Aplikasi Favorit yang Biasa Digunakan Teksnologi.com

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kami ingin berbagi kepada pembaca teksnologi.com mengenai software favorit kami yang memang biasa kami gunakan untuk menunjang kegiatan menulis di blog ini.

Sebagai seorang blogger, tentu tidak cukup jika hanya mengisi konten yang ada di blog dengan tulisan saja. Adakalanya gambar dan screenshot perlu ditampilkan sebagai ilustrasi untuk bisa menggambarkan topik yang sedang dibahas. Dibalik itu, kami menggunakan berbagai macam software.

Lalu, Aplikasi Apa Saja yang Biasa Digunakan Teksnologi.com?

Berikut beberapa software yang biasa kami gunakan untuk menunjang kegiatan menulis di blog teksnologi.com.

Google Chrome

Di urutan pertama, Google Chrome adalah software favorit kami. Kami mengandalkan Google Chrome sebagai web browser utama untuk mengakses berbagai website yang ada di internet.

google-chrome

Alasan kami menggunakan Chrome adalah karena dukungan plugin/extension yang begitu banyak jika dibandingkan dengan web browser yang lain.

Sesuai namanya, Google Chrome adalah milik Google. Dan Google terkenal akan inovasi-inovasinya. Selain itu, Chrome juga dapat terintegrasi dengan produk-produk dari Google yang lainnya, seperti Bookmark, Gmail, Google Drive, AdSense, dsb. Sangat bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan kami.

Karena itulah kami menyukai Chrome karena fleksibilitasnya,

Namun, bukan berarti kami hanya menggunakan satu web browser. Kami juga menginstall web browser lainnya sebagai cadangan dan alternatif. Beberapa diantaranya adalah Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer. Terkadang kami juga mencoba-coba browser lainnya, walau tidak jarang juga kami meng-uninstallnya lagi.

Adobe Photoshop

Kami menggunakan Photoshop untuk mengolah dan mengedit gambar. Misalnya saja membuat logo, memberi watermark pada screenshot atau gambar tertentu.

Nantinya gambar yang sudah diedit dari Photoshop, kami gunakan sebagai thumbnail atau ilustrasi di dalam artikel.

Sekedar informasi, Photoshop sudah menjadi standar dalam industri desain grafis saat ini. Kemampuannya untuk memanipulasi foto memang tidak perlu diragukan lagi.

Kami punya artikel tentang software desain grafis. Jika Anda ingin belajar desain grafis, silahkan: Baca: Belajar Desain Grafis Untuk Pemula

AIMP: Audio Music Player

Terkadang kami juga butuh hiburan, karena kegiatan menulis memang sering kali membuat jenuh. Untuk itu, tidak jarang kami menulis artikel sambil mendengarkan musik.

aimp-audio-player

Dan pada kategori ini, AIMP adalah software pemutar musik favorit kami.

Hear

Masih berkaitan dengan audio player, namun Hear bukanlah software pemutar musik.

hear-audio-enhancher-software

Hear adalah software audio enhancher yang biasa kami gunakan untuk meningkatkan kualitas audio, salah satunya adalah meningkatkan suara bass.

PicPick

Untuk urusan mengambil screenshot, kami mengandalkan PicPick. Selain ringan dan gratis, software ini punya banyak fitur yang sangat berguna.

picpick-screenshot

Tidak hanya untuk mengambil screenshot, PicPick juga bisa digunakan untuk mengedit gambar dan memberi watermark.

Notepad++

Notepad++ (plus-plus) bukan sekadar notepad biasa. Berbeda dengan notepad bawaan Windows.

Notepad++ memang lebih dikususkan untuk programmer yang ingin menulis codingan dengan lebih mudah. Karena sudah mendukung Syntax Highlighter.

notepad-plus-plus

Sebagai seorang blogger, setidaknya harus mengetahui bahasa HTML (HyperText Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheet) sebagai salah satu source code di dalam website. Dan sering kali kami mengedit kode-kode tersebut di Notepad++.

SurfEasy VPN

SurfEasy adalah software vpn (virtual private network). Kami menggunakan software ini untuk mengakses website tertentu yang membutuhkan akses dari negara yang didukung.

Karena terkadang ada website yang memblokir akses dari negara-negara tertentu.

surfeasy-vpn

Karena dengan vpn, kita bisa dengan mudah mengubah alamat IP Address kita, misalnya yang sebelumnya dari Indonesia, bisa diubah menjadi negara lain, semisal Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dll. Alhasil, komputer kita akan terbaca sebagai orang asing.

Ingin tahu lebih jauh mengenai SurfEasy VPN, silahkan baca pada artikel berikut: [klik disini]

Internet Download Manager (IDM)

IDM adalah software download manager favorit kami, yang fungsinya tentu saja untuk mendownload file di internet dengan lebih mudah.

idm-internet-download-manager

IDM punya fitur yang bisa menstabilkan proses download dengan metode parallel, yang membagi file menjadi beberapa bagian untuk kemudian menyatukannya kembali setelah proses download selesai.

Sebenarnya ada software alternatif dari IDM yang gratis dan cukup bagus, yakni EagleGet Download Manager.

Audacity

Kami biasa menggunakan software Audacity untuk mengedit file audio. Entah itu memotong, atau menggabungkan file mp3 menjadi satu, Audacity cukup membantu.

audacity-audio-editor

Software ini juga didukung dengan berbagai plugin. Misalnya untuk meningkatkan dentuman suara bass, menghilangkan suara vokal, dll.

AMPPS

AMPPS adalah software untuk menjalankan aplikasi web server di komputer lokal (localhost).

Kami biasa menggunakan AMPPS untuk mendesain struktur halaman, mengedit, atau developing file-file website sebelum mengonlinekannya ke internet.

ampps

AMPPS terdiri dari beberapa aplikasi yang digunakan untuk keperluan menjalankan website, seperti: Apache (Web Server), MySQL (Manajemen Database), MongoDB (Alternatif Database), PHP, Perl dan Python (Bahasa Pemrograman).

Windows 10 Mail

Kami menggunakan aplikasi email client bawaan dari Windows 10 untuk mengelola email. Menggabungkan email dari gmail.com dengan akun email yang lain.

windows-10-mail

Punya lebih dari 10 akun email akan lebih efisien jika menggunakan aplikasi email client ketimbang login satu persatu ke akun email tersebut hanya untuk mengecek pesan masuk.

Karena dengan menggunakan aplikasi email client, kita bisa mengecek dan melihat pesan masuk di akun email yang berbeda secara bersamaan.

Android Emulator

Terkadang kami mencoba berbagai aplikasi dan game Android untuk me-review-nya terlebih dahulu sebelum membuat artikel yang berkaitan dengan Android.

android-emulator

Ada banyak software emulator Android yang beredar saat ini. Seperti BlueStacks, NOX, MEmu, Koplayer, AndroidLeap, Genymotion, Droid4x, Windroye, dan masih banyak lagi.

Namun dari beberapa emulator tersebut, yang menjadi favorit kami adalah NOX dan MEmu. Karena kedua emulator tersebut cukup stabil, fiturnya lengkap, ringan dijalankan, dan yang terpenting pihak developer-nya selalu melakukan pembaruan atau update secara berkala.

Bandizip

Jika dahulu software WinRAR dan WinZIP sangat populer untuk mengekstrak (extract) file berformat .zip ataupun .rar. Kini, kami tidak lagi menggunakan kedua software tersebut.

Sebagai gantinya, Bandizip adalah software favorit kami saat ini.

bandizipSalah satu kelebihan dari Bandizip adalah, selain gratis dan ringan, Bandizip juga mendukung banyak format untuk kategori archive file. Serta bisa menampilkan preview dari aplikasi yang ada di dalamnya.

Wise Care 365

Terlalu banyak mendownload file tanpa disadari bisa memenuhi isi hard disk. Terkadang dari sekian banyak file tersebut ada saja file-file yang tidak terlalu penting dan sudah tidak kita butuhkan lagi.

Aktivitas menginstall aplikasi juga sering kali meninggalkan berkas-berkas file yang bisa memenuhi registry Windows.

Seiring berjalannya waktu, struktur file dan folder bisa menjadi tidak beraturan, akibatnya komputer bisa berjalan semakin lambat alias lemot dalam membaca data.

wise-care-365

Untuk mengatasi itu, kami menggunakan produk-produk dari WiseCleaner.com. Salah satu yang cukup berguna adalah software bernama Wise Care 365. Dengan software tersebut, kita bisa membersihkan file-file sampah di Windows serta memperbaiki beberapa registry Windows yang error.

Penutup

Itu dia beberapa aplikasi atau software favorit kami yang biasa kami gunakan untuk kebutuhan bekerja di komputer.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang lain, namun intensitas penggunaannya tidak sesering aplikasi yang sudah disebutkan di atas. Atau mungkin akan kami bahas di lain waktu.

Jika Anda punya aplikasi favorit versi Anda sendiri atau yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sungkan untuk berbagi kepada pembaca yang lain melalui komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Advertisements

Baca juga artikel lainnya

Comments