Happy New Year 2023

Meningkatkan Kualitas Gambar Foto Otomatis dengan Software AI Upscayl (Gratis dan Open Source)

Saat ini ada beragam software dan juga web tool berbasis online yang menawarkan layanan untuk meningkatkan resolusi dan kualitas ketajaman gambar atau foto secara otomatis dengan menggunakan teknologi AI.

Beberapa di antaranya memang ada yang gratis, namun rata-rata hanya menyediakan fitur tertentu dengan batasan hanya untuk beberapa gambar saja. Selebihnya kita harus membeli atau berlangganan fitur premiumnya jika ingin menggunakannya untuk memproses gambar yang lebih banyak.

Nah, ada alternatif serupa tetapi menawarkan fiturnya secara gratis dalam bentuk software/aplikasi yang bisa digunakan secara offline untuk sistem operasi Windows, Linux dan MacOS.

Upscayl merupakan software yang berguna untuk meningkatkan kualitas ketajaman gambar dan foto secara otomatis dengan menggunakan teknologi AI (kecerdasan buatan).

Software ini gratis dan proyeknya dikembangkan secara open source. Sehingga siapa saja dapat menggunakan dan memodifikasinya secara bebas.

Menariknya, software ini sudah cross-platform, sehingga dapat digunakan untuk sistem operasi berbasis Linux, MacOS dan juga Windows.

Menurut developer di halaman GitHub-nya, software ini dikembangkan atas dasar mengedepankan filosofi dari Linux, sehingga akan lebih memprioritaskan build-nya untuk OS Linux. Meskipun memang mereka juga masih mendukung platform lainnya.

Berikut ini adalah contoh gambar dengan resolusi medium dengan lebar (300-400 pixel) yang ditingkatkan menggunakan software Upscayl:

Dan ini gambar dengan resolusi rendah (lebar 150 pixel):

Resolusi sangat rendah (75 pixel):

Terlihat bahwa software ini bisa meningkatkan kualitas foto yang blur menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Upscayl menggunakan algoritma dari Real-ESRGAN-ncnn-vulkan, sehingga untuk dapat menggunakan software ini dengan lancar, membutuhkan VGA/GPU yang kompatibel dengan Vulkan. Sedangkan bagi yang masih menggunakan iGPU (vga internal) kemungkinan besar tidak dapat berfungsi.

Tersedia beberapa pilihan tipe upscaling yang didukung, seperti: General Photo (ESRGAN/REMACRI), Ultramix Balanced, Ultra Sharp, Sharpen Image, hingga Digital Art.

Hasil gambarnya bisa di-export ke format PNG, JPG, dan WebP.

Upscayl tersedia gratis untuk OS Linux, Windows dan juga MacOS.

Leave A Reply

Your email address will not be published.