Opera Crypto Browser, Hadirkan Dukungan Untuk Web 3.0 dan dApps

Opera baru saja mengumumkan perilisan browser terbaru mereka yang dirancang khusus untuk mendukung teknologi Web 3.0 dan juga cryptocurrency.

Web browser tersebut dinamakan dengan Opera Crypto Browser.

Sekilas Tentang Apa Itu Web 3.0

Advertisement

Web 3.0 disebut-sebut akan menjadi teknologi penerus dari web 2.0 yang ada sekarang ini. Di mana teknologi internet akan cenderung lebih terdesentralisasi, sebagaimana halnya teknologi blockchain yang digunakan oleh mata uang kripto yang ada saat ini, seperti Bitcoin CS dan juga dApps (decentralized apps).

Konsep dari Web 3.0 adalah tidak lagi bergantung dan dipegang oleh instansi atau perusahaan tertentu. Melainkan ada pada pengguna itu sendiri yang akan memegang kendali.

Teknologi seperti GameFi, DeFi (Decentralized Finance), NFT, atau istilah metaverse yang sedang hangat-hangatnya ini kemungkinan besar akan memiliki andil besar pada konsep Web 3.0 yang berbasis blockchain.

Lalu fitur apa saja kah yang diunggulkan pada produk browser terbaru mereka ini?

Mari kita lihat.

Dompet Kripto (Crypto Wallet)

wallet-opera-crypto-browser

Opera mengintegrasikan wallet kripto yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dompet kripto yang mereka miliki tanpa harus menginstal ekstensi apa pun.

Wallet kripto tersebut akan dirilis secara open source dengan tim developer yang sama dari Polandia dan Swedia.

Kita juga masih dapat menginstal ekstensi wallet pihak ketiga, seperti Metamask misalnya, untuk dikombinasikan dengan fitur wallet selector tool.

opera-crypto-browser-wallet

Pengguna bisa mengakses dApps dan mengirim kripto secara langsung dari wallet tersebut.

Fitur secure clipboard akan memonitoring address yang kita copy dan memastikan tidak ada aplikasi dari pihak ketiga yang mengubahnya dari wallet kita ataupun data sensitif lainnya.

Advertisement

Info Update Tentang Blockchain, Podcast, Airdrop, dan Event

opera-crypto-corner

Fitur Crypto Corner menampilkan beragam informasi update dan kilas berita terkini mengenai dunia blockchain.

Pengguna bisa mendapatkan informasi seputar airdrop, event, NFT, kalendar acara, harga kripto, biaya gas fee, konten edukasi, komunitas blockchain, podcast, video, dan juga sentimen market.

Dukungan Web3 dan Integrasi dApps

crypto-dapps

Hadirnya wallet kripto di browser Opera sebenarnya bukanlah hal yang baru, karena Opera sudah mengintegrasikan wallet kripto sejak tahun 2018.

Sejak saat itu, Opera terus mengembangkan fitur-fitur yang dimilikinya.

Saat ini Opera sudah mengintegrasikan beberapa blockchain seperti Bitcoin, Ethereum, Celo dan juga Nervos. Mereka juga telah bekerja sama dengan Handshake, NEAR, Polygon, Solana, Unstoppable Domains, dan ENS.

Integrasi Aplikasi Messaging, VPN, dan AdBlocker

Opera juga membawa fitur-fitur andalan yang biasa mereka bawa di browser Opera versi biasa.

Integrasi aplikasi messaging seperti Facebook Messenger, Telegram, dan WhatsApp juga masih dipertahankan. Pengguna bisa mengirim dan membaca pesan chat secara langsung dari Crypto Browser terbaru ini.

Fitur built in VPN untuk mengakses website secara anonim dan AdBlocker untuk memblokir iklan juga masih dipertahankan di browser tersebut.

Tersedia Untuk Windows, Mac, dan Android

Opera Crypto Browser tersedia untuk platform Windows, Mac, dan juga Android.

Untuk saat ini masih dalam tahap beta (uji coba). Sehingga mungkin masih ada beberapa fitur yang belum sepenuhnya dirilis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.