5 Kesalahan Penggunaan Proyektor Mini

Proyektor mini adalah salah satu produk elektronik yang cukup unik namun sangat bermanfaat. Terutama untuk menikmati konten multimedia ataupun presentasi. Kita bisa memproyeksikan televisi, perangkat komputer/laptop, tablet, smartphone, dan lain-lain.

Selama ini kita mengenal proyektor sebagai alat elektronik dengan ukuran yang besar, berat, dan sangat ribet untuk dioperasikan. Tapi segalanya menjadi semakin mudah dengan hadirnya proyektor mungil ini.

Proyektor mini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan bobot yang ringan. Produk ini memang diunggulkan menjadi produk proyektor yang sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Dengan ukuran yang kecil dan bobot yang ringan, proyektor sangat mudah untuk disimpan di tas kemudian dibawa dari satu tempat ke tempat yang lain.

Tak hanya mudah dibawa kemana-mana, proyektor mini juga didesain sangat mudah untuk dioperasikan. Siapa saja akan mudah belajar untuk mengoperasikan proyektor ini. Jadi, selain mudah dibawa bepergian, Anda juga bisa menggunakan proyektor tanpa kesulitan. Oleh karena itu proyektor ini sangat pas digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Kesalahan Pemakaian Proyektor

Bagi Anda yang ingin menggunakan proyektor mini, maka Anda harus membeli produk ini terlebih dahulu. Sebelum membeli proyektor, Anda harus tahu spesifikasi produk dan harga produk yang akan dibeli. Setelah menggunakan proyektor mini, maka Anda harus tahu bagaimana perawatan yang seharusnya dilakukan agar proyektor bisa tetap awet digunakan.

Selain tahu perawatan yang tepat, Anda juga harus tahu apa saja yang harus dihindari agar proyektor tetap awet digunakan. Inilah dia 5 kesalahan penggunaan proyektor mini yang biasa terjadi :

1. Kesalahan Menyimpan

penyimpanan-proyektor-mini

Kerusakan proyektor bisa disebabkan oleh kesalahan penyimpanan. Ketika tidak dipakai, proyektor kemudian disimpan di tempat yang salah. Misalnya Anda menyimpan di tempat yang terpapar sinar matahari. Menyimpan proyektor tanpa menggunakan wadah yang aman juga merupakan sebuah kesalahan.

2. Terlalu Lama Dipakai

waktu-penggunaan-proyektor-mini

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah Anda menggunakan proyektor terlalu lama dan terlalu sering. Terlalu lama dipakai membuat proyektor menjadi cepat panas. Suhu yang meningkat drastis ini bisa menyebabkan kualitas performa proyektor menjadi cepat menurun. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membatasi waktu penggunaan proyektor.

3. Disimpan Saat Masih Panas

proyektor-mini-terlalu-panas

Setelah digunakan, proyektor akan terasa panas karena memang suhu proyektor meningkat saat sedang dipakai. Seringkali kita langsung memasukkan proyektor ke dalam wadah begitu proyektor sedang dipakai padahal suhunya masih sangat tinggi. Kebiasaan ini sangat tidak baik karena bisa membuat proyektor cepat rusak.

4. Tidak Dibersihkan

bersihkan-proyektor-mini-dari-debu-kotoran

Proyektor tidak pernah dibersihkan. Anda hanya terus menggunakan proyektor tanpa pernah memperhatikan apakah proyektor dalam kondisi yang bersih atau kotor. Sebaiknya, Anda membersihkan secara teratur karena kebersihan proyektor bisa mempengaruhi ketahanan performanya. Jangan tunggu sampai kotor karena kalau lensa sudah ditumbuhi jamur akan susah untuk diatasi.

5. Tidak Dioptimalkan

optimalkan-proyektor-mini

Anda tidak menggunakan proyektor secara optimal sesuai dengan fungsinya. Justru terlalu lama menyimpan proyektor tanpa digunakan malah akan membuat performa proyektor menjadi menurun. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan proyektor secara teratur dengan penggunaan yang wajar agar suhu proyektor juga tidak mudah meningkat drastis.

Nah. . .

Itulah tadi 5 kesalahan penggunaan proyektor yang sering terjadi dan harus Anda hindari. Bagi Anda yang ingin memilih proyektor mini, Anda bisa membelinya di Bukalapak. Bukalapak menawarkan banyak produk proyektor dengan berbagai spesifikasi dan kualitas yang baik. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan proyektor mini dengan penawaran harga terbaik di Bukalapak.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Yang Wajib Anda Ketahui Tentang Harbolnas

Advertisement

Comments