YouTube Rilis Fitur Super Thanks, Subscriber Bisa Sawer dan Memberi Uang Tip

YouTube merilis fitur baru bernama Super Thanks. Fitur ini memungkinkan para penonton atau subscriber untuk memberi uang tip kepada channel YouTube favorit mereka.

Istilah gaulnya, disebut dengan “nyawer“.

Hadirnya fitur baru ini memberi content creator cara lain untuk menghasilkan uang sekaligus untuk memperkuat hubungan dengan para fans atau penonton.

Advertisement

Hingga kini YouTube telah menawarkan banyak cara bagi para YouTuber untuk dapat menghasilkan uang di platform mereka. Mulai dari menayangkan iklan AdSense, menjual merchandise, hingga berlangganan keanggotaan bulanan (membership).

Super Chat Rilis Tahun 2017

Sebelumnya, pada tahun 2017 YouTube juga merilis fitur serupa dengan nama Super Chat. Fitur ini memungkinkan para penonton untuk memberikan uang tip ke channel YouTube favorit mereka saat live streaming.

super-chat-youtube-nyawer-channel-saat-live-streaming
Fitur Super Chat YouTube rilis 31 Januari 2017

Para penonton yang membeli Super Chat, maka pesan chatting mereka akan mendapatkan highlight atau sorotan berbeda dari penonton biasanya. Pesan tersebut juga akan tetap berada di atas dengan durasi hingga 5 jam. Dengan begitu mereka bisa mendapatkan atensi atau perhatian langsung dari YouTuber favorit mereka saat live streaming.

Para YouTuber atau creator tentunya sangat senang dengan fitur ini karena mereka bisa mendapatkan uang tambahan selain dari iklan Google AdSense.

Super Stickers Rilis Tahun 2019

Super Stickers rilis di YouTube tahun 2019

Kemudian di tahun 2019, YouTube kembali merilis fitur baru bernama Super Stickers. Fitur ini memungkinkan para penonton memberikan Stickers khusus di kolom chat saat live streaming untuk mendapatkan perhatian dari pentonton lain dan YouTuber favorit mereka.

Ketika penonton membeli Super Stickers, maka YouTuber akan bisa mendapatkan uang tambahan dari fitur ini.

Terbaru, Super Thanks Rilis Tahun 2021

Advertisement

fitur-baru-super-thanks-youtube-subscriber-bisa-sawer-channel-youtuber-favorit

Di tahun ini, YouTube merilis fitur baru Super Thanks yang memungkinkan penonton untuk memberikan uang tip tidak hanya pada live streaming saja, tetapi juga tersedia untuk semua video yang sudah di-upload.

Para kreator pun akan bisa mendapatkan uang tambahan dari fitur ini.

Melalui Super Thanks para fans bisa menunjukkan dukungan atau supportnya kepada channel YouTube favorit mereka.

Fitur baru Super Thanks 2021

Ketika pengguna membeli Super Thanks, maka nominal uang yang mereka berikan akan muncul di samping nama pengguna mereka. Pesan komentar juga akan di-highlight dengan warna yang lebih mencolok.

Untuk saat ini, nominal pembayaran yang tersedia adalah $2, $5, $10, $50 dengan kelipatan seterusnya. Nominal ini juga tentunya akan disesuaikan dengan regional atau negara masing-masing.

Animasi surprise juga akan muncul di layar sebagai perayaan ketika pengguna selesai memberikan uang tip (sawer).

Super Thanks saat ini masih dalam tahap Beta (uji coba) tetapi sudah tersedia bagi penonton dan kreator di 68 negara. Baik itu di perangkat smartphone (Android dan iOS) dan juga desktop komputer.

Bagi para YouTuber atau kreator yang ingin mencoba mengaktifkan fitur ini, bisa mengikuti petunjuknya di halaman ini.

Perlu diingat bahwa fitur ini masih dalam tahap Beta. Jadi kemungkinan akan tersedia bergiliran untuk kreator tertentu yang sudah memenuhi kriteria.

YouTuber Makin Senang

fitur-baru-super-thanks

Dengan adanya fitur baru Super Thanks ini, tentunya akan membuat banyak YouTuber semakin mudah dalam menghasilkan uang tambahan selain dari iklan Google AdSense.

Bagaimana, tertarik untuk menjadi seorang YouTuber?

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept