Cara Menjadi Content Creator Untuk Menghasilkan Uang dari Internet

Maraknya penggunaan media sosial dan internet di era digital ini, memunculkan beragam profesi baru yang berkaitan dengan bidang ini. Salah satunya adalah profesi Content Creator.

Istilah “content creator” cukup populer untuk menggambarkan sebuah profesi masa kini untuk menghasilkan uang dari internet.

Apa itu Content Creator?

Istilah content creator atau si pembuat konten, adalah sebuah pekerjaan yang berkaitan erat dengan bidang industri kreatif.

Content creator punya tujuan yang beragam. Ada yang bertujuan untuk menghibur, mengedukasi masyarakat, atau bahkan untuk memasarkan produk alias jualan.

Content creator biasanya akan menghasilkan suatu karya terutama dalam bentuk media digital. Beberapa profesi atau keahlian yang berkaitan dengan content creator, misalnya:

  • Vlogger/Youtuber
  • Blogger
  • Fotografer & Videografer
  • Video editor
  • Writer
  • Copy Social Media
  • Desainer grafis
  • Dan masih banyak lagi pembuatan konten lainnya yang berkaitan dengan industri kreatif.

Pekerjaan ini cukup diminati oleh anak muda di era saat ini. Karena pekerjaan ini bisa dilakukan hanya dari rumah, atau bahkan di dalam kamar melalui handphone atau perangkat komputer dengan koneksi internet.

Berbekal ide kreatif atau gagasan yang kita punya, kita bisa menghasilkan sebuah karya di media digital. Bahkan, bisa dilihat oleh orang di seluruh dunia melalui media internet.

Untuk Menjadi Content Creator yang Kece, Kamu Perlu Menguasai Skill Ini.

Menjalankan suatu profesi akan lebih menyenangkan jika dijalankan sesuai dengan hobi atau passion kita. Untuk itu, ketahui terlebih dahulu bakat dan minatmu itu di bidang apa?

Intinya, pilih dan lakukan apa yang kamu suka. Karena kalau kamu sudah menyukainya, kamu akan selalu semangat untuk menjalaninya. Rasa lelah pun tidak akan terasa dan tidak menjadi halangan.

Untuk menjadi content creator, kita perlu menguasai beberapa keahlian. Keahlian ini akan bisa menjadi sebuah profesi yang cukup menarik sekaligus media untuk menyalurkan bakat dan hobi yang kita punya. Diantaranya adalah:

Jadi Youtuber atau Vlogger

Kamu juga bisa menjadi seorang Youtuber. Saat ini, Youtuber menjadi profesi idaman kaum muda milenial. Bekerja di bidang ini sangat seru, karena segala prosesnya bisa tetap dinikmati, terutama karena Youtube ini sifatnya adalah sebagai media hiburan.

Cukup buat channel Youtube-mu dan mulailah untuk membagikan aktivitasmu yang menarik. Audiens atau penonton di Youtube itu juga sangat luas.

Banyak hal yang bisa kamu jadikan konten untuk mengisi channel Youtube kamu. Misalnya:

  • Kalau kamu hobi masak, kamu bisa membuat video tentang masak.
  • Kalau kamu suka olahraga, kamu juga bisa mendokumentasikan kegiatan olahragamu di Youtube.
  • Kalau kamu suka bernyanyi, kamu juga bisa mengcover lagu yang sedang tren saat ini.
  • Kalau kamu suka traveling atau hobi jalan-jalan, kamu bisa mendokumentasikan kegiatan liburanmu.
  • Kalau kamu suka menggambar, kamu bisa memamerkan bakatmu sekaligus membagikan tutorialnya.
  • Atau kalau kamu orangnya pede alias punya tingkat percaya diri yang tinggi untuk tampil di depan kamera, kamu bisa menjadi seorang vlogger.

Dan itu baru hanya sebagian kecilnya saja, karena masih sangat banyak sekali bidang lainnya yang bisa kamu jadikan konten di Youtube.

Tips sukses di Youtube yang terpenting adalah kamu harus rajin membuat konten secara berkala dan konsisten. Setidaknya, kamu buat 1 video baru yang menarik setiap minggunya. Tentunya, kamu harus punya kameranya ya.

Ingat! Youtube ini adalah media hiburan. Jadi jangan membandingkan channel kamu yang baru lahir dengan channel yang sudah terkenal. Jadikan itu sebagai sumber inspirasi untuk mulai berkarya.

Kamu tidak harus membuat konten video yang terlihat “wah” dan profesional hanya untuk mendapatkan view. Ingat sekali lagi, Youtube adalah media hiburan, setidaknya walau dengan peralatan yang terbatas, kamu tetap bisa membuat penontonmu merasa terhibur. Itu kuncinya. Buat penontonmu terhibur atau bagikan sesuatu yang bermanfaat. Dengan begitu, mereka akan ketagihan dan selalu menunggu video-video baru darimu.

Jadi Blogger atau Content Writer

Menjadi seorang blogger bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu suka menulis. Untuk menjadi seorang blogger, setidaknya kamu harus punya website. Di website atau blog inilah tempat bagi kamu untuk menuangkan ide dan gagasan melalui tulisan.

Kamu bisa berbagi informasi, membuat tutorial, atau membahas hal yang menarik dan kamu kuasai.

Asiknya punya blog itu adalah orang akan bisa membaca artikelmu tanpa harus kamu beritahu atau promosikan. Kok bisa? Iya bisa.

Orang yang sedang mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google, akan bisa masuk ke website kamu jika artikelmu bisa muncul di halaman pertama Google Search. Triknya sederhana, tulis saja informasi bermanfaat dengan kata kunci atau keyword yang banyak dicari orang di blog atau website-mu itu. Pasti akan ada banyak orang yang berkunjung ke blog kamu nantinya.

Baca Juga: Panduan Membuat Website Untuk Pemula

Lalu, bagaimana cara mendapatkan penghasilan melalui blog atau website kamu tersebut?

Kamu bisa mendapatkan uang dari blog kamu. Daftarkan saja blog kamu ke Google Adsense. Setelah diterima, kamu bisa menampilkan iklan-iklan dari Google Adsense di blog kamu. Kamu akan mendapat uang setiap kali ada orang yang mengklik iklan yang tayang.

Untuk bisa gajian dari Google Adsense, minimal saldo kamu telah mencapai $100. Nanti otomatis pihak Google akan mentrasfer uangnya ke alamat rekening bank kamu setiap tanggal 21. Atau kamu juga bisa mengambilnya di kantor pos melalui Western Union. Keren kan?

Tipsnya, kemas tampilan website-mu dengan desain yang menarik dan enak dipandang. Tampilkan juga informasi kontak-mu, seperti nomor telepon atau email kamu. Dengan begitu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan di luar Google Adsense. Pengiklan dari berbagai pihak atau perusahaan biasanya akan datang dengan sendirinya untuk menghubungi kamu jika menurut mereka website-mu itu punya value yang menarik.

Ini adalah pengalaman kami, yang memang sudah kami buktikan sendiri di blog Teksnologi.com ini. Jadi, mungkin kamu bisa mengambil contohnya di website ini, pelajari saja apa yang sudah kami sajikan ya.

Kalau sudah di tahap ini, walau kamu tinggal tidur pun, uang akan tetap masuk setiap harinya. Asyik kan?

Jadi Fotografer Sekaligus Video Editor

Konten video saat ini memang lagi populer banget. Bahkan mungkin ngga ada matinya deh sampai di era masa depan.

Jadi video editor juga penting di era digital ini. Misalnya kamu suka traveling atau jalan-jalan sama teman. Kamu bisa buat dan edit sendiri video dokumentasinya. Hasil akhirnya, bisa kamu upload di akun sosmed kamu. Atau kamu juga bisa upload ke Youtube sekaligus jadi Youtuber. Dijamin deh, akan ada kepuasan tersendiri ketika kamu bisa mengabadikan momen tersebut dan menjadikannya sebagai sebuah visual film sesuai kreativitasmu.

Pelajari saja software Adobe Premiere Pro dan juga Adobe Affter Effects. Kedua software ini sangat populer karena tersedia banyak tutorial dan berbagai plugin yang bisa kita gunakan.

Selain itu, konten video juga sangat erat kaitannya dengan kegiatan fotografi. Alangkah baiknya, kamu juga mempelajari bidang ini. Hasil fotomu bisa kamu bagikan di akun medsos populer seperti Instagram. Kalau kamu rajin upload karyamu yang menarik itu, dijamin followers-mu akan terus meningkat yang tentunya potensi untuk mendapatkan endorse dan pengiklan akan semakin bertambah.

Baca Juga: Tips Videografi: Cara Membuat Video “Cinematic”

Jadi Desainer Grafis

Ini juga bisa jadi profesi yang menarik. Kamu tambah keren jika punya skill ini. Bayangkan kalau kamu bisa membuat desain logo, brosur, template, spanduk, banner, atau bahkan manipulasi foto. Kamu bisa menjual kemampuanmu ini.

Pelajari software Adobe Photoshop, kuasai beragam fungsi toolnya melalui praktek sehari-hari. Sekadar informasi, kami menggunakan software ini untuk mendesain semua gambar yang ada di artikel ini. Di bawah ini adalah contoh tampilan program Adobe Photoshop.

Kamu bisa mengikuti tutorial yang ada di Youtube atau di berbagai website. Perlahan sedikit demi sedikit kamu akan terbiasa. Kemudian pelajari juga software Adobe Ilustrator untuk mengkombinasikannya satu sama lain.

Oh iya, kami juga punya artikel tentang belajar desain grafis untuk kalangan pemula. Baca artikelnya di bawah ini ya:

Silahkan luangkan waktumu untuk membaca beberapa artikel di atas. Info ini mungkin bisa sedikit menambah pengetahuanmu tentang desain grafis.

Kesimpulan

Rasanya semua keahlian tersebut wajib dimiliki jika kamu ingin masuk ke industri kreatif. Apalagi ini adalah eranya digital, sebaiknya pelajari semuanya. Memang, tidak harus menjadi ahli di semua bidang, namun setidaknya kita bisa memahami dan menguasai skill yang beragam itu.

Kalau semuanya bisa kamu kuasai, kamu akan bisa membangun branding-mu sendiri tanpa harus ketergantungan untuk selalu meminta bantuan orang lain. Dengan cara inilah, kamu bisa mengembangkan konten secara mandiri sesuai dengan kreativitasmu sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu, skill atau kemampuanmu akan terus meningkat untuk menghasilkan sebuah karya yang “menjual”. Nah, di titik inilah, kamu akan bisa menikmati bagaimana rasanya menjadi content creator sukses yang bisa menghasilkan uang dari media internet. Bahkan, uang akan tetap mengalir ke rekeningmu walaupun kamu sedang tidur. 🙂

Semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.