Cara Downgrade dari Windows 10 ke Windows 7/8 Tanpa Kehilangan Data

Jika kamu sudah upgrade ke Windows 10 entah itu dari Windows 7 atau 8, maka secara default Windows tidak akan menghapus seluruh file dan data lama kamu yang ada di sistem operasi sebelumnya. Hal tersebut bertujuan untuk mem-backup seluruh data. Karena jika sewaktu-waktu ingin downgrade (kembali ke OS lama), maka seluruh data di OS yang lama akan dapat dikembalikan secara utuh.

Jika Upgrade ke Windows 10, Seluruh File & Data Lama Akan Tersimpan di Folder Windows.old

Jika kamu perhatikan, setelah kamu upgrade ke Windows 10, maka akan terdapat sebuah folder bernama Windows.old dalam drive C:\. Dalam folder inilah semua file data dari OS lama tersimpan.windows-old-folder-windows10

Perlu diketahui: Jika kamu menghapus folder ini, maka seluruh backup, baik itu file maupun data di sistem operasi lama (Windows 7/8) akan hilang, maka kamu tidak akan bisa menikmati fitur downgrade dari Windows 10 secara instan. Akan tetapi jika kamu tidak menghapus folder ini maka tentu saja, hard disk kamu akan semakin sempit, karena folder ini ukurannya bisa mencapai bergiga-giga. Untuk itu, pastikan hal-hal tersebut sudah kamu perhitungkan sebelumnya.

Cara Downgrade dari Windows 10 ke Windows 7 atau Windows 8 Tanpa Kehilangan Data

Harap diperhatikan bahwa Microsoft hanya mengizinkan fitur downgrade ini dalam masa periode 1 bulan saja. Dari beberapa informasi dari staff Microsoft bahkan periode ini hanya berlaku selama 28 hari. Artinya ketika kamu sudah menggunakan Windows 10 lebih dari periode tersebut, maka kamu tidak akan bisa melakukan downgrade melalui fitur instan tersebut.

Setelah mengetahui fungsi folder Windows.old yang berlokasi di C:\Windows.old kini kamu bisa melanjutkan ke tahap downgrade. Langkah-langkahnya cukup mudah:

  1. Buka menu Settings melalui Start Menu. Atau melalui shortcut dengan menekan secara bersamaan (Tombol Windows + I). update-security-settings-menu-windows10
  2. Kemudian pilih Update & Security seperti gambar diatas.
  3. Selanjutnya masuk ke menu Recovery. Nanti akan terlihat opsi bertuliskan Go back to Windows 7/8recovery-downgrade-from-windows10-to-windows7-8
  4. Klik tombol Get started untuk memulai proses downgrade secara otomatis.
  5. Selanjutnya ikuti petunjuk downgrade yang diberikan sampai proses selesai.

Penutup

Windows 10 memang menawarkan berbagai fitur baru yang cukup banyak disukai para pengguna. Berbagai perubahan diciptakan untuk semakin memudahkan pengguna dalam menggunakan sistem operasi buatan Microsoft itu. Terbukti, dalam hari pertama rilisnya saja sudah diinstall lebih dari 14 juta komputer di seluruh dunia. Namun adakalanya bisa saja bagi sebagian orang mengalami hal-hal diluar perkiraan. Jika ada error atau ketidaksesuaian, maka mau tak mau pengguna harus downgrade jika memang ada masalah.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan fitur downgrade tersebut, terlebih seluruh data yang sudah di backup dapat dengan mudah untuk dikembalikan secara utuh (restore). Semoga bermanfaat.

Advertisements

Comments