Prototipe AI Terbaru dari Adobe Memungkinkan Manipulasi Foto Hanya dengan Menempelkan Objek Gambar

Implementasi dari teknologi kecerdasan buatan (AI) mulai semakin gencar dan masif digunakan pada beragam aplikasi komputer. Tidak terkecuali dengan software editing gambar terpopuler di dunia, yaitu Adobe Photoshop.

Teknologi kecerdasaran buatan atau AI ini sendiri sudah digunakan Photoshop pada fitur Neural Filter.

Namun yang menarik dari penggunaan AI kali ini adalah sudah mulai digunakan untuk manipulasi foto dengan cara menggabungkan beberapa objek gambar menjadi satu gambar utuh.

Advertisement

Di artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas teknik manipulasi foto seperti ini, yaitu dengan cara menggabungkan banyak objek gambar untuk dibuatkan menjadi satu gambar ilustrasi yang menakjubkan dengan teknik masking.

Ocre Sunset by @BennyProductions

Rahasia di balik layar:

Ocre Sunset by @BennyProductions

Teknik editing semacam ini memang menakjubkan. Karena sudah mulai masuk ke ranah digital art seperti halnya lukisan digital yang bisa kita “nikmati”.

Namun yang perlu diketahui adalah cara ini masih dilakukan secara manual oleh para seniman digital.

Untuk mengedit foto seperti itu tentu tidak mudah, karena diperlukan skill editing dengan jam terbang yang tinggi 🙂

Apalagi semuanya dilakukan secara manual dengan memadukan berbagai tool yang ada di Photoshop, tentu akan sangat memakan waktu.

Prototipe AI Bisa Mengerjakannya Secara Otomatis

Namun nampaknya Adobe juga tidak tinggal diam, tim research mereka terus melakukan inovasi untuk memperkaya fitur di Adobe Photoshop agar semakin canggih.

Advertisement

Mereka juga tidak ingin ketinggalan dalam hal ini.

Karena saat ini Adobe tengah mengembangkan prototipe AI yang mampu memadukan beragam objek gambar menjadi satu gambar ilustrasi yang utuh.

Melalui Adobe Max 2022, pihak Adobe baru saja mengumumkan informasi ini.

Ini dia prototipe dari AI yang tengah dikembangkan oleh Adobe:

Nantinya pengguna hanya tinggal menyiapkan beberapa objek gambar yang ingin digabungkan, kemudian AI akan menganalisanya secara otomatis.

Machine Learning akan melakukan penyesuaian komposisi objek gambar secara otomatis untuk menentukan segmentasi semantik, seperti prediksi skala, harmonisasi warna, pencahayaan (light), bayangan (shadow) dan lain-lain.

Kapan Fitur Canggih Ini Dirilis?

Sekali lagi, kemampuan ini masih dalam bentuk prototipe. Artinya masih dalam tahap pengembangan oleh tim research dari Adobe.

Sehingga masih belum diketahui secara pasti kapan Adobe akan merilis fitur canggih ini ke Photoshop.

Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

✅ Bacaan Selanjutnya:

Leave A Reply

Your email address will not be published.