Happy New Year 2023

Teknologi NVIDIA 4K AI Upscaling Bisa Meningkatkan Kualitas Ketajaman Video YouTube Otomatis

Perusahaan kartu grafis NVIDIA baru saja memperkenalkan teknologi terbarunya yaitu RTX Video Super Resolution yang dapat meningkatkan kualitas ketajaman video di YouTube secara otomatis dengan mengandalkan AI (teknologi kecerdasan buatan).

Fitur ini akan segera tersedia bulan depan (Februari 2023) untuk web browser Google Chrome dan juga Microsoft Edge.

Dalam video demonya, terlihat bahwa RTX Video Super Resolution ini mampu meningkatkan dan mempertajam kualitas video yang rendah hingga ke resolusi 4K secara otomatis.

Berikut ini adalah contoh video 1080p Full HD yang ditingkatkan hingga ke resolusi 4K secara otomatis dengan bantuan AI:

Game Apex Legends

Dengan demikian, video yang terlihat blur akan bisa menjadi tajam kualitas gambarnya di perangkat pengguna tanpa perlu melakukan perubahan apapun.

Video sharpness dan clarity dapat ditingkatkan, dan tampilan noise ataupun compression artifact akan dapat dikurangi.

Teknologi ini mendukung berbagai resolusi video, mulai dari 360p, 1080p, hingga 1440p. Bahkan dengan refresh rate 144Hz.

Selain YouTube, ada kemungkinan dapat digunakan juga untuk platform video streaming lainnya, seperti Netflix misalnya.

Sebelumnya NVIDIA sudah menghadirkan teknologi ini lebih dulu ke perangkat Shield TV dan Shield TV Pro melalui fitur yang dinamakan dengan AI-Enhanced.

Dengan hadirnya teknologi ini ke perangkat PC dan web browser, tentunya akan semakin menjangkau lebih banyak audiens.

Namun sayangnya teknologi ini baru hanya bisa dinikmati bagi pengguna GPU NVIDIA RTX 30 dan 40 Series saja. Sehingga untuk versi di bawahnya seperti seri 20 atau 10 yang lebih lawas tidak didukung.

Tetapi dengan adanya inovasi ini, mengindikasikan kemungkinannya untuk digunakan dan diimplementasikan juga secara luas untuk platform lainnya di masa depan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.