AvdanOS Pro, Konsep Desain Pesaing Windows 11, Mac OS dan Linux

Windows masih menjadi sistem operasi komputer paling populer dengan jumlah pengguna terbanyak hingga saat ini. Diikuti dengan Mac OS buatan Apple, dan juga Linux sebagai alternatif.

Pengembang sistem operasi komputer pastinya akan terus berinovasi seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, terutama pada sisi hardware sebagai mesin pendukung di balik layar.

Para developer berlomba-lomba mengembangkan sistem operasi komputer yang canggih, efisien, mudah digunakan dan didukung dengan ekosistem aplikasi yang banyak.

Advertisement

Selama ini, pesaing berat dari Windows adalah Mac OS dan juga Linux sebagai alternatif.

Biasanya pengguna sering membanding-bandingkan ketiganya, terutama pada sisi tampilan desainnya (UI atau user interface).

Tren desain aplikasi di era saat ini cenderung mengarah ke minimalis, namun tetap mempertahankan kesan modern dan elegan.

Nah, ada salah satu desainer yang mencoba membuat konsep ini melalui karyanya yang dia beri nama sebagai AvdanOS Pro.

Mau tau lebih lanjut?

AvdanOS Pro

AvdanOS Pro adalah konsep OS. Artinya ini baru hanya berupa konsep desain sebagai ide dan gagasan kreatif yang dicetuskan oleh desainer Kamer Kaan Avdan.

Sebelumnya Avdan sudah pernah membuat konsep lain mengenai Windows 95, Windows XP, Windows 7, Windows 10, Windows 11, bahkan Windows 20.

Namun menurut kami, konsep terbaru inilah yang paling ciamik jika dibandingkan dengan project sebelumnya.

Antarmuka desktop sebagai halaman awal terlihat cukup rapi. Icon aplikasi juga lebih tertata dan terorganisir karena dipisahkan sesuai dengan kategori.

Pada bagian tengah menampilkan informasi CPU, storage, dan RAM dengan indikator persen disertai dengan tanggal dan waktu.

Advertisement

Icon folder juga dibuat warna-warni, sehingga meskipun dalam mode dark mode, kesan colorful masih cukup terasa.

Yang menarik, desain menu ketika pengguna mengakses klik kanan juga terbilang baru, jauh lebih modern dibanding Windows.

Kalau Anda pengguna Windows, pasti bisa melihat perbedaan signifikan ini.

Konsep menarik lainnya, pada bagian taskbar, bisa menampilkan indikator progress bar dari aplikasi tertentu.

Misalnya ketika sedang menggunakan aplikasi editing seperti Adobe After Effects, maka akan muncul indikator proses rendering yang sedang berlangsung.

Akankah Konsep Desain Ini Bisa Direalisasikan ke Versi Nyata?

Untuk saat ini Avdan baru hanya merilis konsep desainnya saja. Jadi belum ada versi OS dalam bentuk nyata.

Namun menurut kami, bila memang project ini mau direalisasikan, maka kemungkinan besar akan dibuat ke dalam versi Linux.

Mengingat Linux adalah OS yang open source dan saat ini telah melahirkan cukup banyak varian dengan berbagai fitur dan tampilan yang beragam (distro Linux).

Baca di sini:

Konsep AvdanOS Pro ini dibuat dengan menggunakan software Adobe XD yang dipadukan dengan Adobe Illustrator. Lalu untuk bagian proses editing dan animasinya dibuat dengan menggunakan Adobe After Effects.

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept