๐Ÿ†• Digital Art Release: Stand With Palestine ๐Ÿ’” ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ ย – Lihat di sini

Al-Qur’an Terjemahan Indonesia Resmi dari Kementerian Agama

Aji Zakaria

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang isi kandungannya merupakan firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril sebagai pedoman dan petunjuk bagi kehidupan manusia.

Sebagai muslim yang berbahasa Indonesia, tentunya kita membutuhkan terjemahan Al-Qur’an agar bisa memahami isi kandungannya dengan baik.

Tidak hanya sekedar membaca, namun kita juga bisa memahami isi kandungan di dalamnya sekaligus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kementerian Agama telah menerbitkan beberapa terjemahan Al-Qur’an resmi yang direkomendasikan untuk digunakan oleh umat muslim di Indonesia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai rekomendasi Al-Qur’an terjemahan Indonesia resmi dari Kementerian Agama, serta pentingnya menggunakan terjemahan Al-Qur’an yang benar dan akurat.

Al-Qur’an digital terjemahan Indonesia yang resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) bisa diakses melalui website resminya di: quran.kemenag.go.id atau dengan melalui link berikut:

Al-Qur’an terdiri dari 114 Surah, 30 Juz dan 6.236 ayat menurut riwayat Hafsh.

Al-Qur’an terjemahan Indonesia ini sudah lengkap disediakan oleh Kemenag di website resminya.

surah Al-Fatihah terjemahan Indonesia
Surah Al-Fatihah

Selain tampilan light mode, terdapat juga tema dark mode agar tidak membuat mata kita menjadi cepat lelah ketika membacanya.

surah Al-Fatihah terjemahan Indonesia resmi kementrian agama
Surah Al-Fatihah

Ayat Al Qu’ran tersebut juga bisa disalin (copy), terutama jika kita ingin menggunakannya untuk keperluan dakwah, misalnya di platform media sosial.

Jenis font Arab yang digunakan adalah font “LPMQ Isep Misbah” yang dirilis oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ).

LPMQ adalah lembaga kepanitiaan yang bertugas mentashih (memeriksa/ mengoreksi) setiap mushaf Al-Qur’an yang akan dicetak dan diedarkan kepada masyarakat Indonesia.

Jadi jika ingin menggunakannya untuk keperluan dakwah di medsos dan ingin membuat template desainnya di berbagai software desain grafis, kita perlu menginstall font tersebut agar bisa tetap sama tampilannya dari sumbernya (website Kemenag).

surah Al-Quran terjemahan Indonesia resmi kementrian agama

Selain mushaf Al-Qur’an, website Kemenag juga menyediakan fitur bacaan Murottal, yaitu rekaman suara bacaan Al-Qur’an yang dilantunkan oleh seorang qari atau pembaca Al-Qu’ran yang bisa tersinkronisasi sesuai dengan posisi ayatnya.

Selain Al-Qur’an digital yang tersedia di website resminya, Kemenag juga mempunyai aplikasi Al-Qur’an digital yang dapat kita download di smartphone Android melalui Google Play Store pada link berikut:

Sampaikanlah walau hanya satu ayat. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi amal jariyah bagi kita semua.

Follow:
Sharing tutorial digital art di Instagram: @ajizakaria
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *