Blockchain.com Sudah Bisa Pakai Username, Address Kripto Jadi Lebih Simple dan User-friendly

Bayangkan jika alamat email terdiri dari 36 karakter yang panjang dan acak. Alih-alih menggunakan alamat email yang singkat seperti ini:

email@teksnologi.com

Tetapi yang Anda gunakan adalah ini:

Advertisement

1q2w3e4r5t6y7u8i9o01a2s3d4f5g6h7j89z

Jika demikian, pastinya akan cukup membingungkan dan kurang user-friendly kan? Untungnya, hal itu tidak berlaku pada alamat email di era sekarang.

Namun, ini masih berlaku dalam dunia kripto, seperti Bitcoin salah satunya.

Yap, selama ini setiap pengguna kripto akan diberikan address acak yang berfungsi sebagai alamat rekening untuk mengirim ataupun menerima Bitcoin.

Contohnya seperti ini, Bitcoin Address dengan panjang 34 karakter:

18B5AFNbBagfQQNofbZLpMZSUxHEMDgo2D

Melihat banyaknya angka dan huruf secara acak pastinya akan cukup membingungkan. Belum lagi jika kita ingin mengecek histori transaksi pada akun kita. Biasanya daftar address yang bercampur dengan address lainnya akan membuat kita jadi bingung.

Bahkan tidak jarang, banyak kasus transaksi crypto yang salah kirim, karena kurang teliti melihat alamat atau address yang dituju. Walaupun fitur copy paste sudah disediakan, tetapi masih saja kejadian salah kirim masih sering terjadi karena terkecoh oleh address yang acak seperti ini.

Blockchain.com

Nah, kini Blockchain.com sudah punya solusinya.

Advertisement

Berkat kerja sama antara pihak Blockchain.com dengan Unstoppable Domains,

Sekarang address kripto yang panjang dan acak tersebut sudah bisa digantikan dengan username yang jauh lebih singkat dan mudah untuk diingat.

Yang tadinya seperti ini: 18B5AFNbBagfQQNofbZLpMZSUxHEMDgo2D akan bisa diganti menjadi seperti ini “teksnologi.crypto“.

Yap, kombinasi username dengan domain.

Tidak hanya satu domain saja, tetapi Unstopable Domains juga menyediakan ekstensi domain yang lainnya, seperti:

  • .bitcoin
  • .coin
  • .wallet
  • .nft
  • .blockchain
  • Dan lain-lain.

Domain-domain yang disediakan masih berhubungan dengan teknologi cryptocurrency.

Kedepannya integrasi domain sebagai username address ini mungkin juga akan digunakan oleh penyedia exchange kripto yang lainnya.

Penutup

Industri cryptocurrency yang semakin populer dengan mulai bertambah banyaknya pengguna baru, menjadikannya terus berkembang sebagai solusi keuangan digital di masa depan.

Untuk saat ini, cryptocurrency (mata uang kripto) memang tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia, akan tetapi sah dan boleh digunakan sebagai aset komoditas yang bisa diperdagangkan (trading) seperti halnya emas, untuk berinvestasi.

Adanya beragam inovasi dalam dunia kripto memang semakin memudahkan pengguna untuk menggunakannya.

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept