Review Niagahoster, Shared Hosting WordPress Murah yang Aksesnya Cepat

Website Teksnologi.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba server dari salah satu penyedia web hosting ternama di Indonesia saat ini, yaitu Niagahoster.co.id.

Melihat perkembangan perusahaan ini yang begitu pesat, kami jadi tertarik untuk mencoba layanannya.

Bagusnya, mereka tidak hanya fokus pada penjualan dan marketing saja, tetapi juga mengedukasi customer dan juga calon customer melalui beragam artikel yang berkaitan dengan pengembangan website. Supaya usaha online customer bisa terus berkembang.

Sejauh ini, Niagahoster cukup rutin membagikan beragam info dan tutorial seputar optimasi dan pengembangan website di blog mereka dengan cukup detail di sini: https://www.niagahoster.co.id/blog/

Banyak artikel bermanfaat di sana yang bisa kita baca untuk menambah pengetahuan kita.

Kami Mencoba Shared Hosting dari Niagahoster

Nah, di sini kami ingin berbagi pengalaman kami dalam menggunakan shared hosting murahnya Niagahoster.

Harga hosting yang mereka tawarkan memang sangat terjangkau.

Mulai dari Rp. 10 ribu saja perbulannya untuk budget sekelas pelajar pun sudah bisa membangun website sendiri di server Niagahoster.

Di sini Teksnologi menggunakan paket hosting personal, dengan harga Rp. 26 ribu perbulannya. Murah sekali bukan? Tapi, bagaimana dengan fitur dan performanya?

Fitur yang kami dapatkan adalah:

  • Unlimited Disk Space
  • Unlimited Bandwidth
  • Unlimited POP3 Email
  • Unlimited Database
  • Unlimited Addon Domain
  • Instant Backup
  • Domain Gratis
  • Unlimited SSL Gratis Selamanya
  • SpamAsassin Mail Protection

Selain itu, yang menarik di sini adalah Niagahoster ternyata sudah menggunakan spesifikasi dan teknologi terkini pada server mereka.

Salah satunya adalah LiteSpeed Web Server pada shared hosting mereka.

Sebagai informasi, LiteSpeed terkenal sebagai web server tercepat di dunia saat ini, lebih baik daripada Apache. Jadi seharusnya, website kita akan semakin cepat loadingnya ketika diakses.

Penasaran, kami pun tertarik untuk buktikan sendiri bagaimana performanya.

Bagaimana dengan Kecepatan Shared Hosting dari Niagahoster?

Berdasarkan hasil pengujian speed test dari GTmetrix. Website Teksnologi.com bisa mendapatkan PageSpeed Score: A di angka 94% dengan kecepatan loading Fully Loaded Time dalam waktu 1,8 detik.

Skor tersebut tergolong bagus, mengingat ini adalah server shared hosting dengan harga yang terjangkau, namun kecepatan loading websitenya bisa tetap cepat dan gesit (Fully Loaded Time : 1,8s)

Sedangkan untuk pengujian di Google PageSpeed Insights, bisa mendapatkan skor 92.

Ternyata, shared hosting juga bisa ngebut kalau pakai Niagahoster!

Sudah Pakai Spesifikasi & Teknologi Terkini

Tidak terlalu sulit untuk mengoptimalkan kecepatan website ketika kita menggunakan layanan Niagahoster. Itu karena mereka sudah menggunakan spesifikasi terbaru pada server hosting mereka.

Spesifikasi unggulan yang mereka gunakan untuk menunjang performa, keamanan, dan juga kecepatan loading website, terutama untuk platform WordPress adalah:

  • LiteSpeed Web Server
  • WordPress Accelerator
  • HTTP/2, QUIC & BROTLI (Teknologi protocol dan kompresi terkini)
  • Network Speed 10Gig/s
  • Content Delivery Network (CDN gratis dari CloudFlare untuk mempercepat loading website)
  • Fitur sertifikat SSL gratis dari Let’s Encrypt
  • Imunify360, software security untuk proteksi website dari serangan DDoS dan malware.
  • CloudLinux
  • Penyimpanan SSD
  • cPanel (Control panel terbaik dan paling mudah digunakan saat ini)

Advertisement

Cara yang Kami Gunakan Untuk Mengoptimalkan Kecepatan Website di Server Shared Hosting Niagahoster

Pengunjung tidak suka website yang lambat. Loading website yang lebih dari 3 detik, akan berpotensi untuk ditinggalkan pengunjung. Inilah pentingnya untuk memperhatkan performa website. Karena Google juga menyukai website yang cepat ketika diakses. Algoritma Google akan memprioritaskan website yang cepat untuk bisa tampil di halaman pertama pencarian search engine.

Untuk itu, kami menerapkan beberapa trik mudah untuk mempercepat loading website WordPress. Berikut caranya:

1. Install Plugin LiteSpeed Cache (WordPress Accelerator)

Pertama, LiteSpeed Web Server akan semakin optimal jika kita padukan dengan WordPress Accelerator. Yaitu plugin official dari LiteSpeed untuk mengoptimalkan kinerja WordPress yang di dalamnya sudah terdapat beragam fitur optimalisasi cache engine.

2. Aktifkan Cache dan Minify CSS, JS, HTML

Kedua, aktifkan fitur caching dan optimalisasi. Salah satunya adalah Minify file css, javascript, dan juga html. Kecepatan website akan semakin bertambah, karena file tersebut akan dikompresi ukurannya menjadi lebih kecil untuk mengurangi beban loading.

3. Aktifkan CDN Gratis dari CloudFlare

Ketiga, buatlah akun CDN dan integrasikan dengan nameserver Niagahoster. CDN atau Content Delivery Network sangat berguna untuk mempercepat loading website. File statis akan tersimpan di server CDN, dan ketika ada pengunjung yang ingin mengakses, akan diarahkan ke server terdekat dari posisi negara yang mengaksesnya. Salah satu penyedia CDN gratis terbaik adalah CloudFlare.com. Cara instalasinya pun sangat mudah. Baca tutorialnya di sini.

4. Aktifkan SSL Gratis dari Let’s Encrypt

Keempat, aktifkan SSL gratis dari Let’s Encrypt. Fitur ini sudah tersedia di control panel Niagahoster. SSL wajib diaktifkan, karena Google akan menandai website yang tidak menggunakan SSL sebagai website yang tidak aman. Untuk tutorialnya bisa dibaca di sini.

5. Gunakan PHP Versi Terbaru

Kelima, gunakan PHP versi terbaru saat ini, yaitu PHP 7.3. Performa WordPress akan semakin meningkat karena juga sudah terintegrasi langsung dengan Brotli, sebuah teknologi compression terkini buatan Google.

6. Aktifkan Gzip Compression

Keenam, aktifkan Gzip Compression. Ini adalah teknologi kompresi untuk mengecilkan file resource website sehingga beban loading akan berkurang dan website akan semakin cepat untuk diakses. Walau sebenarnya Niagahoster sudah menggunakan teknologi yang lebih baru, yaitu Brotli buatan Google, yang diklaim lebih baik kompresinya daripada Gzip. Namun aktifkan saja, untuk meningkatkan skor di GTmetrix. Untuk cara mengaktifkannya, baca di sini.

Rasakan Perbedaannya

Setelah menerapkan 6 langkah mudah untuk mempercepat loading website tersebut, perubahannya akan sangat terasa. Performa website WordPress lebih menangkat, dan waktu loadingnya pun akan terasa lebih cepat.

Rekomendasi Teksnologi, Hosting Terbaik di Indonesia Saat Ini

Nah, untuk kamu yang mau membuat blog WordPress ataupun jenis website lainnya, tidak usah ragu untuk menggunakan Niagahoster. Karena kami sudah merasakannya sendiri bagaimana performa website kami yang bisa meningkat secara signifikan, padahal hanya menggunakan shared hosting dengan harga yang sangat terjangkau.

Silahkan coba Niagahoster di halaman ini.

Oh iya, untuk kamu yang mendaftar melalui link dari Teksnologi di artikel ini, kamu akan mendapatkan diskon sebesar 5% untuk beragam paket hosting dengan harga sangat terjangkau. Silahkan daftar melalui link ini.

Baca Juga: Meningkatkan Performa dan Kecepatan Website dengan QUIC dan HTTP/3

Leave A Reply

Your email address will not be published.