Microsoft Designer, Aplikasi Desain Grafis dengan Teknologi AI Text to Image

Microsoft Designer merupakan aplikasi desain grafis terbaru buatan Microsoft yang menawarkan kemudahan bagi penggunanya dalam mendesain beragam template untuk kebutuhan post di media sosial, kartu undangan, kartu pos digital, serta berbagai desain lainnya dengan cepat.

Microsoft Designer mungkin akan menjadi pesaing berat dari Canva yang juga populer dikenal sebagai tool desain grafis di kalangan desainer.

Advertisement

Namun yang menarik dari Microsoft Designer adalah kemampuannya yang mendukung teknologi kecerdasan buatan, AI Text to Image.

Teknologi artificial intelligence ini memungkinkan pengguna membuat gambar ilustrasi unik dengan instan hanya dengan menggunakan perintah berbasis teks saja.

Berkat kerja sama antara Microsoft dengan OpenAI, selaku developer yang mengembangkan teknologi AI Text to Image populer, yaitu DALL-E 2.

DALL-E sendiri bukan satu-satunya project yang mengembangkan teknologi ini, karena ada juga alternatif lain yang serupa yang dikembangkan secara open source yaitu Stable Diffusion yang pernah kami bahas sebelumnya.

Namun kehadirannya di aplikasi Microsoft Designer kemungkinan besar akan menjadikan teknologi text to image ini semakin populer bagi orang awam nantinya, karena akan lebih mudah untuk diakses.

Terlebih pengguna Windows juga pastinya akan banyak yang ikut mencoba aplikasi Microsoft Designer ini jika memang versi desktop-nya tersedia di Microsoft Store.

Buat Desain Jadi Makin Cepat dan Instan

Advertisement

Bayangkan, misalnya kamu membutuhkan desain gambar dengan tema hari adopsi kucing untuk posting di akun media sosial pecinta kucing.

Hanya dengan mengetikkan deskripsi “Kitten adoption day!”, maka aplikasi Microsoft Designer akan langsung menampilkan beragam desain yang relevan, lengkap dengan teks dan ilustrasi gambar kucingnya.

Ini akan sangat membantu terutama bagi orang awam yang belum memiliki keahlian mendesain ataupun bagi para desainer yang ingin membuat desain dengan lebih cepat.

Hasil desain juga bisa langsung dibagikan untuk kita posting di media sosial seperti Instagram Story, Facebook Ads, LinkedIn, dll.

Tertarik Untuk Mencoba Microsoft Designer?

Saat artikel ini dibuat, Microsoft Designer baru saja dirilis. Bahkan mereka baru saja mengupload video demonya di YouTube beberapa menit sebelum artikel ini kami posting.

Untuk saat ini belum dibuka untuk umum, namun kita bisa mendaftar untuk masuk ke waitlist (daftar tunggu).

Silahkan kunjungi website resminya di designer.microsoft.com kemudian daftarkan alamat email kamu untuk join ke waitlist.

Nantinya Microsoft akan mengirimkan pemberitahuan apabila aplikasinya sudah tersedia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.