Cara Convert FLV ke MP4 dengan Mudah dan Cepat

FLV merupakan singkatan dari Flash Video. Jenis file FLV bisa kita temukan dengan mudah ketika kita mendownload video live streaming dari internet. Misalnya melalui media sosial, seperti YouTube, TikTok, maupun website sejenis.

Siaran live streaming, bisa kita download menggunakan software IDM (Internet Download Manager) di komputer Windows. Hasil download inilah yang biasanya disimpan ke dalam format .FLV tersebut.

Kekurangan FLV

Advertisement

Saat ini, hampir semua aplikasi media player bisa memutar FLV, akan tetapi tidak semulus ketika memutar file MP4.

Biasanya ketika kita ingin mempercepat video FLV dengan skip ke durasi tertentu, akan ada sedikit delay yang terkesan seperti “lag”.

Permasalahan lainnya, biasanya pada video FLV akan ada tambahan durasi video di luar dari video aslinya. Sayangnya durasi yang bertambah tersebut hanya berisi video kosong (blank video) yang tentunya perlu kita “buang”.

Misalnya video asli dari streaming adalah 27 menit, tetapi ketika sudah menjadi FLV terkadang durasinya bertambah menjadi 50 menit. Padahal tambahan sisanya hanya video berlatar hitam kosong.

Convert FLV ke MP4

Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah dengan mengkonversi file FLV ke MP4 (convert).

Dengan begitu, durasi video yang kosong (blank hitam) yang ada pada FLV akan bisa terpotong secara otomatis ketika sudah diconvert ke MP4.

Tanpa perlu kita edit/cut secara manual melalui aplikasi video editor.

Selain itu, file MP4 juga akan lebih kompatibel dengan berbagai macam perangkat mobile. Jadi akan bisa dibuka dengan mudah di perangkat smartphone yang kita miliki.

Free FLV Player

Salah satu software yang cukup bagus yang memiliki kriteria seperti di atas adalah software bernama “Free FLV Player.

Sesuai namanya, software ini bisa kita gunakan secara gratis. Selain bisa memutar file FLV, software ini juga mampu mengkonversi file FLV ke format MP4. Bahkan juga bisa convert ke MP3 dan juga AVI.

Sebenarnya ada banyak software FLV converter di luar sana. Namun software ini mempunyai kelebihan tersendiri, yaitu mampu mempotong durasi video kosong (blank hitam) yang biasanya muncul di bagian akhir video.

Sehingga kita tidak perlu mengeditnya lagi.

Advertisement

Selain itu software ini juga terbilang sangat cepat dalam memproses filenya.

Durasi video yang berjam-jam bisa dikonversi hanya dalam hitungan detik!

Sangat simple, bisa menghemat waktu yang kita miliki.

Cara convert FLV ke MP4 menggunakan software ini sangat mudah.

Jalankan software Free FLV Player, pilih menu Converter >pada bagian Source, pilih lokasi file FLV yang ingin dikonversi. Lalu pada bagian Convert for, pilih MP4.

Bagian Destination adalah lokasi di mana file MP4 tersebut disimpan. Boleh disamakan saja dengan lokasi Source.

Kemudian tekan Convert dan tunggu prosesnya selesai.

Oh iya, karena umumnya file FLV terdapat tambahan durasi video kosong (blank hitam), maka biasanya software ini akan terlihat seperti loading tanpa selesai. Hanya menampilkan tulisan “Converting. . .”.

Triknya cukup mudah, apabila proses loading berhenti, itu menandakan proses convert sudah selesai. Tinggal klik saja tombol close (X) untuk menutup aplikasi.

Apabila muncul pesan konfirmasi, klik tombol Yes.

Bisa dilihat, pada file FLV durasi video terbaca 57 menit 31 detik. Padahal aslinya hanya berdurasi 16 menit 27 detik. Sisa file tersebut adalah video kosong (blank hitam) yang tidak kita butuhkan.

Untungnya, software Free FLV Player ini bisa mengatasinya, yaitu dengan cara mengklik tombol Close seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Hasil konversi berupa file MP4 akan bisa langsung dimainkan.

Bagaimana, ingin mencobanya juga?

Download Free FLV Player

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept