ilustrasi-forum-kaskus

Kalau kamu kaskuser, kamu pasti tahu dong kalau Kaskus adalah komunitas forum terbesar di Indonesia. Dulu awalnya Kaskus juga dibuat dengan menggunakan engine forum yang bukan dikembangkan oleh mereka sendiri loh. Melainkan membeli lisensi dari layanan forum milik vBulletin.

Namun sekarang Kaskus sudah jauh berkembang, dan kini pihak Kaskus mengklaim bahwa mereka sudah mengembangkan engine forum mereka sendiri dan tidak lagi menggunakan vBulletin.

Bagi kamu yang berkeinginan untuk membuat website yang bertemakan forum diskusi online seperti halnya Kaskus, tapi bingung menentukan mana yang pas dengan konsep yang kamu inginkan, jangan khawatir. Karena disini kita akan bahas mengenai kumpulan engine atau script CMS (Content Management System) forum yang paling banyak digunakan di internet.

Baca Juga: Belajar Cara Membuat Website Sendiri

Yang pasti list forum yang akan kita tampilkan disini adalah forum dengan lisensi yang GRATIS dan OPEN SOURCE namun juga memiliki keunikan fitur yang khas dari segi tampilan, maupun juga dukungan komunitasnya.

Apakah Forum-forum Tersebut Sudah Mendukung Tampilan Desain yang Responsive?

Jawabannya ada yang iya, ada juga yang tidak. Pesatnya perkembangan dalam dunia website memang menuntut setiap website untuk memiliki tampilan desain yang responsive. Maksudnya, tampilan website akan bisa secara otomatis menyesuaikan ketika dibuka pada platform yang berbeda, entah itu di layar smartphone, tablet, laptop, atau PC desktop.

Langsung saja, berikut ini list software forum terbaik yang gratis dan open source:

1. MyBB (Desain Responsive, Terpisah)

MyBB adalah salah satu dari sekian banyak engine forum open source yang paling banyak digunakan di internet, terutama forum-forum di Indonesia. Kemudahannya untuk mengedit template mungkin menjadikannya cukup populer saat ini.

Tidak perlu diragukan lagi, sudah banyak komunitas dari pengguna forum ini, baik di luar negeri maupun di Indonesia. Jadi sangat mudah jika ingin mencari bantuan untuk bertanya seputar fitur dan pengembangan dari MyBB ini. Salah satu website forum komunitas MyBB Indonesia adalah mybbindonesia.com dan mybb-id.com.

mybb-forum-screenshot-demo

Official Website Live Demo

 

2. phpBB (Desain Responsive)

phpBB juga tidak kalah populer dengan rivalnya MyBB. phpBB memiliki komunitas yang sangat banyak dan aktif untuk saling berkontribusi hingga memberikan dukungan kuat (support) di forum mereka. Memiliki fitur yang juga sangat lengkap seperti halnya MyBB.

Hanya saja dari beberapa testimoni oleh para pengguna, phpBB memiliki tampilan yang sedikit menyulitkan untuk dimodifikasi. Namun di versi terbarunya ini, pihak phpBB mengklaim bahwa pengguna akan lebih mudah untuk melakukan kustomisasi dan modifikasi tampilan forum mereka.

phpbb-forum-screenshot-demo

Official Website Live Demo

 

3. SMF (Simple Machines Forum) (Responsive, Terpisah)

SMF dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam hal kustomisasi. Meskipun mengusung kata “sederhana”, namun fiturnya juga tidak kalah lengkap dengan forum-forum diatas. Komunitas dari forum ini juga cukup banyak. Akan tetapi masih belum terlalu banyak di Indonesia jika dibandingkan dengan phpBB, dan MyBB. Tetapi ada juga beberapa website forum populer di Indonesia yang menggunakan SMF, salah satunya adalah forum antivirus Smadav (smadaver.com).

smf-forum-screenshot-demo

Official Website Live Demo

 

4. bbPress (Desain Responsive)

bbPress adalah CMS forum yang juga dikembangkan oleh developer yang sama dari WordPress.org. Karena bbPress dibuat oleh pengembang yang sama dengan WordPress.org, maka forum ini dapat langsung terintegrasi dengan blog WordPress.org.

Jika kamu punya blog dari Wordpress.org, kamu bisa dengan mudah menginstall bbPress ini sebagai plugin di blog WordPress kamu. Namun untuk kategori forum, kepopuleran bbPress belum bisa semulus WordPress sebagai engine utamanya, padahal masih dalam satu produk yang sama. Mungkin karena desain dan fitur bawaan dari bbPress ini yang masih sangat sederhana (masih jarang digunakan oleh forum yang berskala besar).

bbpress-forum-screenshot-demo

Official Website Live Demo

 

5. esoTalk (Desain Tidak Responsive)

Script Forum ini memiliki antarmuka yang sangat sederhana, namun tetap terlihat modern dan elegan. esoTalk sangat cocok bagi kamu yang menginginkan kesederhanaan pada tampilan namun juga tidak ingin dibilang ketinggalan jaman. Sayangnya, saat ini esoTalk sendiri sudah dihentikan pengembangannya. Jadi memang sudah tidak disarankan lagi untuk menggunakan fasilitas forum yang satu ini.

Sebagai penggantinya, developer dari esoTalk mengembangkan software penerusnya yang dinamai dengan Flarum. Kabar baiknya, pengguna lama yang masih menggunakan esoTalk dapat bermigrasi ke Flarum dengan mudah. Sekilas mengenai Flarum, silahkan baca kelanjutannya dibawah ini.

esotalk-forum-screenshot-demo

Official Website Live Demo

 

6. Flarum (Penerus esoTalk) (Desain Responsive)

Flarum hadir sebagai suksesor dari esoTalk. Mengusung konsep sebagai forum modern yang meninggalkan unsur forum tradisional. Flarum memiliki tampilan yang sederhana, fresh, namun tetap terlihat elegan. Tidak ketinggalan, desain dari Flarum juga sudah memiliki tampilan yang responsive.

Ketika ditulisnya artikel ini, Flarum sendiri masih dalam status BETA atau tahap percobaan. Sehingga fitur dan komunitasnya masih belum terlalu banyak.

flarum-forum-screenshot-demo

 

Official Website Live Demo

 

7. Vanilla Forums (Responsive, Terpisah)

Vanilla Forums awalnya mengusung tipe forum dengan konsep yang “simple”. Namun dari waktu ke waktu ternyata pengembangannya cukup pesat. Terlebih Vanilla Forums  memiliki fitur khas yang tidak dimiliki oleh engine forum lainnya. Dari sekian banyak forum gratis dan open source yang sudah dibahas diatas, Vanilla memiliki fitur yang bisa dibilang sudah meninggalkan imej forum tradisional. Tersedia Vanilla Hosted Version dengan teknologi cloud dan Open Source Version.

Vanilla Forums juga sangat bersahabat untuk para pemula. Webiste komunitasnya memiliki tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Jika ingin mengajukan pertanyaan juga sangat mudah, staff forum dan developer juga selalu membantu untuk memberikan solusi.

Yang menariknya lagi, Vanilla Forums di desain agar memiliki struktur yang SEO friendly. Terlihat dari struktur URL permalink yang diambil langsung dari title pada thread secara otomatis pada saat user memposting thread baru. Permalink-nya sudah mengandung keyword. Didukung juga dengan banyak plugin menjadikannya semakin kuat.

vanilla-forum-screenshot-demo

Official Website Live Demo

 

 Alternatif Lain

Selain dari list diatas, sebenarnya masih banyak sekali engine forum yang gratis dan open source yang beredar di internet. Namun, dari sekian banyaknya, diantaranya masih kurang populer, apalagi update dan pengembangannya sangat lambat. Diantaranya adalah: FUDForum, MiniBBFluxBB, PunBB, NearForums, Joomla Forum, Drupal Forum, dan masih banyak lagi

Script CMS Forum Open Source dan Gratis yang Dibangun Selain Menggunakan Bahasa PHP

Nah, jika sebelumnya kita sudah membahas beberapa engine forum populer yang kebanyakan menggunakan bahasa pemrograman web berbasis PHP, maka selanjutnya pada sesi ini kita akan bahas engine forum yang open source dan gratis namun juga tidak kalah dengan yang sudah dibahas diatas. Bahkan beberapa forum-forum yang akan dibahas dibawah ini adalah “forum next generation” dengan desain yang modern.

1. Discourse (Desain Responsive)

Berbeda dari kebanyakan forum tradisional, Discourse adalah forum dengan konsep yang modern. Memiliki desain bawaan yang sudah responsive (ketika dibuka melalui perangkat mobile, tampilan website akan menyesuaikan otomatis sesuai dengan ukuran layar monitor). Namun, Discourse tidak dikembangkan dengan bahasa PHP, melainkan menggunakan Ruby on Rails, Redis dengan PostgreSQL sebagai database-nya.

discourse-forum-screenshot-demo

Official Website Live Demo

 

2. NodeBB (Desain Responsive)

NodeBB memiliki desain yang juga sudah responsive. Berbeda dengan kebanyakan forum, NodeBB awalnya memiliki tampilan forum yang modern dengan desain grid mirip seperti tampilan Pinterest. Namun di versi terbaru ini tampilan desainnya sudah dirombak total, yang sayangnya jadi malah terkesan mirip dengan forum lainnya.

Hampir sama seperti Discourse, NodeBB dikembangkan tidak dengan bahasa PHP, melainkan menggunakan Redis dan MongoDB sebagai database-nya.

nodebb-forum-screenshot-demo

Official Website Live Demo

 

Lalu, Mana yang Terbaik?

Setiap script CMS atau software forum diatas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak bisa untuk langsung kita katakan mana salah satunya yang terbaik. Namun, setiap script forum tersebut juga memiliki fitur uniknya tersendiri yang mungkin tidak dimiliki oleh yang lainnya, termasuk juga bagaimana tampilannya. Jadi pilihlah yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.