Happy New Year 2023

Penyedia Web Hosting Gratis Cocok Untuk Website Statis dan WordPress 2023

Di era digital saat ini, memiliki website merupakan hal yang cukup penting bagi sebagian besar orang dan juga perusahaan, entah itu untuk kebutuhan personal ataupun bisnis.

Namun, biaya sewa hosting website dapat menjadi beban tersendiri bagi sebagian orang. Untungnya, ada beberapa penyedia web hosting yang menawarkan layanan hosting untuk membantu penggunanya mengelola website mereka tanpa dikenakan biaya, alias gratis.

Jika kamu memiliki website statis yang simple seperti landing page, portofolio, link bio untuk media sosial, blog dengan platform Hugo atau Jekyll, mungkin beberapa penyedia web hosting gratis ini dapat kamu pertimbangkan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa penyedia web hosting gratis terbaik yang cocok untuk website statis, di antaranya:

1. GitHub Pages

GitHub Pages adalah layanan hosting gratis yang disediakan oleh GitHub.

GitHub Pages bisa menjadi pilihan yang cukup bagus bagi developer yang ingin meng-hosting website statis atau aplikasi web di subdomain .github.io secara gratis. Contoh: teksnologi.github.io, menariknya lagi kita juga bisa menggantinya dengan custom domain seperti .com, .net, .co.id, dll.

Dengan GitHub Pages, kita dapat dengan mudah mengelola dan mempublikasikan konten website kita menggunakan Git.

Kita juga dapat menggunakan teknologi web yang populer, seperti HTML, CSS, JavaScript, dan berbagai framework web populer lainnya seperti Hugo, Jekyll dan masih banyak lagi.

GitHub Pages sangat cocok bagi developer atau pemilik website yang ingin mengelola website atau aplikasi web mereka dengan integrasi Git yang luas secara gratis, dengan kualitas server yang bagus dan cepat.

2. Netlify

Netlify adalah penyedia hosting yang sangat populer yang menyediakan layanan hosting untuk aplikasi web dan website statis.

Netlify menawarkan hosting gratis dengan fitur-fitur yang sangat bagus, seperti integrasi CDN yang luas, integrasi dengan Git, dan banyak lagi.

Netlify juga menyediakan banyak fitur lainnya, seperti integrasi dengan framework populer seperti React dan Gatsby, serta integrasi dengan development tool lainnya.

Netlify bisa menjadi pilihan yang baik bagi pengembang yang ingin menyajikan aplikasi web atau website statis dengan cepat dan dengan fitur yang lengkap.

3. Firebase

Firebase adalah platform pengembangan aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Firebase menawarkan layanan hosting gratis yang sangat mudah digunakan untuk meng-host website statis atau aplikasi web.

Selain itu, Firebase juga menyediakan banyak fitur lainnya, seperti database NoSQL, autentikasi pengguna, dan banyak lagi.

Firebase sangat cocok bagi pengembang yang ingin membangun aplikasi web atau website statis dengan fitur yang lengkap dan dengan integrasi yang luas dengan layanan Google lainnya.

Firebase didukung dengan infrastruktur dari Google Cloud yang dikenal memiliki server yang cepat dan handal.

4. Vercel

Vercel adalah penyedia hosting yang menyediakan layanan hosting untuk aplikasi web dan website statis.

Vercel menawarkan hosting yang cepat dan skalabel dengan integrasi Git dan integrasi dengan CDN yang luas.

Vercel juga menyediakan banyak fitur lainnya, seperti integrasi dengan framework populer seperti Next.js dan Gatsby, serta integrasi dengan banyak development tool lainnya.

Vercel bisa menjadi pilihan alternatif yang cukup baik bagi pengembang yang ingin menyajikan aplikasi web atau website statis dengan cepat dan dengan fitur yang lengkap.

5. 000Webhost

000Webhost adalah penyedia hosting gratis yang menawarkan fitur-fitur yang cukup menarik, seperti control panel, Zyro website builder, WordPress, file manager, database MySQL, dan banyak lagi.

000Webhost sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar membangun dan mengelola website karena menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dan dokumentasi yang detail.

Namun, 000Webhost juga memiliki batasan-batasan tertentu, seperti batasan penggunaan bandwidth dan penyimpanan, sehingga mungkin tidak sesuai bagi website atau aplikasi web dengan kebutuhan penyimpanan dan traffic yang tinggi.

1 Website1 Database
300 MB SSD StorageCloudflare Protected Nameservers
~300 Visits Monthly99% Uptime Guarantee
No Email Account1 FTP Account
Limited Bandwidth (3 GB)1 Cronjobs

6. Hostinger

Hostinger pada dasarnya adalah penyedia web hosting berbayar, namun mereka juga menyediakan paket hosting gratis dengan fitur terbatas.

Untuk fitur web hosting gratis yang ditawarkan memiliki spesifikasi yang sama dengan 000Webhost, karena sebenarnya 000Webhost juga merupakan layanan milik Hostinger.

Layanan gratis ini cocok digunakan bagi pemula yang ingin memulai belajar menggunakan web hosting dan mengoperasikan blog atau website yang dinamis seperti WordPress salah satunya.

Untuk pendaftaran akun Hostinger Free Hosting akan diarahkan ke website 000Webhost.

7. AccuWeb Hosting

AccuWeb Hosting adalah penyedia web hosting yang juga menawarkan layanan hosting gratis khususnya untuk platform WordPress dengan spesifikasi yang bahkan lebih tinggi dari Hostinger dan 000Webhost.

Bagi kamu yang ingin membuat blog atau website menggunakan CMS WordPress, kamu bisa memanfaatkan paket hosting gratisnya dengan spesifikasi berikut:

1 WebsitecPanel Control Panel
2 GB SSD StoragePHP7 
30 GB BandwidthHTTP/2 Support
768 MB RAMHighly Secured & WP Optimized
Shared vCPURedis
Complementary BackupCustom Domain Names
Multi-Layer DDoS ProtectionTanpa Iklan

8. InfinityFree 

InfinityFree menyediakan layanan web hosting gratis dengan fitur yang juga tidak kalah menarik. Fitur dan spesifikasi hosting yang ditawarkan juga lebih tinggi dibandingkan dengan web hosting gratis lainnya.

Kita bisa menginstall beragam website dinamis, termasuk WordPress. Tersedia fitur instalasi menggunakan Softaculous Installer yang menyediakan pilihan lebih dari 400+ script website.

5 GB Disk SpaceFree SSL on all your domains
Unlimited BandwidthFree DNS Service
400 MySQL DatabasesSoftaculous Installer
PHP 7.4Full .htaccess support
MySQL 5.7Free Subdomain Names
99.9% UptimeNo Ads (Tanpa Iklan)

Kesimpulan

Layanan penyedia web hosting gratis bisa kita manfaatkan untuk membangun website sederhana yang umumnya hanya menggunakan file HTML, CSS dan JavaScript.

Walau demikian, beberapa di antaranya juga ada yang menyediakan web hosting gratis untuk website dinamis yang menggunakan database, misalnya seperti blog atau CMS WordPress.

Meskipun memang ada beberapa keterbatasan, namun bisa cukup powefull jika kita menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, misalnya seperti website portofolio, biografi, profil perusahaan/personal, landing page untuk jualan, dan masih banyak lagi.

Terlebih, layanan hosting gratis ini juga bisa dimanfaatkan bagi pemula yang ingin belajar membangun website untuk pertama kalinya, ataupun pengguna yang sudah berpengalaman untuk berbagai kebutuhan.

✅ Bacaan selanjutnya:

Leave A Reply

Your email address will not be published.