Memahami Dasar-Dasar Quora Untuk Bisnis

Quora bukan hanya dapat memberikan informasi-informasi menarik yang orang-orang butuhkan. Lebih jauh, platform Quora bisa menjadi salah satu media untuk mengembangkan bisnis Anda. Penasaran?

Apa itu Quora? Quora baru-baru ini mulai populer di kalangan masyarakat pengguna media sosial. Quora mempunyai sistem berbasis forum dimana antar penggunanya saling bertanya, menjawab pertanyaan, dan memberi informasi. Informasi yang dibagikan juga beragam. 

Mulai dari hal kecil tentang kehidupan sehari-hari, tips dan trik, review film dan buku, hingga hal-hal informatif seperti isu hangat terkini, berita populer, pengetahuan dasar, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar digital marketing, website, hingga rekomendasi tempat beli domain terpercaya untuk mengembangkan bisnis Anda.

Advertisement

Baca juga: Cara Menjadi Content Creator Untuk Menghasilkan Uang dari Internet

Pengguna Quora datang dari berbagai kalangan, mulai dari pengguna individu hingga perusahaan.

Sebagai pelaku bisnis, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan platform Quora untuk melakukan promosi bisnis anda secara online. Alasannya adalah karena konten pertanyaan Quora sering muncul di halaman pencarian Google. 

Jadi dengan membuat akun dan aktif menjawab pertanyaan di Quora Anda juga bisa sekaligus mengenalkan perusahaan dan promosi produk agar bisa dikenal oleh banyak orang.

Tertarik mencoba? Tips dan trik berikut ini dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis anda melalui platform Quora.

Mengisi Profil

profil quora

Melengkapi profil Anda adalah hal pertama dan paling mendasar untuk mengenalkan diri Anda ke komunitas Quora.

Profil yang bagus juga bisa menunjukkan kredibilitas Anda, dan bisa membantu memudahkan orang-orang yang membutuhkan jawaban profesional untuk menemukan profil Anda. 

Idealnya profil yang bagus dan berkualitas harus minimal mempunyai foto profil, atau logo perusahaan yang terlihat jelas, penjelasan singkat tentang apa yang akhir-akhir ini Anda tekuni, dan deskripsi tentang bisnis maupun produk yang Anda tawarkan.

Pada profil ini Anda juga bisa mencantumkan link situs yang sudah Anda buat melalui jasa pembuatan situs website dan media sosial perusahaan.    

Temukan Pertanyaan yang Relevan dengan Bidang Anda

bertanya di quora

Anda bisa menemukan pertanyaan yang relevan dengan bisnis dan keahlian Anda. Memahami pertanyaan yang sesuai dan bisa Anda jawab dapat menunjukkan kredibilitas dan kemampuan Anda. 

Temukan pertanyaan dengan banyak pengikut tapi belum ada jawaban. Dengan menjadi yang pertama menjawab, dapat dipastikan kesempatan jawaban Anda menjadi yang teratas menjadi lebih besar. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu SVG (Gambar Berbasis Vector Untuk Logo dan Icon)

Dengan menjawab pertanyaan dengan banyak pengikut, orang-orang akan tertarik dengan jawaban Anda.

Seiring dengan berjalannya waktu maka engagement-nya akan semakin besar, mengingat pertanyaan dari Quora sering muncul pada mesin pencarian Google.

Jawab Pertanyaan dengan Efektif dan Sesuai

menjawab pertanyaan di quora

Jangan mencoba untuk memaksakan jawaban Anda ke pertanyaan yang tidak sesuai.

Jawab pertanyaan dengan baik dan pastikan Anda berikan alasan yang rasional. Anda juga bisa menceritakan pengalaman Anda yang sesuai sebagai nilai tambah.

Advertisement

Singkatnya, jangan hanya terpusat untuk menjual dan mempromosikan produk anda, tapi Anda juga harus memberikan value, agar menunjukkan kredibilitas Anda sebagai professional.

Berikan Detail yang Unik dan Menarik

menjawab pertanyaan di quora dengan detail

Untuk detail ini, Anda bisa menambahkan pengalaman pribadi anda, atau hal-hal yang Anda ketahui tapi tidak banyak orang tahu.

Pengalaman tentang kegagalan, masalah, dan kesuksesan, bisa membuat pengikut laman Quora Anda semakin bertambah.

Buat Pertanyaan 

Jika Anda ingin memberikan suatu informasi, tetapi tidak menemukan pertanyaan yang cocok, jangan khawatir. Anda juga bisa menjawab pertanyaan yang Anda buat sendiri.

Anda jadi bisa membuat konten yang Anda inginkan dengan menjawab pertanyaan yang Anda buat, alih-alih mencari-cari atau menunggu seseorang mengajukan pertanyaan yang sesuai. 

Baca juga: Apa Itu Desain Grafis? Tips Belajar Editing dan Desain Grafis!

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan: feeds, email blast yang akan dikirimkan ke orang-orang yang mengikuti topik yang Anda ajukan, serta akses via search untuk orang-orang yang akan mencari pertanyaan serupa di masa yang akan datang.

Do and Don’ts

tips quora

Tentunya ada yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan konten yang Anda buat di platform Quora. Diantaranya adalah melakukan dan menghindari hal-hal berikut:

1. Kutip dan gunakan blog post atau website perusahaan Anda

Tentunya Anda bisa mengutip dan menggunakan blog post atau website perusahaan Anda dalam menjawab pertanyaan. Itu bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan trafik website perusahaan Anda. 

Sebaiknya jika website perusahaan Anda masih berupa domain gratis, Anda bisa membeli domain dengan harga yang cukup terjangkau. Tenang saja, saat ini banyak perusahaan hosting yang menyediakan layanan untuk beli domain terpercaya.

2. Gunakan Footer

Anda diperbolehkan untuk menggunakan footer atau catatan kaki di akhir jawaban yang Anda berikan. Footer bisa berisi ajakan untuk mengunjungi website perusahaan, atau mengikuti media sosial yang Anda miliki.

3. Jangan terlalu berlebihan dalam mempromosikan diri Anda

Mempromosikan produk, bisnis, maupun diri Anda diperbolehkan oleh Quora selama itu berhubungan dengan pertanyaan dan topik yang sedang dibahas. Jika tidak berhubungan, dan hanya bertujuan untuk promosi bisnis, maka dianggap sebagai spam. 

4. Hati-hati memberikan link dan menyalin konten

Jika Anda memberikan jawaban yang anda salin dari website lain, maka Anda harus dengan jelas mencantumkan sumbernya.

Berlaku juga dalam memasukkan gambar maupun video, Anda juga harus mencantumkan dari mana Anda mendapatkan gambar dan Video tersebut.

Jika sumber tidak jelas dan gambar tidak memiliki keterkaitan dengan jawaban, maka akan dianggap sebagai spam.

Baca juga: Referensi dan Inspirasi Desain Grafis Tersedia Melimpah di Website Ini

Demikian ulasan tentang memahami dasar-dasar Quora untuk mengembangkan bisnis Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept