Fitur Baru Android 12 (Update Oktober 2021)

Fitur-fitur terbaru dari Android 12 versi Beta telah diumumkan oleh Google pada Mei 2021. Namun karena masih dalam versi Beta atau percobaan, maka belum banyak fitur yang diumumkan ke publik.

Saat ini, Android 12 telah resmi dirilis oleh Google.

Selain membawa beberapa perubahan pada desain UI, pihak Google juga menghadirkan banyak fitur terbaru di Android 12.

Advertisement

Berikut beberapa fitur baru yang hadir di Android 12:

Material You

fitur-baru-android-12-material-you

Tampilan Android 12 mendapatkan perubahan besar pada sisi desain. Element seperti warna, shape, light, dan animasi motion juga mengalami pembaruan.

Sehingga tampilan UI dari Android 12 kini terlihat menjadi lebih ekspresif, dinamis, dan lebih personal daripada sebelumnya.

Pengguna bisa mengkustomisasi warna menggunakan custom color palette. Sistem juga dapat mengekstraksi warna dari wallpaper dan menjadikannya aksen warna yang lebih dominan sebagai tema.

Privacy Dashboard

Dengan Privacy Dashboard, pengguna bisa mengetahui hak akses apa saja yang digunakan oleh suatu aplikasi dalam menggunakan data di smartphone kita.

Sehingga jadi lebih transparan karena kita bisa mengontrolnya dengan mudah. Kita bisa mengatur izin akses atau permission suatu aplikasi untuk melindungi privasi dan informasi pribadi.

Google TV Remote

fitur-baru-android-12-google-tv-remote.jpg

Perangkat Android 12 akan bisa digunakan sebagai remote virtual untuk Google TV.

Pengguna akan bisa mengontrol Google TV menggunakan smartphone untuk:

  • Navigasi layar TV
  • Mengontrol media
  • Menyalakan atau mematikan TV
  • Mengaktifkan Google Assistant
  • Mengubah volume
  • Memasukkan teks untuk melakukan penelusuran atau memasukkan informasi login

Android Auto

fitur-baru-android-12-android-auto

Android Auto menghadirkan fitur hiburan di dashboard mobil.

Selain mendapatkan penunjuk arah jalan dan navigasi, pengguna juga bisa menikmati fitur entertainment dengan lebih cepat dan mudah seperti memutar musik, memainkan game, atau menggunakan Google Assistant.

Fitur Safely press membantu pengguna yang sedang dalam perjalanan untuk mendapatkan informasi berita, podcast, dan musik yang dipersonalisasi.

Untuk kendaraan yang sudah didukung, pengguna bisa membuka kunci mobil dengan menggunakan NFC dan UWB langsung dari smartphone.

Camera Switch (Kontrol Smartphone dengan Gerakan Mata dan Wajah)

Google menghadirkan fitur baru bernama Camera Switch di Android 12.

Fungsinya adalah agar pengguna yang mengalami kesulitan bicara dan gangguan motorik, bisa menggunakan gerakan mata dan wajah mereka untuk mengoperasikan Android di smartphone mereka.

Fitur aksesibilitas ini mengandalkan kamera depan untuk mempelajari setiap gerakan mata dan wajah yang sudah disetting sebelumnya melalui menu Switch Access.

Fitur ini tersedia secara serentak mulai 30 September 2021.

Advertisement

Project Activate

fitur-baru-android-12-project-activate

Masih berkaitan dengan Camera Switch, fitur Project Activate ini akan sangat membantu penyandang disabilitas yang mengalami kesulitan/tidak dapat bicara atau mengalami kondisi neurologis.

Project Activate bisa memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan Android, mengirim SMS, memberitahu pengasuh, menggunakan perangkat pengaktif suara, hingga memungkinkan memberi “sinyal” tertawa kepada teman atau orang terdekat hanya dengan senyuman atau gerakan mata ke arah atas.

Lookout Update

fitur-baru-android-12-lookout

Lookout memudahkan pengguna yang memiliki gangguan penglihatan atau kebutaan untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Misalnya untuk menyortir surat, memilih bahan makanan, dan lain-lain.

Update terbaru ini menghadirkan 2 fitur yang paling banyak diminta (request), yaitu:

  • Handwriting recognition (pengenalan tulisan tangan)
  • Currency recognition (pengenalan mata uang untuk dolar, euro, dan rupee)

Heads up

fitur-baru-android-12-heads-up

Fitur ini akan mengingatkan pengguna apabila wajah mereka fokus menatap layar smartphone ketika sedang berjalan untuk menghindari kecelakaan di jalan.

Android Assistant reminder hub

fitur-baru-android-12-android-assistant-reminder

Di rumah atau di perjalanan, melacak daftar tugas Anda menjadi lebih mudah. Fitur pengingat yang berulang akan memberi tahu Anda pada saat yang tepat. Cukup ucapkan “Ok Google, ingatkan saya untuk membersihkan kamar di Minggu malam”. Anda dapat mengelola pengingat di hub dengan meminta Google dengan perintah suara “Tampilkan pengingat saya”.

Waze di Android Auto

fitur-baru-android-12-waze-android

Waze di Android Auto telah didesain ulang untuk mengakomodasi peta dan petunjuk terlebih dahulu, sehingga pengguna dapat berkendara tanpa gangguan. Pengguna juga akan mendapatkan panduan jalur, dukungan touchpad, dan night mode (mode malam) untuk pengalaman berkendara yang lebih lancar dan aman.

Update GBoard dan Emoji Baru

android 12 gboard emoji stickers

Google menambahkan lebih dari 1500 stickers di aplikasi keyboard buatan Google yaitu GBoard.

Pengguna juga mendapatkan lebih banyak pilihan emoji baru. Emoji baru yang hadir adalah Kitchen (dapur).

Fitur GBoard juga semakin canggih. Ketika pengguna menyalin teks, nomor telepon, email, alamat, atau URL website, maka GBoard akan secara otomatis mendeteksi dan membaginya menjadi opsi tersendiri. Sehingga kita bisa memilih informasi yang menurut kita paling penting.

android 12 gboard

Selain itu, ketika pengguna membuka aplikasi messaging setelah melakukan screenshot di layar, maka GBoard akan menampilkan screenshot tersebut dan memberikan saran ke pengguna jika ingin membagikannya ke dalam pesan chat.

Batasi Pengguna yang Terhubung di Nearby Share

Kita bisa membatasi siapa saja user yang dapat terhubung ke smartphone kita, menemukan perangkat kita, ataupun mengirimkan file.

Terdapat menu pilihan di Nearby Share, seperti Semua orang, hanya kontak, atau tidak dengan siapapun.

Locked Folder

Fitur ini dapat mengunci folder dan menyembunyikan file foto atau video yang ada di dalamnya. Sehingga ketika pengguna melakukan scrolling di aplikasi Google Photos, mereka tidak akan melihatnya.

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept