Informasi Teknologi & Internet

Apa Saja Kelebihan dari DirectX 12 di Windows 10?

DirectX 12 telah hadir di Windows 10. Teknologi perangkat lunak pengolah grafis buatan Microsoft ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari versi sebelumnya, baik dari segi kinerja maupun performanya. Teknologi yang dibawa oleh DirectX versi 12 di Windows 10 ini memang menawarkan perubahan revolusi dalam industri grafis, khususnya dalam dunia game.

Namun, sayangnya tidak semua komputer yang terinstall Windows 10 bisa menikmati teknologi ini. Hal ini karena belum semua perangkat keras (hardware) komputer yang ada saat ini memiliki dukungan terhadap DirectX 12 tersebut. Terutama untuk kartu grafis dan processor keluaran lama.

Advertisement

Cara Mengetahui Apakah Komputer Kamu Sudah Support DirectX 12 Atau Belum di Windows 10

Bagi kamu yang sudah familiar dengan cara ini, kamu bisa melihatnya langsung di dxdiag tool. Tapi bagi kamu yang belum tahu sama sekali, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik icon search di taskbar Windows 10
  2. Ketik “dxdiag” tanpa tanda kutip
  3. Jika hasil pencarian sudah muncul, klik icon dxdiag untuk membukanya directx12-dxdiag-run-windows10
  4. Komputer akan menganalisa secara otomatis untuk memberi informasi hardware komputer yang kamu gunakan, termasuk versi DirectX yang saat ini sedang digunakan.

dxdiag-directx12-windows10

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, jika komputer kamu sudah mendukung DirectX 12, maka akan tertulis informasinya disana.

Apa Kelebihan dari DirectX 12?

Sebuah fitur bernama Multiadapter yang ada pada DirectX 12 memungkinkan DirectX 12 untuk menggunakan beberapa GPU (multiple GPU) dengan lebih spesifik. Kemampuan Multiadapter ini memungkinkan para pengembang untuk menggunakan GPU yang terintegrasi dalam prosesor desktop modern seperti Intel dan AMD APU utuk berdampingan dengan kartu grafis terdedikasi khusus (dedicated GPU).

Dalam beberapa pengujian oleh Microsoft, terlihat bahwa kemampuan multiadapter yang ada pada DirectX 12 mampu mengalami peningkatan frame per second yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan GPU hanya menggunakan single adapter. Tes benchmarking ini menggunakan kartu grafis dari nVidia yang terintegrasi sebagai bagian dari Intel Core GPU.

directx12-unreal-engine-benchmark-windows10 directx12-multiadapter-unreal-engine-benchmark-windows10

Contoh diatas hanyalah sebagian saja. Jika dibandingkan dengan DirectX versi sebelumnya, seperti versi 11. DirectX 12 lebih mampu merendering grafis dengan lebih cepat dan mulus. Bahkan DirectX 12 bisa berjalan mulus saat diuji menyelesaikan tes benchmarking dengan software Unreal Engine, sedangkan DirectX 11 malah mengalami crash ditengah pengujian.

Sudah Install Windows 10, Tapi Kenapa Tidak Ada DirectX 12? Bahkan, Yang Ada Hanyalah Versi DirectX Lawas?

Teknologi terbaru yang ditawarkan oleh DirectX 12 memang menguntungkan para gamer yang suka memainkan game-game kelas berat. Namun semenjak berita rilisnya Windows 10 sedang hangat-hangatnya dibicarakan diberbagai media saat ini, masih banyak user yang menanyakan kenapa komputer mereka masih saja tertulis DirectX versi lawas, entah 11 atau bahkan 10. Padahal Windows 10 sudah terinstall dan dapat berjalan dengan baik?

Jawabannya sederhana, DirectX 12 harus didukung oleh hardware yang kamu gunakan. Jika tidak, maka yang kamu lihat hanyalah DirectX versi lawas yang terinstall di komputer Windows 10 kamu. Untuk solusinya, kamu mungkin perlu memperbarui (update driver) dari VGA di komputer kamu (jika tersedia).

Daftar Hardware Kartu Grafis dan Processor yang Sudah Mendukung DirectX 12 di Windows 10

VGA atau kartu grafis keluaran terbaru, seperti EVGA GTX 980 FTW dan Asus Strix Fury, mendukung DirectX 12.
VGA atau kartu grafis keluaran terbaru, seperti EVGA GTX 980 FTW dan Asus Strix Fury,  sudah mendukung DirectX 12.

Intel: Intel Haswell (4th gen. Core) and Broadwell (5th gen. Core) processors

AMD: Radeon HD 7000-series graphics cards, Radeon HD 8000-series graphics cards, Radeon R7- and R9-series graphics cards, and the following APUs (which meld CPU and GPU on a single chip): AMD A4/A6/A8/A10-7000 APUs (codenamed “Kaveri”), AMD A6/A8/A10 PRO-7000 APUs (codenamed “Kaveri”), AMD E1/A4/A10 Micro-6000 APUs (codenamed “Mullins”), AMD E1/E2/A4/A6/A8-6000 APUs (codenamed “Beema”)

Nvidia: GeForce 600-, 700-, and 900-series graphics cards, GTX Titan series

Sementara itu, berdasarkan informasi lainnya, Nvidia menjanjikan akan memberikan kompatibilitas terhadap DirectX 12 untuk kartu grafis versi lawas yang berbasis Fermi GPU, yaitu GeForce 400 dan 500-series.

Kesimpulan

DirectX 12 hadir sebagai bagian dari fitur terbaru dari Windows 10. DirectX 12 menawarkan kemampuan grafis yang lebih ditingkatkan lagi dari versi sebelumnya, baik dari segi kinerja maupun performanya. Namun sayangnya untuk bisa menikmati DirectX 12, hardware yang digunakan seperti VGA atau GPU yang terintegrasi dengan processor juga harus mendukungnya juga. Jika tidak, maka DirectX yang di installnya hanyalah versi lawas. Sedangkan bagi hardware yang sudah didukung namun belum terinstall DirectX 12, bisa diatasi dengan cara menginstall (update) driver dari kartu grafis versi terbaru.

 

Advertisement