Happy New Year 2023

Menandai Catatan Pada Bagian Tertentu di Halaman Website dengan DoneNote

DoneNote merupakan extension terbaru Google Chrome yang berfungsi untuk menambahkan fitur pada web browser untuk menandai dan memberikan catatan pada halaman website.

Dengan DoneNote, kita bisa menandai element tertentu pada halaman website dengan menuliskan catatan dan komentar untuk dibagikan kepada tim.

Extension ini tentunya akan sangat berguna bagi yang bekerja secara tim atau berkelompok, seperti content writer, web developer ataupun kalangan desainer.

Karena kita bisa membagikan instruksi dan catatan agar dapat dilihat oleh anggota yang lain di dalam suatu tim/agency.

Cara kerja DoneNote:

Cara menggunakan extension ini juga sangat mudah, pertama download terlebih dahulu melalui Chrome Web Store, lalu install seperti biasa. Setelah itu login dengan akun Google/Gmail kita.

Ketika sudah aktif, kita bisa mengklik icon DoneNote untuk mulai menggunakannya.

Dari percobaan kami, extension ini memang cukup mudah dan nyaman digunakan. Misalnya kami ingin menandai elemen tertentu untuk direvisi oleh tim, maka tinggal klik saja icon DoneNote, lalu tekan tombol “+” untuk mulai menambahkan pesan komentar.

Seperti inilah daftar list komentar yang sudah ditambahkan:

Daftar catatan ini nantinya akan tersimpan di akun DoneNote kita, sehingga tidak akan hilang walaupun kita refersh halaman website tertentu dan mengunjunginya di lain waktu.

Kita bisa memunculkannya lagi dengan mengklik icon DoneNote.

Jika catatan dianggap sudah selesai dan dibaca oleh tim, maka bisa ditandai sebagai “done/selesai” dengan mengklik tombol ceklis.

Selain itu catatan yang sudah di-publish juga bisa diubah dan dihapus.

Untuk membagikan link catatan kepada tim, kita tinggal klik saja tombol “Share🔗” untuk menyalin link-nya.

DoneNote extension ini tersedia secara gratis. Kita bisa menggunakannya dengan limit tertentu. Jika ingin menggunakan fitur lebih lengkap, kita bisa berlangganan paket premiumnya.

Namun untuk kebutuhan basic, versi gratisnya juga sudah cukup bagus.

Selain Google Chrome, extension ini juga bisa dipasang pada web browser berbasis Chromium lainnya, seperti Microsoft Edge, Opera, Brave, Vivaldi dan lain-lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.