Aplikasi Favorit Untuk Menunjang Produktivitas di Tahun 2021

Kali ini saya ingin sharing mengenai software aplikasi favorit saya yang sering saya gunakan untuk menunjang produktivitas, khususnya dalam bidang digital ini.

Software-software ini hampir saya gunakan setiap harinya untuk membantu saya dalam berkarya. Entah itu menulis artikel, desain grafis, video editing, programming, dan lain-lain.

Langsung saja, ini dia beberapa software favorit saya yang paling sering saya gunakan untuk menunjang produktivitas:

Advertisement

Affinity Designer

software vector terbaik
Tampilan Affinity Designer

Software ini cukup bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan saya, terutama dalam bidang desain grafis dan juga menggambar digital.

Yang saya suka dari Affinity Designer adalah fitur-fiturnya yang cukup lengkap tetapi juga ringan dijalankan.

Affinity Designer bisa memadukan desain raster dan vector hanya dalam satu aplikasi. Jadi seakan-akan kita menggunakan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop secara bersamaan dalam satu aplikasi yang sama di Affinity Designer.

Selain itu, harga lisensinya juga jauh lebih murah dari produk Adobe. Hanya dengan sekali bayar, kita bisa mendapatkan lifetime update.

Hampir semua thumbnail dan gambar yang Anda lihat pada artikel ini saya kerjakan sepenuhnya dari Affinity Designer.

Download Affinity Designer

Adobe Photoshop

fitur-baru-adobe-photoshop-2021
Adobe Photoshop

Walaupun fokus saya saat ini memang lebih cenderung menggunakan Affinity Designer. Namun terkadang untuk beberapa pekerjaan tertentu saya masih membutuhkan Adobe Photoshop.

Maklum saja, Photoshop sudah digunakan sebagai standar industri karena memang fitur-fiturnya yang sangat lengkap untuk mengedit foto.

Apalagi di versi Photoshop 2021 terbaru ini ada banyak fitur-fitur baru yang semakin canggih untuk memanipulasi foto.

Seperti Neural Filter untuk mengubah pose dan mimik wajah seseorang, Sky Replacement untuk mengubah background langit, Content Aware Tracing Tool, dan masih banyak lagi.

Download Adobe Photoshop

Filmora X

filmora-x-aplikasi-edit-video-ringan-terbaik
Filmora X

Akhir-akhir ini saya sering mengedit video untuk kebutuhan media sosial seperti YouTube, Instagram, dan juga Tiktok.

Filmora X cukup bisa diandalkan untuk itu.

Aplikasi ini simple dan sangat mudah digunakan. Bahkan untuk kalangan pemula sekalipun. Terlebih lagi, cukup ringan dijalankan namun fitur-fitur yang dimilikinya juga tergolong lengkap.

Tersedia beragam pilihan transisi dan visual effect. Ada juga fitur motion tracking, green screen, audio ducking, color grading, screen recorder, dan lain-lain.

Karena itulah, saat ini Filmora telah menjadi salah satu software video editor alternatif terbaik dari Adobe Premiere Pro.

Download Filmora X

Google Chrome

google chrome

Web browser yang satu ini masih tetap menjadi andalan saya untuk browsing dan menjelah internet. Meskipun saat ini sudah banyak kompetitor yang menggunakan engine serupa. Sebut saja Microsoft Edge Chromium, Vivaldi, Opera, Brave, dan varian-varian Chromium lainnya.

Alasan saya menggunakan Google Chrome adalah karena inovasi yang dihadirkannya. Tersedia banyak Extension atau plugin untuk memperkaya fiturnya. Dan juga fitur sinkronisasi data seperti bookmark, password, dll ke akun Google kita.

Download Google Chrome

PicPick

pipick software screenshot terbaik

Saya rasa software ini hampir ada di komputer para desainer grafis, programmer, blogger, writer, atau bahkan kalangan awam sekalipun.

PicPick adalah software yang berfungsi untuk mengambil screenshot di komputer Windows.

Tidak hanya itu, tersedia juga beberapa fitur editing untuk membantu penggunanya dalam membuat tutorial, menandai bagian tertentu, memberi teks, brush, marker, shape, arrow, mewarnai, dan juga mengambil sample warna dari semua program yang muncul di layar (Color Picker).

Download PicPick

Flameshot

flameshot software screenshot terbaik

Software ini mempunyai fungsi yang serupa dengan PicPick, yaitu untuk mengambil screenshot pada layar.

Yang saya suka dari Flameshot adalah lebih simple dan mudah digunakan jika dibandingkan dengan PicPick. Kita bisa menyorot dan menandai area tertentu untuk dijadikan screenshot. Memberi tanda panah, teks, marker, shape, arrow, paint, dll dengan lebih cepat.

Jadi Flameshot ini dapat digunakan sebagai alternatif yang lebih simple dari PicPick.

Download Flameshot

XAMPP

xampp-control-panel-web-server

Sebagai seorang blogger yang aktif menulis di blog dan juga mendesain website. Maka saya membutuhkan aplikasi web server untuk dipasang pada komputer lokal saya terlebih dahulu (localhost).

Untuk apa fungsinya? XAMPP adalah aplikasi web server yang digunakan untuk menginstall script dan menjalankan file-file website di komputer lokal. (Bisa offline)

Sehingga kita bisa melakukan testing terlebih dahulu dan melakukan perubahan pada website sebelum benar-benar meng-online-kannya ke internet.

Jadi jika ada error maka tidak akan terlihat dan mengganggu kenyamanan pengunjung website.

Download XAMPP

Windows 10 Mail

windows-10-mail

Untuk kebutuhan marketing, biasanya saya menggunakan puluhan akun email. Maka untuk memudahkan saya mengecek email tersebut satu persatu, maka saya perlu yang namanya aplikasi email client.

Jadi dengan aplikasi email client ini kita tidak perlu lagi login satu persatu ke masing-masing akun hanya untuk mengecek email terbaru yang masuk ke inbox.

Bagusnya, fitur Mail yang menjadi aplikasi bawaan di Windows 10 ini juga support beberapa provider email populer seperti Gmail, Yahoo, Outlook, dan juga protokol lain seperti POP dan IMAP.

Audacity

audacity

Saya biasa menggunakan Audacity untuk mengedit file audio dan musik. Di sini kita bisa menambahkan berbagai macam efek suara. Kita bisa mengedit tempo, speed, picth, reverb, fade, menghilangkan suara vocal, merekam suara, dan masih banyak lagi.

Download Audacity

KMPlayer

kmplayer video player

Saya lebih sering menggunakan KMPlayer untuk memutar dan menonton file video di Windows 10.

Advertisement

Sejauh ini cukup lancar dan smooth. Fitur yang paling sering saya butuhkan adalah fungsi rotate video.

Karena saya sering merekam video dengan action camera ketika main sepeda gunung. Kamera kecil tersebut ditempelkan di bagian dada saya menggunakan chest strap . Jadi sering kali hasil videonya menjadi terbalik (vertical).

Maka sebelum saya mengeditnya, biasanya saya preview terlebih dahulu di KMPlayer dengan fungsi rotate video tersebut.

Oh iya, KMPlayer juga sudah support video 4K, dan bahkan juga bisa mendownload file video dari Instagram, YouTube, Dailymotion, dan situs video streaming lainnya.

Download KMPlayer

Free Download Manager (FDM)

free-download-manager-software-alternatif-idm-terbaik
Free Download Manager (FDM)

FDM adalah software download manager gratis terbaik saat ini sebagai alternatif dari IDM yang berbayar.

FDM menawarkan banyak kelebihan untuk manajemen dan mengoptimalkan proses download file di internet. FDM juga bisa mendownload video dari beberapa website streaming video populer.

Sudah sejak lama saya tidak menggunakan IDM lagi dan menggantikannya dengan FDM yang menurut saya fitur-fiturnya sudah cukup lengkap.

Download FDM

AIMP

Saya biasa menggunakan software ini untuk memutar file audio dan mp3. Jadi untuk mendengarkan musik, software ini sudah cukup bisa diandalkan sebagai music player.

Tampilannya juga keren dan elegan, kita bisa mengganti dan mengkustomisasinya dengan themes yang beragam.

Download AIMP

Text Crawler

Text Crawler

Software ini bisa melakukan pencarian kata kunci pada beragam format file berbasis text.

Software ini sangat membantu kalangan programmer untuk mencari kata ataupun source code tertentu di dalam sebuah file dan folder dengan sangat cepat.

Kita bisa mencari (find) dan juga mengganti (replace) beberapa teks dan kata pada sebuah file. Tersedia juga fungsi batch processing dan fitur-fitur powerful lainnya.

Download TextCrawler

Bandizip

bandizip-software-compression-terbaik

Untuk kompresi file ke dalam format ZIP, RAR, ataupun 7zip, saya biasa menggunakan software Bandizip. Yang saya suka dari software ini adalah inovasinya, salah satunya yaitu kemampuan untuk melihat preview sebuah gambar walaupun berada di dalam file archive.

Download Bandizip

HoneyView

honeyview-image-viewer-terbaik

Software ini dikembangkan oleh developer dari Bandizip. Fungsinya adalah untuk membuka dan melihat file gambar (image viewer).

Yang saya suka dari HoneyView adalah kemampuannya untuk membuka file gambar bergerak dalam format GIF dan juga format untuk website yaitu WebP.

Selain itu, kita bisa menyembunyikan menu dan icon agar terlihat lebih clean di menu settings. Jadi nantinya hanya pure gambar atau foto saja yang terlihat. (Note: untuk yang contoh di atas masih dalam pengaturan basic, jadi masih terlihat menu-menunya).

Software ini memang cukup ringan dan juga cepat dalam memuat gambar.

Download HoneyView

Visual Studio Code

visual-studio-code-text-editor-terbaik-gratis

Untuk kebutuhan programming atau coding saya lebih sering menggunakan Visual Studio Code untuk mengedit source code dari bahasa pemrograman tertentu, seperti PHP, atau bahasa markup HTML, dan kode CSS.

Visual Studio Code ini sendiri dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.

Fitur yang dihadirkannya cukup inovatif dibandingkan dengan text editor sejenis. Misalnya untuk kode HEX dari warna putih adalah #FFFFFF, maka akan ditampilkan preview warnanya secara langsung dalam bentuk kotak warna tepat di sebelahnya. Jadi lebih memudahkan para developer.

Download Visual Studio Code

Wise Care 365

wise-care-365-pembersih-file-sampah-di-windows

Saya biasa menggunakan software ini untuk membersihkan Windows dari file-file sampah yang sudah tidak lagi terpakai (bekas program). Biasanya file-file ini disimpan dalam temporary folder.

Wise Care 365 bisa melakukan scanning hard disk ataupun SSD untuk membersihkan file-file sampah dan juga memperbaiki registry error.

Efeknya, space hard disk dan SSD bisa kembali lebih lega.

Bitcoin Wallet

bitcoin wallet terbaik

Sudah sering kan mendengar istilah Bitcoin? Atau malah belum pernah sama sekali? Bitcoin merupakan mata uang digital yang mulai diluncurkan pada Januari 2009.

Bitcoin diciptakan untuk memperbaiki kekurangan pada sistem perbankan yang ada saat ini. Di mana dengan Bitcoin tidak ada lembaga yang mengaturnya karena sistemnya yang terdesentralisasi. Selain itu, mengirim uang dengan Bitcoin akan jauh lebih cepat dengan biaya transaksi yang cenderung jauh lebih murah.

Sejak awal diluncurkan, 1 Bitcoin mungkin setara dengan Rp. 14.000 rupiah (itu waktu di tahun 2010 yang lalu), namun kini harga Bitcoin sudah melonjak luar biasa. Terakhir saat di tulisnya artikel ini, kurs 1 BTC sudah setara dengan Rp. 500 Jutaan.

Artinya, kalau Anda menyimpan minimal 1 keping Bitcoin saja atau lebih hingga saat ini. Maka Anda sudah menjadi jutawan, milyuner, atau bahkan triliuner. 😅

Saya menggunakan Bitcoin Wallet (aplikasi untuk menyimpan saldo Bitcoin) hanya untuk kebutuhan transaksi dan membeli suatu produk. Memang, saya sendiri juga merasakan lonjakan saldo saya yang naik ribuan kali lipat karena naiknya harga Bitcoin. Namun nilainya belum sampai sebesar di angka itu kok 😁.

Beberapa software Bitcoin dan Cypto Wallet yang paling sering saya gunakan saat ini adalah Exodus dan Bitpay.

Avast Antivirus

antivirus avast gratis

Memang sih bukan untuk produktivitas. Akan tetapi secara tidak langsung fungsinya juga cukup membantu sebagai upaya pencegahan dari serangan virus dan malware, yang pada akhirnya akan melindungi data dan file dokumen pada pekerjaan kita.

Walaupun sistem operasi Windows 10 di versi build terbaru sudah lumayan ketat security-nya, akan tetapi peranan antivirus juga masih sangat dibutuhkan.

Yang saya suka dari Avast adalah cukup ringan dan juga gratis tentunya 😁. Kadang kala ketika sedang membuka website tertentu yang mengandung malware, biasanya Avast akan langsung memberikan warning dan memblokir akses ke website yang bersangkutan.

Bagusnya lagi, Avast biasanya secara otomatis akan menganalisa sebuah file dan program saat kita mulai membukanya, tanpa harus melakukan scanning manual. Sangat jarang sekali ada kesalahan deteksi (false positive).

Mungkin sudah sekitar 11 tahun saya masih setia menggunakan antivirus Avast dan sejauh ini masih tetap aman terkendali.

Download Avast Antivirus

Penutup

Nah, itulah dia beberapa aplikasi favorit saya yang paling sering saya gunakan untuk menunjang produktivitas. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang lainnya. Hanya saja intensitas penggunaannya tidak sesering aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas.

Nah, bagaimana dengan Anda? Punya aplikasi favorit yang lainnya? Jika ada yang ingin menambahkan, silahkan share di kolom komentar ya.

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept