Perbedaan iPad dan Tablet Android Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Bicara tentang perangkat tablet, ada dua pemain besar yang paling populer di pasaran saat ini. Yaitu iPad dan Android.

Bagi pengguna awam, yang paling jelas terlihat perbedaannya adalah pada sisi harga. Tablet Android bisa kita dapatkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau daripada iPad.

Namun dari sisi spesifikasi dan user experience tentu juga ada banyak perbedaan yang bisa kita temukan. Karena masing-masing perangkat memiliki ekosistem yang berbeda.

Advertisement

Berikut ini perbedaan antara iPad dengan tablet Android beserta dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing:

Ekosistem iPad Lebih Matang

ekosistem ipad

iPad adalah produk Apple. Perangkat ini menggunakan sistem operasi iPadOS yang memang secara ekslusif dan tertutup hanya dikembangkan oleh pihak Apple itu sendiri.

Sehingga mereka bisa lebih mudah untuk mengembangkan, menguji, dan memastikan bahwa perangkat iPad mereka bisa bekerja dengan optimal sebelum benar-benar akan dirilis ke pasaran.

Nah, berbeda halnya dengan Android. Sistem operasi Android dikenal open source dan bisa digunakan secara gratis oleh para developer. Sehingga ada banyak produsen smartphone yang bekerja sama dengan Google untuk merilis produknya menggunakan OS Android.

Kekurangannya adalah pihak Google sebagai pengembang Android tidak melakukan pengujian secara langsung terhadap user experience di masing-masing perangkat tablet Android yang dirilis tersebut. Karena brand yang menggunakan Android sudah sangat banyak jumlahnya.

Jadi saat dirilis ke pasar tablet, perangkat Android memiliki merk yang sangat beragam. Seperti Samsung, Xiaomi, Realme, Huawei, maupun brand lokal Indonesia seperti misalnya Advan ataupun brand-brand lainnya.

Jadi pengembangan dan optimasi Android menjadi terpecah ke masing-masing produsen smartphone dan tablet itu sendiri. Tidak seperti iPad yang fokus dioptimasi oleh pihak Apple itu sendiri, sehingga menjadi lebih mudah untuk dioptimalkan berdasarkan spesifikasi hardware yang digunakan.

Aplikasi Profesional Lebih Banyak Tersedia di iPad

aplikasi-profesional-lebih-banyak-di-ipad

Karena alasan di atas, ekosistem iPad disebut-sebut lebih “matang” daripada Android.

Dan ini juga terbukti dari sisi user experience (pengalaman pengguna). Banyak aplikasi profesional dan berstandar industri yang sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna PC (komputer/laptop). Tetapi saat ini juga sudah tersedia di perangkat iPad dengan fitur yang hampir sama lengkapnya. Fitur-fitur di PC yang lengkap mulai diadaptasikan ke perangkat iPad dengan dukungan touchscreen dan pen stylus.

Kita ambil contoh aplikasi desain grafis, seperti misalnya Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Affinity Designer, Procreate, dll itu secara ekslusif hanya tersedia untuk perangkat iPad dan belum tersedia di Android hingga saat ini.

Kenapa aplikasi tersebut belum ada di Android, padahal sangat populer? Salah satu alasannya adalah karena developer aplikasi akan lebih mudah mengembangkan software mereka di ekosistem iPad. Perangkat iPad, baik itu versi dan variannya memang tidak sebanyak perangkat Android, sehingga akan lebih mudah untuk diuji coba dan dioptimalisasikan.

Sedangkan berbeda halnya dengan Android. Hingga saat ini, perangkat tablet Android sangat banyak variannya karena digunakan oleh banyak brand berbeda. Ada Samsung, Xiaomi, Realme, Huawei, dll tentunya akan lebih sulit untuk dioptimalkan karena sering kali terbentur dengan masalah kompatibilitas dari spesifikasi hardware yang digunakan oleh masing-masing perangkat.

Aplikasi Berjalan Lebih Optimal di iPad

performa-ipad

Lebih lanjut, ternyata beberapa aplikasi juga berjalan lebih mulus dan optimal di iPad ketimbang di Android.

Hal ini karena aplikasi di iPad lebih fokus dikembangkan untuk perangkat tablet dengan layar yang lebih besar. Sedangkan di Android, rata-rata aplikasi yang dikembangkan utamanya adalah untuk perangkat smartphone. Sehingga ketika dibuka di tablet Android, mereka lebih mengandalkan tampilan dengan responsive design saja. Tidak semuanya dioptimasi sampai ke bagian engine yang ada di baliknya.

Makanya, untuk beberapa tablet Android dengan spek rendah atau “kentang”, kita akan lebih sering menjumpai aplikasi yang ngelag ketika digunakan. Terutama ketika sedang multitasking.

Advertisement

Jaminan Update OS di iPad Lebih Lama

ipados

Biasanya Apple menawarkan update OS di perangkat iPad hingga 4 tahun ke depan setelah tanggal rilisnya. Sehingga pengguna bisa merasa lebih tenang dengan security sistemnya untuk beberapa tahun ke depan.

Sedangkan untuk rata-rata Android kebanyakan hanya untuk 1x update OS saja, atau hanya sekitar 1-2 tahun saja. Itu pun kebanyakan hanya untuk perangkat smartphone saja. Jarang sekali tablet Android mendapatkan update OS hingga di atas jangka waktu tersebut.

Masa Pakai iPad yang Lebih Lama

masa-pakai-ipad

Pada dasarnya, untuk masa pakai memang relatif tergantung dari pengguna itu sendiri. Tetapi bila kita bicara dari sisi software, iPad cenderung lebih unggul daripada tablet Android.

Karena umumnya iPad bisa mendapatkan jaminan update OS hingga 4 tahun. Sehingga perangkat iPad yang dirilis 3-4 tahun yang lalu masih sangat bisa diandalkan untuk digunakan di tahun ini tanpa harus cemas memikirkan security sistemnya.

Untuk iPad Pro yang kita beli 3-4 tahun lalu, rata-rata performanya masih cukup optimal dan relevan untuk menjalankan aplikasi terkini. Bahkan beberapa game berat pun masih bisa dimainkan dengan lancar.

Tablet Android Lebih Terjangkau

tablet android murah

Kalau bicara tentang harga, maka Android masih menjadi juaranya.

Tablet Android yang beredar di pasaran saat ini memang sangat beragam. Kita bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp1 Jutaan.

Inilah yang menjadikan Android memiliki jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia. Meskipun harga Android lebih murah, tetapi Android versi flagship dengan spesifikasi yang menyaingi iPad pun juga ada. Kebanyakan adalah produk-produk dari Samsung.

Lebih Bagus Android atau iPad?

tablet-android-vs-ipad

Tergantung kebutuhan. Jika Anda adalah pengguna kasual yang ingin menggunakan tablet hanya sekadar untuk media hiburan, membaca, main game, menonton film atau mengerjakan produktivitas sederhana, maka tablet Android bisa menjadi pilihan yang murah meriah. Terutama bagi yang memiliki budget terbatas.

Sedangkan jika Anda adalah seorang profesional yang lebih banyak bekerja di industri kreatif untuk berkarya atau untuk kebutuhan produktivitas yang lebih berat seperti editing video/foto, rendering, 3D modeling, menggambar ilustrasi digital, membuat musik, dsb, maka iPad bisa menjadi pilihan terbaik.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa perbedaan tablet Android dengan iPad?

Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa para desainer, editor, dan ilustrator profesional lebih banyak yang menggunakan iPad.

Klik Artikel di Bawah Ini Untuk Bacaan Selanjutnya:

macam-jenis-ipad-2021-terbaru

Sedang mencari tablet Android murah alternatif iPad untuk menggambar digital? Klik artikel di bawah ini:

tablet-android-murah-untuk-gambar-digital

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept