrus ane lakuin buat X200M ane biar normal ๐ŸŽถ๐ŸŽต”Seperti yang duuuuluuuu ouoo……oo” tanpa mesti downgrade wndws , ane sudah jtuh cinta sm si wndws 10 ๐Ÿ™kasian om ane pengangguran,Hantu penunggu halte wifi corner telkm-sl pengkolan ๐Ÿ˜Ž haha
    trimksh

    • Untuk saat ini solusinya adalah dengan mengganti hard disk menjadi ke SSD. Dengan menggunakan SSD, booting Windows dan membuka berbagai program di Windows 10 akan sangat-sangat terasa jauh lebih cepat berkali-kali lipat daripada HDD. Jadi di era saat ini, sudah saatnya beralih ke SSD.

  • Lepi saya baru upgrade ke w10 tetapi saya downgradenya tidak bisa di klik gimana gan,, padahal baru dua hari instal,, tetapi di notifnya kstanya sudah lebih sepuluh hari gimana itu gan,,, apa instal ulang adalah satu solusinya gan

  • Dual boot tidak akan menambah lemot laptop, karena sistem dijalankan secara terpisah walaupun ada dalam satu komputer yang sama.

    • Untuk data file akan tetap aman selama mengikuti prosedur. Tapi untuk berjaga-jaga sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu. Yang hilang hanya settingan yang pernah dibuat di Windows 10 saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *