Fitur Baru Bluestacks 2: Mampu Menjalankan Banyak Aplikasi Android dalam Satu Waktu

Sejak awal diluncurkannya pada 2011 lalu, Bluestacks sangat populer karena menjadi salah satu emulator terbaik untuk menjalankan aplikasi Android di Windows.

Kini di penghujung akhir tahun 2015 Bluestacks hadir dengan versi baru, yakni Bluestacks 2. Pembaruan besar pada software Bluestacks ini menawarkan fitur-fitur baru disertai dengan beberapa perbaikan (bug fixes).

Salah satu fitur barunya yaitu kemampuan untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi Android dalam waktu yang bersamaan (multitasking).

Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas apa saja fitur baru di Bluestacks 2 ini.

Tampilan Bergaya ala Web Browser

bluestacks2-interface

Sekarang tampilan Bluestacks versi 2 lebih mirip seperti antarmuka web browser. Dimana ketika menjalankan lebih dari satu aplikasi, akan ditampilkan pada tab lainnya secara terpisah.

Pengguna bisa dengan mudah berpindah-pindah aplikasi hanya dengan mengklik tab. Dan untuk menutup aplikasi, cukup mengklik tanda silang yang juga terdapat pada tab tersebut.

Welcome Tab & Android Tab

Welcome Tab menyediakan daftar aplikasi Android yang paling populer di dunia. Sedangkan Android Tab mirip seperti launcher, dimana aplikasi favorit maupun yang sudah terinstall dapat dijalankan melalui menu ini.

bluestacks2-android-tab

Menjalankan Beberapa Game & Aplikasi Secara Bersamaan (Multitasking)

bluestacks2-clash-of-clans

Di fitur baru ini, kamu bisa menjalankan beberapa game dan aplikasi secara bersamaan. Seperti pada contoh gambar diatas, Bluestacks 2 mampu menjalankan game Candy Crush Saga bersamaan dengan game Clash of Clans (CoC).

Sementara itu, kamu juga bisa berpindah tab untuk streaming dan menonton video di Youtube. Tapi untuk apa juga ya buka Blustacks kalau hanya untuk mengakses Youtube? Lebih baik murni lewat web browser Windows saja ya.

Pertanyaan: Mungkin ada dari kalian yang bertanya, apakah Bluestacks 2 bisa menjalankan aplikasi messenger seperti Whatsapp? Jawabannya sangat bisa. Yang perlu dilakukan adalah menyediakan nomor hp kamu yang aktif untuk menerima kode verifikasi.

Bagaimana dengan Instagram? Yup, Instagram juga dapat berjalan mulus di Bluestacks. Kamu bahkan bisa mengupload foto yang ada di komputer langsung di Instagram melalui emulator Bluestacks ini.

Side Toolbar

Fitur baru yang juga hadir di Bluestacks 2 adalah side toolbar. Menu ini menyediakan shortcut akses cepat, seperti untuk berpindah mode layar dari potrait ke landscape, shake, mengambil screenshot, copy & paste, install APK secara manual, mengatur sound, dll.

bluestacks2-side-toolbar

Back Button (Tombol Kembali)

Tombol back diletakkan dalam deretan yang sejajar dengan posisi tab. Jadi bagi yang ingin bolak-balik aplikasi, bisa menggunakan tombol bertanda panah kiri ini.

bluestacks-back-button

Peningkatan Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan atau storage di Bluestacks 2 juga telah ditingkatkan menjadi 32 GB (yaitu 16 GB penyimpanan internal dan 16 GB SD Card).

bluestacks2-storage

Dengan ditingkatkannya kapasitas storage tersebut, berarti memungkinkan untuk lebih banyak menginstall aplikasi.

Peningkatan storage tersebut hanya berlaku bagi yang melakukan fresh install, sedangkan bagi yang upgrade dari versi sebelumnya kapasitas penyimpanan masih tetap sama (tidak ditingkatkan secara otomatis). Solusinya, harus uninstall terlebih dahulu Bluestacks versi lawas, kemudian install baru, Bluestacks 2.

Bluestacks Turut Berperan dalam Menyebarkan Distribusi Android di Seluruh Dunia

Itu dia beberapa fitur baru dari Bluestacks 2 sebagai salah satu emulator Android paling populer di dunia. Bluestacks saat ini sudah di download lebih dari 109 juta kali di seluruh dunia. Menurut perusahaan, pengguna menjalankan lebih dari 1,1 milyar aplikasi Android melalui Bluestacks setiap bulannya.

bluestacks+android+app+chart

Bluestacks sekarang memiliki basis pengguna Android terbesar ketujuh di dunia. Bahkan melewati nama besar seperti Xiaomi dan Sony, menurut data dari perusahaan riset Gartner.

Download: Bluestacks 2 Android Emulator