πŸ†• Digital Art Release: Stand With Palestine πŸ’” πŸ‡΅πŸ‡Έ Β – Lihat di sini

Adobe Menggunakan Machine Learning dengan TensorFlow.js Pada Photoshop Web

Teksnologi

Photoshop Web merupakan versi Adobe Photoshop berbasis web browser sebagai alternatif dari Adobe Photoshop versi desktop.

Photoshop merupakan software desain grafis yang populer digunakan sebagai tool editing foto dan manipulasi gambar.

Dalam postingan terbarunya, ternyata Photoshop berbasis browser tersebut menggunakan teknologi web machine learning (Web ML) yang juga dikombinasikan dengan library JavaScript dari TensorFlow.js yang dikembangkan oleh Google terutama untuk meningkatkan fitur Object Selection Tool di dalam aplikasinya.

TensorFlow sendiri merupakan library berbasis bahasa pemrograman Python yang populer digunakan untuk mengembangkan machine learning dan juga AI (Artificial Intelligence) atau yang biasa kita kenal sebagai teknologi kecerdasan buatan.

Kendala utama ketika mengaktifkan fitur ML canggih seperti Object Selection Tool di Photoshop Web saat ini masih membutuhkan solusi “cloud inference” untuk kebutuhan dalam menyeleksi suatu objek gambar.

Sehingga pengguna harus online dan terhubung ke internet untuk mengirim data ke layanan cloud untuk dapat mengakses tugas yang berhubungan dengan machine learning.

Artinya, aplikasi web tidak dapat berjalan secara offline, privasi pengguna tidak terjaga, dan ada tambahan biaya dan keterlambatan untuk setiap koneksi ke cloud karena model harus dijalankan di hardware mereka sendiri.

Dalam hal Object Selection tool, mengandalkan cloud inference terkadang akan menghasilkan performa yang kurang optimal karena adanya keterlambatan jaringan (network latency).

Untuk itu, guna memberikan layanan pengguna yang lebih baik, Adobe Photoshop Web mengembangkan solusi inference on-device yang dapat menghasilkan prediksi yang lebih cepat dan UI yang lebih responsif menggunakan TensorFlow.js.

Apa Itu TensorFlow.js?

TensorFlow.js adalah library machine learning open-source dari Google yang ditujukan untuk mengembangkan JavaScript yang dapat berjalan di sisi klien pada web browser pengguna.

TensorFlow merupakan pilihan yang populer bagi para developer untuk mengembangkan aplikasi canggih berbasis web menggunakan web ML dengan dukungan operator WebGL dan WebAssembly (WASM) yang komprehensif.

Di update mendatang, akan ada opsi untuk backend WebGPU yang digunakan di browser untuk menghasilkan performa yang lebih cepat sebagai bagian dari standar web baru yang akan terus berevolusi.

Adobe telah bekerja sama dengan Google untuk mengintegrasikan TensorFlow.js ke Photoshop Web dan memungkinkan untuk melakukan pengoperasian tugas yang canggih seperti menyeleksi objek gambar dengan menggunakan machine learning yang berjalan di browser pengguna.

βœ… Bacaan selanjutnya:

Follow:
Follow us on Instagram: @Teksnologi
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *