Happy New Year 2023

Iklan Kolom Samping (Side Rail Ads) Google Adsense Resmi Diluncurkan, Tetapi Kami Nonaktifkan Karena Alasan Ini

Per hari ini (13 Desember 2022) iklan kolom samping atau side rail ads dari Google Adsense sudah resmi diluncurkan untuk semua publisher Google Adsense.

Sesuai namanya, iklan kolom samping akan muncul secara otomatis pada sisi kiri dan kanan layar saat pengguna melakukan scrolling halaman website/blog, khususnya pada monitor yang memiliki resolusi lebih dari 1000px seperti PC Desktop.

Jadi jika kamu menggunakan layar monitor PC dengan ukuran 22 inch ke atas, kamu mungkin akan bisa melihat format iklan terbaru dari Google Adsense ini ketika mengunjungi website/blog tertentu.

Iklan Kolom Samping Bisa Meningkatkan CTR (Jumlah Klik)

Iklan kolom samping ini memang dapat meningkatkan nilai CTR (clickthrough rate) atau Rasio klik-tayang (RKT) karena posisinya yang ditampilkan secara floating (melayang) sehingga akan sangat mudah terlihat oleh pengunjung. Bahkan ketika scroll ke bawah halaman, iklan ini masih akan tetap muncul (sticky).

Alasan Kami Menonaktifkan Iklan Kolom Samping

Meskipun bisa meningkatkan nilai CTR secara signifikan dan meningkatkan pendapatan Adsense, namun menurut kami penampilan dari iklan ini akan bisa mengganggu kenyamanan pembaca.

Entah kenapa kami merasa kurang nyaman melihat iklan kolong samping tersebut. Mungkin memang kurang cocok jika diterapkan pada desain website kami saat ini.

Karena itulah alasan kami memutuskan untuk menonaktifkan iklan kolong samping karena tidak ingin kenyamanan pembaca jadi terganggu karena terlalu banyaknya iklan yang muncul.

Namun dengan adanya format iklan terbaru ini, bisa memberikan keuntungan bagi publisher Adsense karena tersedianya lebih banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan desain website/blog.

Untuk saat ini kami masih tetap menampilkan iklan dengan format standar yang lainnya.

Kami menyadari, apapun format iklannya, tetap saja yang namanya iklan pasti akan mempengaruhi kenyamanan bagi pembaca.

Untuk itu, kami masih akan terus bereksperimen agar bagaimana caranya iklan yang tampil bisa tetap nyaman dilihat. Jadi mohon kiranya dimaklumi apabila kamu melihat posisi penempatan banner iklan yang berubah-ubah di Teksnologi.

Untungnya pihak Google Adsense memberikan opsi pengaturan untuk menonaktifkan fitur dari iklan kolom samping tersebut.

Namun bagi publisher yang ingin tetap mengaktifkan iklan terbaru ini, bisa mengaksesnya melalui menu dashboard -> Ads -> lalu klik tombol edit pada halaman “By site” sesuai dengan domain website yang aktif (pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur Auto Ads).

2 Comments
  1. chan says

    kenapa di blog saya tak muncul iklan kolom samping ini padahal sudah saya terapkan?
    iklan otomatis sudah saya terapkan juga.

    1. Teksnologi
      Administrator
      says

      Pastikan layout blog sudah memiliki space yang cukup dan diakses dari wide monitor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.