5 Fakta Menarik Yang Wajib Anda Ketahui Tentang Harbolnas

Tidak lama lagi Hari Belanja Online Nasional atau yang lebih familiar dengan sebutan Harbolnas akan segera tiba. Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pelanggan setia eCommerce ialah ​diskon besar Harbolnas ​tentunya. Mengapa? Karena ini merupakan acara tahunan terbesar untuk semua eCommerce yang ada di Indonesia.

Di hari yang sama, seluruh eCommerce akan turut berpartisipasi untuk memberikan banyak promosi yang menarik. Seperti contohnya Bukalapak yang selalu menghadirkan berbagai macam penawaran menarik seperti ​diskon besar Harbolnas​, gratis ongkos kirim, voucher, dan lain sebagainya.

Biasanya, di momen Harbolnas nantinya akan didukung oleh banyak partner sebagai bentuk partisipasi. Diantaranya, media, bank, payment gateway, dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Harbolnas, berikut ini 5 fakta menarik di hari yang paling dinantikan bagi para pecinta belanja online:

#1. Awal mula ide HARBOLNAS merupakan inspirasi dari perayaan Black Friday

black-friday-harbolnas

Jika USA, Online Fever, Cyber Monday memiliki perayaan Black Friday, maka Indonesia memiliki Hari Belanja Online Nasional.

Momen tersebut didedikasikan untuk masyarakat Indonesia supaya lebih mengenal bagaimana belanja online secara aman dan nyaman. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa tidak sedikit masyarakat Indonesia yang masih memiliki kekhawatiran atau ketakutan ketika berbelanja online, seperti penipuan misalnya.

#2. Tahun 2012 merupakan tahun perdana HARBOLNAS dirayakan

harbolnas-pertama

Tahun 2012 ialah tahun inisiasi diadakannya Harbolnas. Dan yang mengikuti perayaan ini untuk pertama kali hanyalah 7 eCommerce.

Dikutip dari Daily Social, perayaan Harbolnas pada awalnya bukan melalui unsur kesengajaan atau perencanaan. Karena ide tentang Harbolnas ini muncul di sebuah kedai kopi dari sebuah perbincangan hangat, bahkan menggunakan modal sendiri.

Namun ide tersebut nampaknya menarik minat dua perusahaan besar, yakni Telkomsel dan Yahoo! yang akhirnya bersedia menjadi sponsor utama.

#3. HARBOLNAS dikenal sebagai perayaan 121212 sebelumnya

harbolnas-121212

Pada awal mulanya, istilah sebelum Harbolnas ialah perayaan 121212. Karena saat itu perayaan Harbolnas hanya berdurasi 24 jam yang bertepatan pada 12 Desember 2012.

Berbeda dengan Harbolnas saat ini, yang tidak hanya dirayakan satu hari saja. Dikarenakan banyak ​diskon besar Harbolnas​, maka banyak eCommerce yang menyiapkan momen ini mulai dari pra-event hingga post-event.

Hal ini disadari para eCommerce karena setiap tahunnya Harbolnas mengalami peningkatan terhadap traffic dan juga sales yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

#4. Pecinta HARBOLNAS mengalami peningkatan tiap tahunnya

harbolnas-lovers

Dari partisipan perayaan Harbolnas yang hanya 7 eCommerce di awal tahunnya, mengalami peningkatan di tahun 2013 yakni 22 eCommerce.

Di tahun berikutnya Harbolnas diikuti oleh 78 eCommerce. Dan di tahun 2015 Harbolnas sudah memiliki 142 partisipan eCommerce.

Terbaru di tahun 2017 kemarin sudah ada 250 pastisipan yang ikut ambil bagian memeriahkan pesta belanja online ini yang sekaligus jadi jumlah terbesar sepanjang 5 tahun Harbolnas dihelat.

Masing-masing eCommerce memiliki cara tersendiri untuk menarik peminat selain ​diskon besar Harbolnas​.

#5. Kategori terfavorit saat HARBOLNAS ialah Fashion

harbolnas-fashion

Dikutip dari data yang dikumpulkan oleh Nielsen, ternyata kategori Fashion adalah yang paling diminati selama perayaan Harbolnas.

Kategori terfavorit nomor 2 adalah gadget dan perlengkapan elektronik. Dilihat dari demografi, nyatanya Harbolnas dimeriahkan oleh masyarakat Indonesia yang berusia antara 25 hingga 44 tahun yang rata-rata mempunyai pendapatan 4 juta ke atas.

Dan hal yang menarik perhatian ialah pada tahun 2015 lalu, sebanyak 39% pelanggan datang dari siaran TV dibandingkan website eCommerce itu sendiri dan media sosial.

Mereka turut memeriahkan momen tersebut dikarenakan banyak penawaran yang menarik seperti ​diskon besar Harbolnas.

​Salah satu eCommerce yang tengah menyiapkan penyambutan Harbolnas tahun ini adalah Bukalapak. Akan ada banyak diskon besar-besaran, voucher belanja, bahkan hadiah-hadiah yang menarik lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.