YouTube Kids: Tontonan Aman Untuk Balita dan Anak Di Bawah Umur

YouTube telah menjadi media hiburan yang juga bisa digunakan untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan penggunanya. Tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa saja, tetapi YouTube juga punya segmentasinya tersendiri khusus untuk anak-anak di bawah umur dan balita, yaitu YouTube Kids.

YouTube Kids adalah aplikasi YouTube dengan tayangan video yang aman ditonton untuk keluarga, terutama bagi anak di bawah umur.

aplikasi-youtube-kids-aman-untuk-anak

Advertisement

YouTube Kids bisa menjadi solusi bagi para orang tua yang ingin memberikan hiburan sekaligus edukasi untuk anak-anak dan balitanya di rumah tanpa harus khawatir dengan konten yang akan disajikan.

Aplikasi YouTube Kids berbeda dengan YouTube biasa. Kita bisa menginstallnya secara terpisah dari Google Playstore. YouTube Kids tersedia untuk perangkat Android TV, tablet, dan juga smartphone.

Konten YouTube Kids Telah Difilter dan Ditinjau Oleh Tim YouTube

konten-youtube-kids-aman-untuk-anak-dan-balita

Alasan yang membuat YouTube Kids menjadi tontonan yang “ramah” dan aman bagi anak di bawah umur adalah karena adanya filter otomatis yang dikerjakan oleh sistem. Selain itu, Tim YouTube juga secara aktif meninjau setiap video secara manual untuk memastikan bahwa konten video yang akan ditampilkan cocok untuk anak-anak.

Kita bisa memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kedua opsi tersebut. Jika tidak ingin khawatir, tinggal aktifkan saja opsi video yang memang sudah diverifikasi oleh tim YouTube supaya aman.

Level Konten Berdasarkan Usia

Ada juga fitur untuk memilih level konten berdasarkan usia anak. Terdapat tiga pilihan kategorinya di sini, yaitu:

  • Prasekolah, untuk usia 4 tahun ke bawah
  • Lebih muda, untuk usia 5-7 tahun
  • Lebih dewasa, untuk usia 8-12 tahun
video-youtube-untuk-anak-anak

Dengan memilih tingkatan usia, maka sistem YouTube hanya akan merekomendasikan konten video yang kiranya cocok dengan rentang usia yang dipilih.

Bisa Kontrol, Blokir, dan Membatasi Waktu Menonton Video

bisa kontrol video youtube

Orang tua juga bisa mengontrol konten video melalui aplikasi YouTube Kids.

Kita bisa memilih konten apa yang ingin ditonton ataupun bisa juga memblokir video yang tidak kita inginkan. Tersedia fungsi history atau riwayat untuk melihat tontonan video apa saja yang telah ditonton sebelumnya.

Advertisement

blokir-video-youtube-untuk-anak

Selain itu ada juga fitur Timer untuk membatasi waktu menonton video. Kita bisa setel video dan memberinya batas waktu dengan durasi tertentu.

membatasi-waktu-menonton-video-youtube

Jika kita memilih sistem filter otomatis (yang belum diverifikasi manual oleh tim YouTube), maka jumlah video yang ditayangkan mungkin akan lebih banyak. Namun kekurangannya kemungkinan untuk munculnya video yang kurang pantas atau sesuai dengan usia anak bisa saja terjadi.

Di sini, YouTube menyediakan fitur report untuk menandai dan melaporkannya ke YouTube agar bisa ditinjau manual oleh tim mereka.

melaporkan-video-youtube-yang-tidak-aman-untuk-anak

Bisa Mengaktifkan atau Menonaktifkan Fungsi Search

Jika ingin diaktifkan, maka anak-anak bisa mencari sendiri video yang mereka inginkan berdasarkan kata kunci atau keyword tertentu. Fitur ini juga bisa menggunakan fungsi dari perintah suara (voice search).

mengaktifkan-atau-menonaktifkan-penelusuran-search-video

Tersedia Beragam Pilihan Channel Video Anak-anak

Ada cukup banyak tayangan video yang bisa ditonton oleh anak-anak. Mulai dari video bermain, menyanyi, olahraga, edukasi, bahkan juga kartun dan animasi anak.

Tampilan dari YouTube Kids juga sederhana dan mudah dioperasikan untuk anak-anak. Interfacenya dibuat dengan menampilkan kesan yang ceria dan menyenangkan.

Ini adalah contoh tampilan YouTube Kids di Android TV.

aplikasi-youtube-kids-aman-untuk-anak

Kesimpulan

YouTube Kids bisa menjadi solusi bagi orang tua yang menginginkan tayangan video yang menghibur sekaligus bisa mengedukasi anak. Fitur dan tampilannya sudah dioptimasi secara khusus agar cocok dengan anak di bawah umur dan usia balita.

Dengan begitu, anak-anak bisa tetap anteng di rumah menonton tayangan video yang mereka suka.

Download YouTube Kids gratis di perangkat Anda:

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept