Apa Itu Hotspot?

Pengertian Hotspot secara sederhana kami analogikan seperti ini: Jika kamu pergi mengunjungi area publik atau tempat-tempat tertentu seperti mall, restoran, atau area kampus, kamu mungkin akan menemukan jaringan WiFi di sana. Kamu bisa terkoneksi dengan jaringan tersebut melalui perangkat seperti PC, laptop, ataupun smartphone kamu. Nah, lingkup area yang masuk dalam jangkauan jaringan Wireless tersebut dinamakan dengan Hotspot.

Namun, dalam area hotspot tersebut sebenarnya kamu hanya menjadi client yang “menumpang” di jaringan milik orang lain atau pihak lain tersebut.

Lalu, bagaimana jika ingin membuat jaringan hotspot sendiri yang tentunya menjadi milik kita sendiri sebagai server? Mudah saja, jika kamu punya smartphone Android misalnya, maka kamu bisa membuat jaringan hotspot sendiri dari perangkat Android kamu, untuk membagi koneksi internet kamu dengan teman kamu atau orang lain.

Itu adalah salah satu contoh sederhana membuat hotspot dengan memanfaatkan fitur di smartphone dengan sistem operasi Android. Bagaimana jika ingin membuat hotspot di komputer Windows? Mudah saja, kamu bisa menggunakan software khusus untuk hal itu, namun pada tutorial ini kita tidak akan menggunakan software, melainkan dengan memanfaatkan fitur command prompt bawaan Windows saja.

Cara Membuat Hotspot Melalui Command Prompt Windows 7

Perlu diketahui bahwa untuk membuat hotspot di komputer PC tentunya kamu sudah harus punya perangkat Wireless adaptornya. Perangkat tersebut bisa dibeli di toko komputer, yang umumnya dalam bentuk USB.

打印

Sedangkan untuk laptop, notebook, atau netbook yang umumnya sudah memiliki fitur WiFi di dalamnya bisa mempraktekan cara ini secara langsung tanpa perlu menggunakan perangkat tambahan seperti di atas. Langsung saja, berikut cara membuat hotspot di command prompt Windows 7 tanpa perlu software:

Langkah 1

Buka cmd: Start Menu > All Programs > Accessories > Command Prompt

select-command-prompt-windows

 

Langkah 2

Pastikan kamu sudah dalam status user sebagai Administrator. Jika belum, maka sebelum membuka cmd, klik kanan terlebih dahulu pada cmd kemudian pilih “Run as administrator”.

cmd-run-as-administrator

 

Langkah 3

Setelah jendela cmd terbuka, silahkan ketikkan perintah berikut (kemudian tekan Enter):

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaWifiKamu key=PasswordWifiKamu

Ganti ssid dan password sesuai keinginanmu sendiri. SSID digunakan sebagai nama jaringan WiFi kamu nantinya. Sedangkan untuk password minimal 8 digit campuran antara angka dan huruf.

cmd-set-wireless-connection-wifi

Konfigurasi awal sudah berhasil, saatnya mengaktifkan fitur ICS (Internet Connection Sharing) untuk mengaktifkan jaringan WiFi agar bisa terkoneksi dengan internet.

Langkah 4

Buka Control Panel dan pilih Network and Sharing Center untuk membuka jendela Network Connection. Klik kanan pada jaringan kamu yang sudah terkoneksi ke internet dan pilih Properties. Untuk contoh di sini jaringan yang aktif dengan koneksi internet adalah “Local Area Connection”.

network-connection-properties-lan

Langkah 5

Setelah jendela Properties terbuka, pilh tab “Sharing”. Kemudian klik atau beri tanda centang pada checkbox untuk mengaktifkan fitur ICS. Dan pada “Home networking connection:” pilih jaringan dari Wireless Adaptor yang sudah terinstall yaitu “Wireless Network Connection 2”. Jika sudah, klik OK.

internet-connection-sharing-lan-wifi-windows7

Langkah 6

Konfigurasi jaringan sudah berhasil, kini saatnya mengaktifkan jaringan WiFi kamu untuk mulai membuat hotspot. Kembali ke cmd, dan ketikkan perintah berikut (kemudian tekan Enter):

netsh wlan start hostednetwork

cmd-start-wireless-connection-wifi

 

Langkah 7

Jika konfigurasi sudah benar, maka jaringan WiFi kamu akan aktif, dan siapapun yang masuk dalam jangkauan dari jaringan WiFi kamu tersebut akan bisa terkoneksi dengan komputermu, termasuk menggunakan internet kamu juga.

Langkah 8

Untuk mengeceknya, ataupun menghubungkannya kamu bisa lihat pada icon Network Connection di system tray pada perangkat lain, misal dari laptop kamu. Nantinya akan muncul nama WiFi kamu sesuai dengan SSID yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

membuat-jaringan-wifi-hotspot-tanpa-software-windows7

Untuk menonaktifkan atau menutup jaringan WiFi ini, cukup dengan mengetikkannya kembali di cmd dengan perintah berikut:

netsh wlan stop hostednetwork

Penutup

Itu dia cara membuat jaringan hotspot sendiri di Windows 7 tanpa menggunakan software pihak ketiga. Jadi, cukup hanya dengan mengandalkan command prompt dan WiFi Adaptor yang sudah terinstall bersama drivernya, kamu sudah bisa membuat jaringan hotspot sendiri.

Oh iya, sebenarnya kamu juga bisa mentransfer file antar komputer melalui jaringan WiFi tersebut. Hal ini sangat membantu bila kamu sedang berada di luar tanpa membawa kabel data ataupun kabel LAN. Untuk tutorialnya, akan kami jelaskan pada artikel selanjutnya.

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.

  • Ikhsan

    Ada masalah nih, ketika udah nulis “netsh wlan start hostednetwork” tekan enter lalu muncul “The hosted network coudn’t be started. the group or resource is not in the correct state to perform the requested operation” Tolong bantuannya

    • #1 Solusi Pertama:

      Pastikan adapter dan virtual wifi sudah diaktifkan. Caranya:
      Buka: Network and Sharing Centre, kemudian pilih ‘Change Adapter Settings” klik kanan pada “Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter” dan klik “Enable” (bisa juga dengan double click).

      #2 Solusi Kedua:

      Jika cara pertama masih gagal. Coba tetap lanjutkan ke cara berikut.

      1. Klik kanan pada icon “My Computer” yang ada di desktop ataupun bisa melalui start menu. Kemudian pilih “properties“. Pada panel sebelah kiri, pilih “Device Manager“.

      2. Pada device manager, lihat bagian “network adapters” dan cari Wireless adapter kamu disana.

      3. Klik kanan pada wireless adapter (pastikan sudah tepat), kemudian pilih “properties“.

      4. Selanjutnya buka power management tab dan pastikan kamu sudah memberi centang pada “Allow this device to wake up the computer” demikian juga pada “Allow the computer to turn of this device to save power” lalu klik ok.

      #3 Solusi Ketiga:

      1. Kembali ke menu device manager. Klik kanan pada wifi adapter kamu dibawah kategori network adapters, kemudian klik “uninstall. (Ini akan menguninstall driver dari wifi adapter kamu).

      2. Selanjutnya pada menu bar dibagian atas dari device manager, klik “Action” kemudian pilih “Scan for new hardware changes”. Maka Windows akan secara otomatis menginstall ulang driver dari wifi adapter kamu. (Reinstall).

      =========================================================

      Kebanyakan untuk error seperti ini sudah bisa diperbaiki hanya dengan cara pertama #1 seperti yang sudah dijelaskan diatas. Atau juga bisa langsung melompat ke cara ketiga #3.

      Semoga membantu.

      • Night Club

        bang kalo mau makenya tapi ga adapter dan wireless nya bagaimana bg?
        udah coba sesuai instruksi bg, tpi sama kayak yg dibilang si kawan di atas ini

  • Yuswan Al Hadid

    klo wifi nya udah muncul tpi tertulis no network access, gimana tu gan?

    • Biasanya yang juga sering terlihat pesan errornya seperti: unidentified network, no internet access, limited access, dsb. Coba salah satu solusi berikut:

      1. Pada jendela “Network Connections”, klik kanan pada “Wireless Network Connection”, pilih “Properties”.
      2. Kemudian double click pada “Internet Protocol Version 4 (TCP /IPv4).
      3. Selanjutnya periksa apakah settingan IP Address terisi manual ataukah otomatis.
      4. Jika manual, coba ganti ke otomatis dengan memilih opsi “Obtan an IP address automatically”, kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan.

      5. Restart wifi untuk mengaktifkan ulang.

      Semoga membantu.

      • Yuswan Al Hadid

        gan, belum bisa juga ni gan. sebelumnya pas pertama nyoba bisa gan, tpi lama kemudian no network access.

        • Kemungkinan konflik di IP Address-nya. Untuk internetnya pakai modem dial up biasa atau internet kabel?

          Untuk mengatasi konflik di IP Address, silahkan ganti ke manual jika memang tidak bisa secara otomatis. Namun harus tahu mana IP modem, dan mana IP untuk LAN dan WiFi Adaptornya.

          Tidak direkomendasikan menggunakan modem biasa, semisal usb modem dari operator selullar, karena koneksi sering tidak stabil dan sering kali tidak mendapat IP Address untuk di sharing.

          https://www.youtube.com/watch?v=5zyzrMLNNKI

  • Samuel Lie

    Cara lihat user yg terkoneksi dengan wifi yg kita buat tdi bgaimana?

    • Untuk mengecek dan memonitor device apa saja yang terhubung ke jaringan kita, silahkan masukkan perintah: “netstat -a” tanpa tanda kutip pada cmd (command prompt).

      Sedangkan jika menggunakan modem router bisa dilihat langsung melalui interface routernya.

      Atau bisa melalui software bernama “Wireless Network Watcher”. Yang bisa di download gratis di halaman berikut:

      http://www.nirsoft.net/utils/wireless_network_watcher.html

      Atau “GlassWire”

      https://www.glasswire.com/

      Dan masih banyak lagi cara alternatif lainnya.

      • Samuel Lie

        Oke Thx bg, work

  • rendy jm

    gan sya udah terhubung dan bacaan nya internet acces
    tpi kok gak bisa koneksi ke internet nya gan

  • ALI RAMADHANA

    Gan hotspot yang di buat bisa di sembunyikan g??

    • Anonymous

      Kalau pakai cara adhoc bawaan Windows blm bisa gan SSID nya disembunyikan. Kalau mau pakai software pihak ketiga aka third party.

  • Bajak Liar

    gan, kok ga bisa on terus ya, sy coba stanby kan stngah jam, hbis itu ga conect lagi..??
    akhirnya maen colok cabut tuh wifi adapternya..

    • Pakai modem apa? Biasanya kalau modem usb dari operator GSM, IP Addressnya sering berubah-ubah (kalau koneksi putus nyambung).

      • Bajak Liar

        pake jaringan LAN

  • Rahmat

    bang,, klo udah setting wifi ini,, bsa nggak terdeteksi di smartphone android,,,??

  • yunppai

    Kak, kalo pas di tab sharing nya gak keluar “Wireless Network Connection 2” kayak gini gimana kak? Mohon solusinya..

    • Sepertinya itu virtual wifi-nya blm diaktifkan, Masuk dulu ke menu network connection di control panel. Nanti disana akan terlihat beberapa jaringan LAN yang tersedia, kemudian klik kanan pada microsoft virtual wifi adapter, lalu pilih “Enable”.

      • Rivadha Adenata

        gmn gan? kurang jelas instruksinya, ane jga kena kyak diatas masalahnya

        • Itu kemungkinan Microsoft virtual wifi-nya belum diaktifkan.

          Baca baik-baik langkah-langkah diatas. Perhatikan langkah nomor 3. Kamu harus mengaktifkan dulu virtual wifi melalui cmd. Lakukan tahapan sesuai urutan mulai dari langkah 1 sampai selesai.

          Banyak kok komentar-komentar yg sudah berhasil di tahap itu.

          • Rivadha Adenata

            msh tetep kyak gitu jga gan

          • Lihat di Control Panel -> Network Connection, apakah ada icon “Microsoft Hosted Network Virtual Adapter”? Lihat screenshot dibawah ini.

          • Rivadha Adenata

            gk ada gan, itu gmn jadinya?

          • poppy

            Kak, kalo ga ada ikon di atas itu gimana ya? “Microsoft Hosted Network Virtual Adapter”

          • eta

            kak saya ngak ada icon kaya di gambr yg atas ini ..mohon bantuannya kak

          • Rivadha Adenata

            msh kayak gitu gan, udh ane ikutin dr tahap 1 ampe akhir, stuck di situ

  • Elok Aiiu Pawestri

    kak mau tanya..setelah selesai bikin hotspot wifi itu,kalau kita pengen tau perangkat apa aja yg gabung ma wifi kita gmn caranya??bisa tak??

    • Bisa, (Sudah pernah kami jelaskan pada komentar kami sebelumnya, silahkan scroll ke bawah).

  • Muhammad “Alvha” Alfaizin

    Kalau mau menghapus jaringan yg sudah kita buat gimana..?

    • Pertama, lihat dulu profil jaringan yang sudah dibuat, dengan mengetikkan perintah berikut di cmd:

      netsh wlan show profiles

      Kemudian untuk menghapus jaringan yang sudah dibuat, ketikkan perintah berikut:

      netsh wlan delete profile name=”NamaJaringanYgAkanDihapus”

      Ganti kata yg di dalam tanda kutip itu dengan nama profil di komputermu.

  • Andy Marcelino

    gan, ko ke ponsel saya gagal menerima alamat IP nya ya. mohon solusinya

    • Pastikan langkah-langkahnya sudah sesuai. Jika masih gagal terkadang harus melakukan restart Windows-nya. Masalah ini juga sering kali muncul jika koneksi utamanya mengandalkan jaringan dari modem GSM/seluler yang cenderung kurang stabil dan sering kali terputus-putus koneksinya.

  • Mikko Adrian

    kalau mau bikin tanpa password bisa nggak gan?

    • Bisa, cukup kosongkan saja pada bagian key=

      (tidak perlu diisi)

  • ilham adha

    bang kalo mau ganti password gmn ?

    • Gunakan perintah berikut: netsh wlan refresh hostednetwork PASSWORDBARUDISINI