šŸ†• Digital Art Release: Stand With Palestine šŸ’” šŸ‡µšŸ‡ø Ā – Lihat di sini

Apa Saja Kelebihan dari DirectX 12 di Windows 10?

Teksnologi

DirectX 12 telah hadir di Windows 10. Teknologi perangkat lunak pengolah grafis buatan Microsoft ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari versi sebelumnya, baik dari segi kinerja maupun performanya.Ā Teknologi yang dibawa oleh DirectX versi 12 di Windows 10 ini memangĀ menawarkan perubahanĀ revolusi dalam industri grafis, khususnya dalam dunia game.

Namun, sayangnya tidak semua komputer yang terinstall Windows 10 bisa menikmati teknologi ini. Hal ini karena belum semua perangkat keras (hardware) komputer yang ada saat ini memiliki dukungan terhadap DirectX 12 tersebut. Terutama untuk kartu grafis dan processor keluaran lama.

Cara Mengetahui Apakah Komputer Kamu Sudah Support DirectX 12 Atau Belum di Windows 10

Bagi kamu yang sudah familiar dengan cara ini, kamu bisa melihatnyaĀ langsung diĀ dxdiag tool. Tapi bagi kamu yang belum tahu sama sekali, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik icon search di taskbar Windows 10
  2. Ketik “dxdiag” tanpa tanda kutip
  3. Jika hasil pencarian sudah muncul, klik icon dxdiag untuk membukanyaĀ directx12-dxdiag-run-windows10
  4. Komputer akan menganalisa secara otomatis untuk memberi informasi hardware komputer yang kamu gunakan, termasuk versi DirectX yang saat ini sedang digunakan.

dxdiag-directx12-windows10

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, jika komputer kamu sudah mendukung DirectX 12, maka akan tertulis informasinya disana.

Apa Kelebihan dari DirectX 12?

Sebuah fitur bernama MultiadapterĀ yang ada pada DirectX 12 memungkinkan DirectX 12 untuk menggunakan beberapa GPUĀ (multiple GPU) denganĀ lebihĀ spesifik. Kemampuan Multiadapter iniĀ memungkinkan para pengembang untuk menggunakan GPU yang terintegrasi dalam prosesor desktop modern seperti Intel dan AMD APU utuk berdampingan dengan kartu grafis terdedikasi khusus (dedicated GPU).

Dalam beberapa pengujian oleh Microsoft, terlihat bahwa kemampuan multiadapter yang ada pada DirectX 12 mampu mengalami peningkatan frame per second yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan GPU hanya menggunakan single adapter. Tes benchmarking ini menggunakan kartu grafis dari nVidia yang terintegrasi sebagai bagian dari Intel Core GPU.

directx12-unreal-engine-benchmark-windows10 directx12-multiadapter-unreal-engine-benchmark-windows10

Contoh diatas hanyalah sebagian saja. Jika dibandingkan dengan DirectX versi sebelumnya, seperti versi 11. DirectX 12 lebih mampu merendering grafis dengan lebih cepat dan mulus. Bahkan DirectX 12 bisa berjalan mulus saat diuji menyelesaikan tes benchmarking dengan software Unreal Engine, sedangkan DirectX 11 malah mengalami crash ditengahĀ pengujian.

Sudah Install Windows 10, Tapi Kenapa Tidak Ada DirectX 12? Bahkan, Yang Ada Hanyalah Versi DirectX Lawas?

Teknologi terbaru yang ditawarkan oleh DirectX 12 memang menguntungkan para gamer yang suka memainkanĀ game-game kelas berat. Namun semenjak berita rilisnya Windows 10 sedang hangat-hangatnya dibicarakan diberbagai media saat ini, masih banyak user yang menanyakan kenapa komputer mereka masih saja tertulis DirectX versi lawas, entah 11 atau bahkan 10. Padahal Windows 10 sudah terinstall dan dapat berjalan dengan baik?

Jawabannya sederhana, DirectX 12 harus didukung oleh hardware yang kamu gunakan. Jika tidak, maka yang kamu lihat hanyalah DirectX versi lawas yang terinstall di komputer Windows 10 kamu. Untuk solusinya, kamu mungkin perlu memperbarui (update driver) dari VGA di komputer kamu (jika tersedia).

Daftar Hardware Kartu Grafis dan Processor yang Sudah Mendukung DirectX 12 di Windows 10

VGA atau kartu grafis keluaran terbaru, seperti EVGA GTX 980 FTW dan Asus Strix Fury, mendukung DirectX 12.
VGA atau kartu grafis keluaran terbaru, seperti EVGA GTX 980 FTW dan Asus Strix Fury, Ā sudah mendukung DirectX 12.

Intel: Intel Haswell (4th gen. Core) and Broadwell (5th gen. Core) processors

AMD: Radeon HD 7000-series graphics cards, Radeon HD 8000-series graphics cards, Radeon R7- and R9-series graphics cards, and the following APUs (which meld CPU and GPU on a single chip): AMD A4/A6/A8/A10-7000 APUs (codenamed ā€œKaveriā€), AMD A6/A8/A10 PRO-7000 APUs (codenamed ā€œKaveriā€), AMD E1/A4/A10 Micro-6000 APUs (codenamed ā€œMullinsā€), AMD E1/E2/A4/A6/A8-6000 APUs (codenamed ā€œBeemaā€)

Nvidia: GeForce 600-, 700-, and 900-series graphics cards, GTX Titan series

Sementara itu, berdasarkan informasi lainnya, Nvidia menjanjikan akan memberikan kompatibilitas terhadap DirectX 12 untuk kartu grafis versi lawas yang berbasis Fermi GPU, yaitu GeForce 400 dan 500-series.

Kesimpulan

DirectX 12 hadir sebagai bagian dari fitur terbaru dari Windows 10. DirectX 12 menawarkan kemampuan grafis yang lebih ditingkatkan lagi dari versi sebelumnya, baik dari segi kinerja maupun performanya. Namun sayangnya untuk bisa menikmati DirectX 12, hardware yang digunakan seperti VGA atau GPU yang terintegrasi dengan processor juga harus mendukungnya juga. Jika tidak, maka DirectX yang di installnyaĀ hanyalah versi lawas. Sedangkan bagi hardware yang sudah didukung namun belum terinstall DirectX 12, bisa diatasi dengan cara menginstall (update) driver dari kartu grafis versi terbaru.

 

Follow:
Follow us on Instagram: @Teksnologi
16 Comments
    • Bisa dengan cara upgrade driver vga kamu ke versi terbaru. Untuk AMD silahkan download driver di halaman ini: http://support.amd.com/en-us/download

      Pastikan driver yang dipilih sudah sesuai. Atau jika tidak ingin repot, download saja AMD Auto Detect Utility di halaman ini: http://www2.ati.com/drivers/auto/autodetectutility.exe

      Software tersebut akan mendeteksi versi driver yang terinstall di komputer kamu. Apabila tersedia versi terbaru, maka bisa langsung di download update-nya secara otomatis.

      Namun jika ternyata tidak tersedia, berarti vga-nya belum/tidak didukung oleh vendor. Maka solusinya harus membeli vga keluaran terbaru.

  • hahaha salah persepsi .ini harus saya klarifikasikan biar ga tambah pembodohan publik.. directx 12 tidak sepenuhnya berhubungan sama hardware..melainkan tergantung build yang sudah di tetapkan dan selalu melakukan pembaruan drivers atau OS,,
    saya pertama kali install windows 10 dengan versi build lawas masih terdeteksi directx 11 ..
    tetapi sekarang entah kenapa ketika di build 14905 ini ketika saya cek di dxdiag direcxt seketika berganti menjadi angka 12… apa karena ada jin, atau hardware saya bisa upgrade sendiri? ga mungkin kan? ..

    jadi apa mungkin hardware sangat berpengaruh besar ? tentu saja tidak.. kalo di perhatikan komputer saya lebih jadul dari apa yang Anda punya..

    • Yang bodoh itu ente, komentar panjang lebar tapi ngga memahami postingan ini keseluruhan. Kan adminnya udah jelas2 nulis infonya di kesimpulan. COBA BACA:

      “untuk bisa menikmati DirectX 12, hardware yang digunakan seperti VGA atau GPU yang terintegrasi dengan processor juga harus mendukungnya juga. Jika tidak, maka DirectX yang di installnya hanyalah versi lawas. SEDANGKAN BAGI HARDWARE YANG SUDAH DIDUKUNG NAMUN BELUM TERINSTALL DIRECTX 12, BISA DIATASI DENGAN CARA MENGINSTALL (UPDATE) DRIVER DARI KARTU GRAFIS VERSI TERBARU.) <<– Noh. Paham?

      Soal kasus Windows ente udah keinstall DX12, itu berarti gpu yang ente pakai udah mendukung, dan itu jelas melalui update seperti yang udah ditulis si admin.

      Makanya kalau baca yang teliti, biar ngga memalukan diri sendiri. Lu kira gpu/vga itu bukan hardware? šŸ˜®

      • yang bilang GPU/VGA bukan hardware itu siapa? jin ? ente yang lebih teliti baca komen gua.. makin ngaciiir kocak… (baca) directx 12 tidak sepenuhnya berhubungan sama hardware..melainkan tergantung build yang sudah di tetapkan dan selalu melakukan pembaruan drivers atau OS,,.. jadi kesimpulannya,. kalo lo berkeluh kesah kenapa direct 12 tidak muncul saat setelah update windows 10..? sudah saya jelaskan itu tergantung build yang di tetapkan Microsoft.. jadi setiap build terbaru sudah di tertanam drivers yang mencakupi dengan hardware.. kamu bisa liat penjelasan saya ketika menggunakan build lawas windows 10 masih terdeteksi directx11? sedangkan di build terbaru ini dari 14393 sampai 14905 sudah terdeteksi directx12.. mungkin bisa jadi kedepannya terdapat directx13 … jadi ga sepenuhnya gua harus ganti komponen hardware jika ternyata hardware hanya berperan untuk daya performa bukan hanya angka versi saja.. dari 11 ke 12 terus sampe ke 20 versi.. SANTAI.. bodoh kok teriak bodoh… cak kocak

        • Masih ngeyel? Ini postingan DITULIS si admin TANGGAL 3 AGUSTUS 2015. Jadi lu ngga usah bawa-bawa argumen lu yang ngga mutu. Makin keliatan BODOHnya lu.

          Sedangkan Windows 10 build 14393 itu BARU RESMI DIRILIS ke publik tanggal 2 AGUSTUS 2016. (Microsoft Anniversary Update).

          Postingan ini udah dibuat dari tahun 2015 nyong, sedangkan lu baru baca ini dan nyobain build DX12 di tahun 2016. Udah jelas si admin nulis di tahun 2015 kaya gitu karena memang disaat itu build yang lu bawa-bawa belum dirilis. Pada saat itu untuk bisa mencoba DX12 ini baru hanya didukung dari hardware GPU/VGA keluaran terbaru melalui driver update.

          Lagian udah dijelasin sama web luar. Lu BACA disini: http://www.extremetech.com/gaming/178904-directx-12-detailed-backwards-compatible-with-all-recent-nvidia-gpus-will-deliver-mantle-like-capabilities

          Sekarang siapa bodoh teriak bodoh? Sadar diri aja, malu lu ngatain tulisan orang pembodohan publik, justru makin keliatan bodoh dan sok tahunya dirilu, padahal kopong.

          • hahaha kocak ,,, bersikeras menutupi agar terlihat meyakinkan… ente adminya ya? kok sampe bela belain ini web… ? di sini saya tidak membahas kapan artikel ini di publikasikan, ok tetapi cara penulisan artikel itu lho, salah kaprah, terlalu mempertuhankan hardware,, . sudah jelaskan apa yang saya lontarkan di komen sebelumnya.. tetapi kamu selalu terlihat seperti pahlawan sok benar dan menutupi kesalahan agar terlihat benar.. sehingga orang melihat Anda smart dalam berkata.padahal terlalu lucu. tapi apa yang di sampaikan sangat jauh dari pokok pembahasan.. ,, saya tekankan buat kamu yang memiliki retorika dangkal , artikel ini membahas tentang windows 10 ,berarti seblum artikel ini di buat windows 10 sudah rilis,, memang windows 10 build 14393 dan 14905 baru di rilis tahun ini,,, memangnya build itu saja yang saya dapatkan.. sebelum artikel ini di luncurkan saya sudah menggunakan build zadul dari windows 10…
            jadi bukan hanya 1 atau 2 build saja yang pernah saya gunakan…

            oh ya soal web luar.. http://www.extremetech.com.. hahaha kocak Anda terlalu percaya dengan web luar? bisa saja web luar seperti web kebanyakan yang hanya bisa copas tanpa menyertai sumbernya… KOcak cumpah deh,,, lebih jelas ini aku jelasakan apa itu directx …………

            DirectX, Sederhananya, perangkat lunak dikembangkan oleh Microsoft yang berbicara ke komponen perangkat keras PC. Secara khusus, itu adalah sekumpulan antarmuka pemrograman aplikasi, atau api, dirancang untuk menangani tugas-tugas terkait dengan rendering 2D dan 3D grafis vektor, rendering video dan bermain audio pada Windows platform.

            Itu saingan OpenGL, lain berorientasi grafis API suite diperkenalkan pada tahun 1992, itu sumber terbuka dan pembangunan yang berkelanjutan oleh konsorsium teknologi Khronos Group. Dan, sementara OpenGL API cross-platform, tidak memiliki keuntungan menjadi asli untuk Windows platform.
            DirectX pertama kali muncul pada Windows 95. Pada waktu itu, kebanyakan PC game berlari pada platform DOS tua, yang memungkinkan pengembang untuk “berbicara” langsung ke PC komponen seperti kartu audio, kartu video, mouse dan banyak lagi.
            Banyak veteran PC gamer harus ingat hari tua mengedit Config.sys file dan Autoexec.bat file untuk mengatur lingkungan pengaturan benar sehingga permainan tertentu bisa bekerja dengan benar (IRQs dan DMAs yang diedit juga, tapi itu cerita lain).
            Windows 95 tidak memiliki jalur langsung komunikasi-sampai Microsoft mengembangkan suite DirectX api.
            Pada awalnya, DirectX tidak mengambil, sebagai pengembang sebagian besar bergantung pada OpenGL pada waktu dan diprogram secara efisien dalam lingkungan DOS. Microsoft grafis API suite memperoleh momentum dari waktu ke waktu setelah pengembang tahu itu tidak akan pernah pergi ke Halaman ini.
            Dengan demikian, DirectX tampaknya mendorong OpenGL keluar dari jalan oleh waktu versi 9 (alias DX9) memukul adegan game PC pada tahun 2002. Windows XP mungkin dipercepat DirectX’s pertumbuhan, sebagai platform tertentu tersebut sangat stabil dan masih digunakan di seluruh dunia. Windows 10 dijadwalkan untuk menjadi sama populer, dan dengan mendarat terbaru dalam DirectX seri, DirectX 12.

            sumber : Microsoft corporation,, “bukan situs abal-abal”

            …. ok.. cukup sekian dan jelas hahahaha ngebanyol kok ga sesuai dengan OTAK? lucu ..

            sekali lagi:: DirectX, simply put, is software developed by Microsoft that talks to a PC’s hardware components. Specifically, it’s a collection of application programming interfaces, or APIs, designed to handle tasks related to rendering 2D and 3D vector graphics, rendering video and playing audio on the Windows platform..

            BODOH KOK TERIAK BODOH,, GAGAL FOKUS WKWKWKWK

          • Ikutan komen yaa? Lg googling eh mampir kemari… btw Sy setuju sama mas Bastian, sorry bukannya ngebela siapa2, ini cuma pendapat sy ja gan… Sy jg dulu waktu di awal2 upgrade dari 7 ke win10 thn 2015 gak dapet directx12, baru bbrp bulan sehabis itu baru bisa nyobain, itupun download dari web vga nvidia. Emang sih pas itu info2 dari berbagai web emang rata2 nyaranin kudu upgrade driver vga,,yg dibahas lebih ke hardware vga’a (coz vga jadul blm bisa dpt dx12 waktu itu). Kalau skrng sih dh beda konteksnya, build terbaru dh include dx12. Mungkin mas jhoy cristian cuma mau menambahkan, cuma dia kurang teliti aja baca ini artikel ternyta ditulis dh setahun yg lalu. Jadi ya dah beda konteksnya skrng. Itu aja si, peace bro hehehe

          • So, agak kurang etis aja gimana gitu dengernya kalau artikelnya dicap pembodohan publik hehe…sy rasa pasti penulis dh usaha untuk berbagi info/share ke pembaca. Apalagi diliat dari postingan lain di blog ini juga masih tergolong berguna kok hehe, terutama tutor desain grafisnya sy suka bgt hehehe

    • Dear Jhoy dan Bastian,

      Kami sangat menghargai pendapat Anda. Namun, akan lebih baik jika kalian bisa saling menghormati dalam meninggalkan komentar pada diskusi ini, dengan tidak “berkata kasar” satu sama lain.

      Perihal diskusi ini, kami tidak akan menanggapi segala perdebatan mengenai artikel ini, karena memang ini adalah artikel lawas. Namun kami terbuka untuk menerima kritik dan saran ataupun pendapat dari para pembaca.

      Untuk itu, kami memutuskan untuk menutup sementara diskusi ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

  • Yang bersikeras itu elu, gua disini cuma visitor biasa. PD banget lu bilang gua admin ngebela ini web? Di awal aja lu udah salah baca, postingan 2015 lu generalisir disamain sama pembaruan 2016.

    ngatain gua bersikeras biar terlihat benar? justru lu yang nyari-nyari pembenaran.

    Ini postingan tahun 2015 nyong udah setahun yg lalu, lu aja yg bodoh ngga bisa baca? Lu bilang mempertuhankan hardware? Mana coba tunjukin tulisan disini mana yg mempertuhankan hardware? Bisa ngga lu tunjukin? Kelihatan itu statement lu cuma omong kosong dan mengada-mengada. Lu ngga paham apa tema yg ditulis diatas. Di 2015 blm ada build win10 yg nyertain dx10 secara langsung kaya skrng. Yg dibahas di blog ini soal hardware itu untuk pengguna yg pengen langsung nyobain dx12 di 2015, karena saat itu mau ngga mau harus upgrade gpu/vga kalau mau nyobain dx12 dengan segera, kalau emang gpunya ngga dpt driver update dari vendor. Gua pun ngalamin saat itu. Nah disini bodohnya lu ngga paham kondisi yg digambarin saat itu.

    Dan disini ketahuan gapteknya lu, gw cuma nyari dan ngasih sumber yg kira-kira mirip sama tulisan di blog ini buat referensi. Lu bilang extremetech web abal-abal? Itu web besar, dan udah termasuk skala perusahaan. Ngga bakal dia dpt trust verifiednya facebook kalau emang itu web abal-abal yang lu bilang tukang copas? Lu ngga nyadar? tulisan lu diatas aja copas nyong, ngga becus nulis gramarnya, pake bawa-bawa Microsoft segala.

    Sumber lain yg mirip kalau lu masih ngga becus bisa baca:

    http://www.pcworld.com/article/2954260/windows/these-graphics-cards-and-processors-support-windows-10s-directx-12-graphics-tech.html

    Keras kepala atau emang bodoh lu kalau masih cari pembenaran juga. Baca tanggal postingan blog aja ngga becus pake berlaga ngeluarin statement ngga mutu. Baru kenal internet setahun dua tahun ya dek?

  • Mohon perhatian kepada para pembaca. Bersikap bijaklah dalam berkomentar. Gunakan sopan santun dan tutur kata yang baik agar tidak menyinggung satu sama lain hingga bisa memancing emosi terhadap sesama pembaca. Mari saling menghormati untuk menjaga kerukunan di jagat internet ini.

    Untuk sementara, diskusi kami tutup untuk menghindari keributan diantara para pembaca. Mohon dimaklumi. Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *