Referensi dan Inspirasi Desain Grafis Tersedia Melimpah di Website Ini

Sebagai seorang desainer yang bekerja dalam industri kreatif, tentunya kita dituntut untuk bisa memunculkan ide-ide kreatif berkaitan dengan desain grafis.

Untuk bisa mendapatkan inspirasi, tentunya kita perlu memperbanyak referensi.

Sumber referensi ini bisa kita dapatkan dengan mudah di internet. Apalagi ini adalah eranya media sosial. Banyak desainer profesional memamerkan portofolio atau karya mereka di sana.

Advertisement

Hal inilah yang bisa kita manfaatkan sebagai salah satu sumber untuk mendapatkan inspirasi desain grafis.

Daftar Situs Inspirasi Desain Grafis Terlengkap

Berikut ini kumpulan website terbaik untuk mencari referensi dan inspirasi desain grafis.

Instagram

Kenapa Instagram kami tempatkan di urutan nomor satu? Karena saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler di dunia.

Ada banyak informasi terkini yang bisa kita dapatkan di Instagram. Termasuk beragam karya desain grafis, dari para profesional.

Banyak dari kalangan seniman dan desainer, baik itu pemula hingga kelas profesional turut mempublikasikan karya mereka di Instagram, sebagai portofolio.

Misalnya seperti ini:

Kita bisa memanfaatkan momen ini sebagai sumber media untuk mencari inspirasi kreatif sebanyak mungkin.

Caranya adalah dengan memfollow akun-akun para desainer favorit kamu. Nantinya kita bisa mendapatkan suguhan karya mereka ketika mereka update. Entah itu melalui feed Instagram, Insta Story, atau juga melalui live streaming.

Cara lainnya adalah dengan memfollow hashtag yang relevan berkaitan dengan bidang desain grafis yang saat ini kamu sukai.

Contoh hashtag populer yang biasanya kami eksplorasi sebagai bahan inspirasi, misalnya:

  • #graphicdesign
  • #digitalart
  • #vector
  • #illustration
  • #vexel
  • #drawing
  • #photoshop
  • #art

Dan masih banyak lagi hashtag yang relevan lainnya. Selebihnya bisa kamu dapatkan lagi melalui fitur explore di Instagram.

Pinterest

pinterest

Pinterest juga menjadi aplikasi berbasis web yang banyak digunakan oleh para desainer untuk mencari inspirasi.

Pinterest akan menampilkan beragam gambar dan video sesuai dengan kategori yang sudah kita pilih dan tentukan sebelumnya.

Gambar-gambar yang ada di Pinterest terbilang unik. Kita bisa menemukan karya desain dan ilustrasi keren yang mungkin akan sulit untuk kita temukan di website lainnya.

Dribbble

dribbble

Dribbble adalah jejaring sosialnya para desainer dan seniman digital. Di sini kita bisa menemukan banyak karya portofolio dari para desainer profesional.

Kita bisa mencari inspirasi karya digital berdasarkan beragam filter dan kategori. Menariknya lagi, kita juga bisa mencari sebuah karya dengan berdasarkan palette warna.

Advertisement

Behance

Behance adalah website portofolio online milik perusahaan Adobe. Behance mirip seperti Dribbble, dengan konsep jejaring sosialnya para desainer.

Para desainer biasanya memamerkan karya mereka di sini. Kita bisa melihat beragam karya desain dan ilustrasi yang dibuat dengan software desain grafis buatan Adobe. Misalnya seperti Photoshop, Illustrator, Lightroom, InDesign, Fresco, dan yang lainnya.

Terdapat fitur live streaming yang memungkinkan kita untuk melihat proses bagaimana seorang digital artist bekerja. Kita bisa melihat step by step bagaimana cara mereka mendesain dan juga menggambar. Tentunya ini sangat bermanfaat sebagai bahan referensi dan pembelajaran.

DeviantArt

situs inspirasi desain grafis

DeviantArt bisa dibilang adalah website yang legendaris di kalangan para seniman digital.

DeviantArt memiliki jumlah komunitas online yang cukup besar. Terdapat forum sebagai ruang diskusi untuk saling berbagi informasi.

Banyak para master yang sharing ilmu mereka di sini. Bahkan banyak juga yang membagikan file assets yang biasa mereka gunakan dalam project mereka di industri kreatif. Misalnya seperti brush, custom shape, color palette, vector assets, dll.

Freepik

Freepik adalah website Microstock digital. Di sana kita bisa menemukan beragam resource file desain. Mulai dari logo, ilustrasi, foto, vector, dan masih banyak lagi.

Freepik bisa menjadi solusi bagi para pemula yang ingin menghasilkan karya digital tanpa harus memulai semuanya dari nol.

Kita bisa download template, file presentasi, ilustrasi, poster, spanduk, banner, logo, mockup, background, dan masih banyak lagi secara gratis. Beberapa juga ada yang berbayar untuk kategori premium.

Kita juga bisa menghasilkan uang dari Freepik. Yaitu dengan cara mengupload dan menjual karya kita di sini. Kita akan mendapatkan komisi ketika karya kita ada yang mendownload.

YouTube

YouTube menjadi platform digital favorit banyak orang. Selain untuk menonton video hiburan, kita juga bisa memanfaatkannya untuk mempelajari hal-hal baru melalui video tutorial.

Orang-orang memang lebih menyukai konten visual, ketimbang membaca tulisan yang panjang. Itulah kenapa belajar hal baru melalui video di YouTube memang lebih menyenangkan.

Selain itu, setiap langkah demi langkah yang ada di video juga bisa kita ikuti dengan lebih jelas karena kita melihatnya langsung melalui tampilan visual.

Kita bisa mendapatkan beragam tutorial berbobot secara gratis di YouTube. Banyak orang yang dengan senang hati berbagi ilmu dan pengalaman yang mereka miliki.

Jadi, sudah saatnya kita memanfaatkan YouTube untuk belajar desain grafis dengan sebaik mungkin.

Kesimpulan

Dengan adanya platform media sosial yang semakin terus berkembang, kita bisa memanfaatkannya untuk mencari beragam bahan referensi dan inspirasi desain grafis.

Beberapa situs inspirasi desain grafis yang sudah disebutkan di atas juga memiliki versi aplikasi yang bisa kita install di perangkat smartphone.

Ketika kita punya banyak referensi, tentunya pengetahuan dan wawasan kita akan semakin terus bertambah guna memunculkan ide-ide kreatif dalam berkarya.

Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept