🆕 Digital Art Release: Stand With Palestine 💔 🇵🇸  – Lihat di sini

Apa Itu Bun? All-in-one JavaScript Toolkit 4x Lebih Cepat dari Node.js

Aji Zakaria

Sebagai JavaScript runtime modern yang masih tergolong baru, Bun punya fitur lengkap yang diklaim memiliki kecepatan pemrosesan jauh lebih baik daripada Node.js.

Bun adalah all-in-one JavaScript toolkit dan runtime yang dirancang khusus untuk mengoptimalkan kecepatan suatu aplikasi yang dibangun dengan JavaScript dan TypeScript.

Bun dapat digunakan untuk menjalankan, membangun, menguji, serta debugging suatu aplikasi berbasis JavaScript dan juga TypeScript dengan waktu pemrosesan yang diklaim jauh lebih cepat dibanding pendahulunya, Node.js.

Bun Sebagai Pengganti Node.js

Pada dasarnya, Bun hadir sebagai javascript runtime pesaing Node.js.

Namun karena kemampuan dan fiturnya yang diklaim lebih baik dan 4x kali lebih cepat dibanding Node.js secara keseluruhan, rasanya tidak ada alasan untuk tidak menggunakan Bun sebagai pengganti Node.js di era saat ini.

Bun ditulis kodenya menggunakan Zig dan didukung juga oleh JavaScriptCore yang secara signifikan mampu mengurangi waktu startup dan penggunaan memori pada perangkat pengguna.

Tidak seperti Node.js dan runtime lain yang dibuat menggunakan V8 engine buatan Google, Bun dibuat menggunakan engine dari WebKit Apple. WebKit adalah engine yang mendukung Safari dan digunakan oleh miliaran perangkat setiap harinya yang dikenal akan kecepatan dan efisiensinya.

Karena didesain untuk menggantikan Node.js, Bun juga memiliki kompatibilitas dan dukungan bawaan untuk aplikasi Node.js melalui Node API.

Meskipun kompatibilitas dengan Node.js tidak mungkin dilakukan sepenuhnya, namun Bun dapat menjalankan hampir semua aplikasi Node.js yang ada saat ini.

Bun sudah diuji terhadap rangkaian testing untuk paket Node.js paling populer di npm (Node Package Manager). Server framework seperti Express, Koa, dan Hono berfungsi dengan baik.

Aplikasi full-stack yang dibuat dengan Next.js, Remix, Nuxt, Astro, SvelteKit, Nest, SolidStart, dan Vite juga dapat berfungsi dengan baik di Bun.

Bun 4x Lebih Cepat dari Node.js

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Bun memiliki kecepatan lebih baik daripada Node.js.

Dalam hal kecepatan instalasinya, Bun juga jauh lebih cepat dari npm, yarn dan pnpm.

Bun menggunakan global module cache untuk menghindari redundant download dari npm registry dan menggunakan panggilan sistem tercepat yang tersedia di setiap sistem operasi.

Kecepatan Menjalankan Script

Proses menjalankan script juga terhitung jauh lebih cepat dibanding Node.js.

Jika biasanya dengan Node kita menggunakan perintah CLI seperti npm run maka dengan menggunakan bun run (Bun memiliki package manager sendiri) kita bisa menghemat waktu yang lebih cepat sekitar 150 ms (milidetik).

Angka ini mungkin terlihat kecil, tetapi ketika kita running script tersebut melalui CLI performanya akan terlihat sangat signifikan perbedaanya.

Coba bandingan dengan npm run yang ternyata masih terlihat cukup terasa ada delay.

Sedangkan dengan bun run proses ini terlihat jauh lebih cepat dan terkesan instan.

Tidak hanya lebih cepat dari npm. Faktanya, bun run <command> juga lebih cepat dibandingkan dengan yarn dan pnpm.

Berikut ini table perbandingannya:

Script runnerRata-rata waktu
npm run176ms
yarn run131ms
pnpm run259ms
bun run7ms 🚀

Selain itu, Bun juga memiliki built-in testing module bun:test yang juga kompatibel dengan Jest secara penuh.

import { test, expect } from "bun:test";

test("2 + 2", () => {
  expect(2 + 2).toBe(4);
});Code language: JavaScript (javascript)

Dalam pengujian benchmark terhadap test suite untuk zod, Bun 13x lebih cepat dari Jest dan 8x lebih cepat dari Vitest.

Pencocokan Bun diimplementasikan dalam native code yang cepat seperti expect().toEqual()yang ternyata di Bun 100x lebih cepat dari Jest dan 10x lebih cepat dari Vitest.

Bun Tersedia Untuk Mac OS, Linux dan Windows

Bun menyediakan native builds untuk macOS dan Linux, tetapi ada satu hal yang tidak ada: Windows. Sebelumnya, untuk dapat menjalankan Bun di Windows, kita perlu menginstal Windows Subsystem for Linux, tapi sekarang sudah tidak perlu lagi.

Untuk pertama kalinya, kini developer dari Bun merilis Bun untuk Windows tetapi masih dalam tahap eksperimental.

Meskipun versi Bun dari MacOS dan Linux sudah siap produksi, namun untuk versi Windows masih dalam tahap pengembangan.

Saat ini, baru hanya runtime JavaScript yang didukung. Untuk package manager, test runner, dan bundler masih dinonaktifkan sampai benar-benar dianggap sudah stabil dan optimal performanya.

Developer dari Bun masih akan terus meningkatkan dukungan untuk Windows dengan cepat dalam beberapa minggu mendatang.

Bagi developer yang ingin menggunakan Bun di Windows, disarankan untuk bergabung dengan channel Discord #windows mereka untuk mendapatkan pembaruan atau update terkini mengenai pengembangannya.

Kesimpulan

Nah, itulah segenap keunggulan dari Bun sebagai JavaScript runtime dan toolkit pendatang baru yang digadang-gadang akan dapat menggantikan Node.js karena diklaim memiliki kecepatan dan efisiensi yang lebih baik daripada Node.js ataupun runtime lain semacam Deno salah satunya.

Proses pengembangan Bun sendiri sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 2022 yang lalu, tetapi untuk versi stabil yang siap untuk production ready, baru dirilis pada tahun 2023 ini.

Jika kamu tertarik dan ingin menggunakan Bun untuk kebutuhan project kamu, silahkan kunjungi website resminya berikut ini:

Follow:
Sharing tutorial digital art di Instagram: @ajizakaria
1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *