Cara Membuat Komik Digital ala Profesional

Hobi menggambar dan ingin membuat komik sendiri? Silahkan simak tutorial cara membuat komik digital di artikel ini ya!

Mengenal Apa Itu Komik Digital?

membuat komik digital webtoon

Advertisement

Gambar di atas merupakan contoh karya komik digital yang populer di Webtoon dan Instagram seperti @tahilalats, @rysetcomic, @si_nopal, @fatkomik, @banggaber, dll.

Komik digital adalah sebuah karya komik yang dibuat dengan menggunakan perangkat dan media digital. Jadi proses pembuatannya akan lebih mengandalkan perangkat komputer.

Lebih Praktis dan Hemat Biaya

Keuntungan menggambar komik di laptop ataupun komputer adalah soal efisiensi waktu dan biaya, serta kemudahan untuk menggambar ilustrasi digital dengan beragam style yang lebih fleksibel untuk menghasilkan karya yang bisa memanjakan mata.

Bandingkan jika kita menggambar manual di kertas, atau melukis dengan menggunakan cat air, kita membutuhkan keteliatan yang tinggi. Karena jika ada kesalahan maka akan lebih sulit untuk diperbaiki. Selain itu, kita juga membutuhkan biaya lebih untuk membeli tinta atau cat untuk melukis. Karena semakin sering digunakan maka akan lebih cepat habis dan perlu diisi ulang.

Artikel Terkait

Hal ini berbeda ketika kita menggambar komik secara digital. Hasil karya akan lebih mudah untuk direvisi jika ada bagian tertentu yang ingin kita ubah atau perbaiki. Kita juga bisa mencetak dan menampilkannya ke berbagai ukuran dan media. Selain itu, kita juga tidak akan dibebankan dengan biaya cat dan tinta, karena warna di komputer bisa terus digunakan tanpa batas dengan cakupan warna yang lebih luas dan lengkap.

Nah, untuk menggambar komik digital tentunya kita membutuhkan perangkat komputer beserta aplikasinya.

Apa Saja Perangkat yang Dibutuhkan Untuk Membuat Komik Digital?

Ada beberapa perangkat atau alat yang biasa digunakan oleh para komikus untuk membuat komik digital. Masing-masing alat tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Untuk itu, sebelum memulai ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu alat-alat yang diperlukan dan metode yang sering digunakan untuk membuat komik digital berikut ini:

Menggunakan Scanner (Cara Lama)

Ini adalah cara yang paling tradisional dalam membuat komik digital. Jadi yang pertama kita lakukan adalah membuat sketsa komik terlebih dahulu pada sebuah kertas. Kemudian hasil gambarnya kita scan dengan perangkat printer ataupun scanner untuk memasukkannya ke dalam aplikasi komputer.

Sebelumnya kami sudah pernah membahas cara membuat komik dengan menggunakan scanner. Jika Anda mau melihatnya, silahkan baca artikelnya (Cara Membuat Komik dengan Scanner).

Namun cara ini sudah jarang digunakan oleh para profesional karena lebih banyak menyita waktu dan kurang begitu efisien. Sebagai penggantinya, sekarang para seniman digital lebih banyak menggunakan perangkat pen tablet.

Menggunakan Pen Tablet (Cara Populer, Wajib Punya)

Ini adalah perangkat yang paling populer dan banyak digunakan untuk membuat komik digital di era saat ini karena harganya yang terjangkau serta jauh lebih efisien daripada menggunakan mouse.

Dengan menggunakan pen tablet, apapun yang akan kita goreskan akan langsung ditampilkan di layar monitor. Jadi seakan-akan kita akan merasakan sensasi seperti menggambar pada sebuah kertas.

Sebelumnya kami juga sudah membahas cara membuat komik dengan pen tablet, silahkan baca artikelnya:

Cara Membuat Komik Digital dan Vector Art Pakai Pen Tablet

Beberapa merek pen tablet yang populer di pasaran saat ini adalah Wacom, XP-Pen, dan juga Huion.

Menggunakan Pen Display (Cara Favorit)

Pen Display adalah versi pengembangan dari pen tablet. Dengan kelebihannya yang lebih memudahkan untuk menggambar, karena sudah disematkan sebuah layar monitor.

Dengan menggunakan pen display, kita bisa secara langsung menggambar di atas layar monitor, sehingga akan lebih mudah dan menyenangkan sensasinya seperti saat menggambar di sebuah kertas. Koordinasi antara tangan dan mata akan lebih cepat terarah untuk menggambar dengan lebih nyaman dan presisi.

Harga pen display tentunya relatif lebih mahal dari pen tablet. Tetapi pen display bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda punya budget lebih.

iPad (Primadona, Cara Favorit)

Perangkat iPad populer digunakan oleh para ilustrator profesional. Terutama bagi yang punya budget lebih.

Perangkat iPad dikenal sangat responsif dan jauh dari gangguan lag. Selain itu kualitas layar monitornya pun juga terbilang cukup tajam dengan tingkat reproduksi warna yang akurat. Sehingga tablet buatan perusahaan Apple ini cukup menjadi primadona di kalangan para desainer dan ilustrator digital.

Harganya memang relatif mahal, untuk iPad Pro keluaran terbaru yang termurah ada di rentang harga belasan juta rupiah. Namun cukup sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Terlebih jika digunakan untuk kebutuhan industri untuk kalangan profesional yang notaben sudah cukup bisa menghasilkan income lebih banyak, iPad memang worth it.

Intinya, iPad itu cepat, ringkas, dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Tablet Android (Pilihan Alternatif)

Perangkat Android juga bisa digunakan untuk menggambar komik. Dan ini bisa dijadikan sebagai alternatif yang lebih murah dari iPad. Walau memang kualitasnya masih belum semulus iPad.

Alternatif dari iPad di Android yang cukup populer saat ini adalah tablet merek Huawei MatePad Pro ataupun Samsung Galaxy Tab.

Aplikasi menggambar komik di Android yang cukup populer beberapa di antaranya adalah ibis Paint dan MediBang Paint.

Aplikasi Apa yang Digunakan Untuk Menggambar Komik Digital?

Aplikasi untuk menggambar di komputer ada banyak jenisnya. Setiap aplikasi tentunya punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama, yakni untuk menggambar digital.

Jadi soal penggunaan aplikasi ini, biasanya disamping untuk menyesuaikan kebutuhan, para komikus juga menggunakannya karena memang sudah terbiasa sejak awal mereka belajar dan merasa nyaman.

Berikut ini aplikasi populer yang bisa digunakan untuk membuat komik dan ilustrasi digital:

Advertisement

  • Adobe Photoshop
  • Procreate
  • Clip Studio Paint
  • MediBang Paint
  • PaintTool SAI
  • CorelDRAW
  • Adobe Illustrator
  • Corel Painter
  • Affinity Designer
  • Krita
  • Adobe Fresco
  • Inkscape
  • Autodesk SketchBook Pro
  • Paintstorm Studio
  • Gimp
  • ibis Paint

Wah banyak sekali ya? Ini baru hanya sebagian saja, masih banyak lagi aplikasi pendatang baru lainnya. Kalau semua kita tulis di sini, mungkin bisa pusing sendiri jadinya 🙂

Kalau sudah terbiasa menggunakan salah satu aplikasi, biasanya kita akan lebih sering menggunakan aplikasi tersebut karena sudah nyaman dan menguasai fitur-fitur di dalamnya.

Intinya, apapun aplikasi dan medianya semua tergantung dengan pengalaman dan kreativitas kita. Jadi biasanya beberapa orang akan punya pilihan masing-masing. Biasanya, mereka akan mencoba beragam aplikasi tersebut satu-persatu. Setelah itu baru deh bisa ditentukan lebih nyaman menggunakan aplikasi yang mana.

Menggambar Komik dengan Photoshop

Photoshop sangat populer dan sudah menjadi standar dalam industri desain grafis saat ini. Photoshop banyak digunakan untuk mengedit ataupun memanipulasi foto. Namun karena fiturnya yang sangat lengkap, Photoshop juga sering digunakan sebagai aplikasi digital painting untuk menggambar ataupun membuat lukisan digital.

Salah satu illustrator terkenal yang jago menggambar dengan Photoshop adalah Rossdraws. Berikut ini hasil karyanya yang ada di Instagram:

membuat gambar komik dengan photoshop

Keren ya style menggambar ala Rossdraws? Di channel YouTube-nya, Rossdraws sering menunjukkan behind the scenes cara dia menggambar dengan menggunakan perangkat pen display merek Wacom Cintiq.

Jadi jika untuk menggambar ilustrasi dengan paduan warna yang kompleks saja bisa, apalagi untuk membuat komik, Photoshop juga tentunya sangat bisa diandalkan.

Video di bawah ini merupakan contoh pembuatan komik dan panelnya dengan menggunakan software Adobe Photoshop.

Adobe Photoshop tersedia untuk pengguna komputer Windows dan Mac.

Menggambar Komik dengan Affinity Designer

Affinity Designer menjadi trending di kalangan desainer karena menawarkan beragam inovasi dan fitur menarik dengan harga lisensi yang lebih terjangkau daripada kebanyakan produk Adobe.

Affinity Designer saat ini menjadi pesaing berat Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Karena Affinity Designer mampu memadukan konsep gambar raster dan vector hanya dalam satu aplikasi, sehingga pengguna tidak perlu repot berpindah-pindah aplikasi seperti halnya yang dilakukan pengguna Adobe saat ini.

Menurut saya, antar muka atau interface dari Affinity Designer juga lebih simple dan mudah untuk dipahami bagi para pemula.

Di bawah ini adalah contoh gambar ilustrasi yang saya buat dengan menggunakan Affinity Designer.

Beberapa ilustrasi di atas saya buat untuk meramaikan momen kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

Untuk contoh karya saya yang lainnya, bisa Anda lihat dan temukan di akun Instagram saya.

Affinity Designer tersedia untuk pengguna komputer Windows, Mac, dan juga iPad.

Menggambar Komik dengan MediBang Paint

Aplikasi MediBang juga banyak digunakan oleh para komikus profesional. Terutama karena aplikasi ini gratis namun punya fitur yang cukup lengkap untuk kebutuhan menggambar komik.

Di bawah ini adalah contoh ilustrasi dengan style ala anime dan manga Jepang yang dibuat dengan software MediBang Paint Pro.

membuat-komik-dengan-medibang

Di bawah ini merupakan contoh video proses pembuatan komik dengan menggunakan aplikasi MediBang PaintPro

MediBang Paint tersedia gratis untuk perangkat Android, iPhone, iPad, serta komputer Windows dan juga Mac OS.

Menggambar Komik dengan Clip Studio Paint

Clip Studio Paint juga sangat populer digunakan oleh para profesional untuk membuat komik. Bahkan tidak hanya komik saja, Anda bahkan juga bisa membuat animasi dengan Clip Studio Paint.

Clip Studio Paint punya fitur yang sangat lengkap untuk menunjang kebutuhan dalam menggambar komik. Saking lengkap fiturnya, mungkin akan membuat pengguna pemula sedikit kebingungan saat pertama kali menggunakannya. Namun kalau sudah terbiasa, Anda mungkin akan merasa nyaman menggunakannya.

Di bawah ini adalah video tutorial lengkap cara membuat komik dengan aplikasi Clip Studio Paint.

Clip Studio Paint tersedia untuk komputer Windows dan Mac. Serta untuk perangkat mobile seperti iPhone dan iPad. Yang terbaru ini, dikabarkan Clip Studio Paint juga akan tersedia di Android.

Tutorial Menggambar Komik Tersedia Melimpah di YouTube

Ada cukup banyak video tutorial cara membuat komik dan ilustrasi digital di YouTube.

Banyak kalangan komikus dan ilustrator profesional dengan suka rela sharing pengalaman dan ilmu mereka di sana.

Kita bisa menemukannya dengan kata kunci bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia sesuai dengan aplikasi yang ingin kita pelajari.

Jadi kita bisa memanfaatkan platform ini untuk mempelajari berbagai hal baru dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, Anda mungkin juga akan membutuhkan artikel ini:

Semoga bermanfaat. Selamat berkarya!

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept