Cara Mengetahui Lagu yang Mengandung Copyright di YouTube

Tayangan video akan semakin menarik jika “dibumbui” dengan musik.

Baik musik ataupun lagu bisa mempengaruhi suasana hati penonton agar semakin terbawa dengan mood yang ditampilkan di dalam video.

Oleh karena itu, musik menjadi salah satu bagian penting yang ada di dalam suatu video.

Advertisement

Adakalanya kita ingin menggunakan sebuah musik untuk ditampilkan di dalam video YouTube kita. Namun ternyata penggunaan musik tersebut juga ada aturannya.

Para content creator di YouTube tidak bisa sembarangan memakai musik di channel YouTube mereka, terutama jika ingin memonetisasi video tersebut agar bisa menghasilkan uang dari tayangan iklan.

Kenapa demikian?

Karena pada dasarnya, setiap lagu itu pasti ada penciptanya bukan? Maka tentu saja lagu yang sudah diciptakan itu juga memiliki hak cipta (copyright).

Pada intinya, setiap karya itu memiliki hak cipta. Entah itu yang terdaftar ataupun tidak.

Nah, jadi ketika kita menggunakan sebuah musik yang menghandung hak cipta, maka kita tidak akan bisa memonetisasi video tersebut (monetize).

copyright-claim-musik-youtube

Memang, videonya boleh-boleh saja dan masih tetap aman untuk ditampilkan di channel kita.

Akan tetapi, kita jadi ngga bisa mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense. Kalaupun muncul iklan, uangnya akan diberikan ke si pencipta lagu atau musiknya sebagai royalti. Bukan ke kita.

Terus gimana solusinya agar musik video YouTube kita bisa terbebas dari klaim hak cipta (copyright) dan juga bisa dimonetisasi?

Tips Mengetahui Musik yang Mengandung Copyright di YouTube

Sebelum ngedit video, biasanya kita harus cari tahu dulu jenis lisensi dari video yang mau kita gunakan. Supaya kita tahu apakah video tersebut boleh digunakan secara gratis untuk dimonetisasi.

Di sini kita bisa menggunakan beberapa cara.

Cara Pertama: Lihat Keterangan di Deskripsi Video

cara-mengetahui-video-copyright-youtube

Cara paling mudahnya adalah dengan melihat keterangan di deskripsi video.

Caranya, tinggal kita buka saja video musiknya. Kemudian buka bagian deskripsi videonya.

Kita bisa membaca keterangan yang ada di dalam video.

Lihat apakah disediakan link untuk mendownload musik tersebut, atau malah diberikan link untuk membeli lisensinya.

Biasanya, musik yang mengandung hak cipta atau copyright akan terdapat keterangan lengkap mengenai judul lagu, artist, dan juga lisensinya.

Keterangan tersebut akan ditampilkan secara otomatis oleh sistem YouTube. Posisinya tepat berada di bawah deskripsi video.

Contohnya seperti ini.

contoh ciri-ciri lagu copyright di youtube

Nah, jika terlihat keterangan seperti gambar di atas, biasanya lagu tersebut mengandung copyright dan kita tidak bisa menggunakannya untuk dimonetisasi pada video kita.

Sedangkan jika tidak ada keterangan demikian, maka biasanya lagu tersebut bisa dimonetisasi dan bisa digunakan secara gratis (no copyright).

Nantinya tinggal kita cantumkan saja siapa penyanyi dan juga judul lagunya di deskripsi video kita, sekaligus untuk menghargai karya mereka. Jadi kita tidak perlu membayar royalti kepada si pemilik hak cipta.

Cara Kedua: Lihat Melalui Fitur Download Video

Untuk di cara kedua ini, kita bisa melihatnya melalui smartphone.

Caranya, tinggal buka saja video musiknya melalui aplikasi YouTube di smartphone Android atau iPhone.

download-video-youtube-melalui-aplikasi

Jika tombol Download terlihat aktif dan bisa diklik, kemungkinan besar musik tersebut bebas copyright dan bisa kita gunakan secara gratis.

tombol-download-video-youtube-premium

Sedangkan jika tombol download video tidak tersedia (jika diklik akan dialihkan ke YouTube Premium), maka biasanya lagu tersebut mengandung hak cipta dan jika digunakan di dalam video kita, maka kita tidak bisa memonetisasinya.

Nah, itu dia cara yang biasa saya gunakan untuk mengetahui ciri-ciri lagu yang mengandung copyright.

Sekarang, bagaimana jika ingin mencari lagu tanpa copyright dengan mudah? Lanjut baca di bawah:

Cara Mencari Lagu No Copyright di YouTube

Mencari lagu atau musik no copyright di YouTube itu mudah banget.

Kami juga pernah membahas tips ini sebelumnya, artikelnya bisa dibaca di halaman berikut:

Advertisement

Ada banyak channel-channel YouTube keren yang membagikan musik-musik bebas copyright. Biasanya disebut dengan istilah No Copyright Music.

Penyedia No Copyright Music Terpopuler di YouTube

Berikut ini channel-channel YouTube yang selalu update menyediakan musik-musik no copyright yang bisa digunakan secara gratis.

NCS (NoCopyrightSounds)

Channel ini sudah sangat terkenal sebagai penyedia musik-musik tanpa copyright yang bisa digunakan secara gratis. Kebanyakan genre musiknya adalah elektronik. Mulai dari yang hanya berupa instrumental tanpa adanya vokal, ataupun yang memiliki vocal dengan liriknya.

Channel ini selalu update menampilkan musik dan lagu-lagu terbaru hampir setiap harinya.

Biasanya, musik di channel NCS akan menampilkan keterangan hak cipta seperti di cara pertama yang sudah dibahas di atas. Namun tenang, kita bisa menggunakannya secara gratis. Syaratnya, kita hanya perlu mencantumkan saja info musik seperti judul, artist, dan juga lisensinya di deskripsi video kita (credit).

Audio Library

Channel ini juga sama seperti NCS.

Audio Library juga menjadi salah satu channel favorit saya untuk mencari referensi lagu untuk video YouTube saya.

Audio Library selalu update lagu-lagu terbaru hampir setiap harinya. Seakan tidak kekurangan stok karya dari para musisi dunia.

Kebanyakan genre musiknya juga sangat bervariasi. Mulai dari yang sekedar instrumental saja, ataupun dengan lirik.

Kita bisa menggunakan musiknya secara gratis dengan mencantumkan credit ke si penciptanya.

Vlog No Copyright Music

Mirip dengan Audio Library, channel ini juga menampilkan lagu-lagu baru hampir setiap harinya.

Channel ini bisa menjadi alternatif jika si musisi tidak merilis lagunya di NCS ataupun Audio Library.

Genre musiknya bervariasi, mulai dari instrumental ataupun dengan lirik dan vocal.

Yap, kita bisa menggunakan lagunya secara gratis dengan syarat mencantumkan credit ke si penciptanya.

YouTube Audio Library

youtube audio library no copyright music

Pihak YouTube juga secara resmi menyediakan pilihan musik-musik gratis no copyright untuk para content creatornya.

Hanya saja, memang terkadang tidak sebanyak dan se-update seperti channel-channel yang sudah disebutkan sebelumnya.

Akan tetapi kelebihan dari YouTube Audio Library adalah kita bisa menemukan musik no copyright tanpa harus mencantumkan creditnya di video kita.

Apakah Aman Menggunakan Musik yang Mengandung Copyright Untuk Video YouTube?

Menurut keterangan dari pihak YouTube sendiri akan tetap aman kok, selama itu tidak bertentangan dengan hukum. Video kita akan tetap tayang dan tidak perlu khawatir akan dihapus begitu saja oleh pihak YouTube.

Jika musik yang terdapat dalam video kita ternyata mengandung copyright, maka sistem YouTube biasanya akan mendeteksi musik tersebut secara otomatis melalui content ID.

Dan menampilkan info warning pada video yang bersangkutan.

Efeknya, uang yang ditampilkan dari iklan kemungkinkan besar akan diberikan ke si pemilik hak cipta sebagai royalti, dan bukan ke kita.

Jadi tidak ada tindakan yang diperlukan. Hanya saja, kita tidak bisa memonetisasi video yang terkena klaim copyright tersebut.

Icon dollarnya akan berubah menjadi dollar kuning, bukan hijau lagi.

Akan tetapi YouTube juga menyediakan opsi untuk mengajukan banding jika memang ada yang salah dengan sistem. Apabila kita punya lisensinya, baik sebagai pemegang sertifikat ataupun musisi originalnya, maka kita bisa mengupload bukti lisensinya melalui menu yang disediakan.

Kalau pun mau menggunakan musik yang mengandung copyright dengan alasan agar lebih ekslusif dan tidak pasaran. Sebaiknya gunakan musik dengan jenis lisensi royalty-free seperti layanan dari Epidemic Sound, Premium Beat, dan sejenisnya. Tetapi dikenakan biaya untuk perbulannya. Tapi memang kebanyakan yang menggunakan layanan semacam ini adalah Youtuber besar dengan penghasilan yang sudah tinggi.

Kesimpulan

Jika ingin memonetisasi video YouTube dengan iklan Google Adsense, maka kita harus menggunakan musik yang bebas copyright.

Untungnya, banyak channel-channel YouTube yang menyediakan musik-musik no copyright yang bisa kita gunakan secara gratis. Bahkan hebatnya lagi, mereka bisa update lagu baru hampir setiap harinya.

Sedangkan apabila ternyata musik yang ada di video kita mengandung copyright, maka video tersebut tidak akan bisa dimonetisasi untuk menampiklan iklan dari Google Adsense. Akan tetapi videonya masih diperbolehkan tayang secara penuh dan tidak akan dihapus begitu saja oleh pihak YouTube, selama itu tidak melanggar ketentuan hukum, akan tetap aman.

Nah, itu dia beberapa tips dan cara mengetahui lagu yang mengandung copyright di YouTube.

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept