Linux Zorin OS 16 Punya Tampilan Seperti Windows 11

Salah satu sistem operasi Linux yang cukup populer saat ini adalah Zorin OS. Pada bulan Agustus 2021 lalu, developer dari Zorin telah merilis versi terbaru dari Zorin OS, yaitu Zorin OS 16.

Ada beragam optimalisasi dan fitur baru yang hadir di Zorin OS 16 yang membuatnya terlihat lebih fresh dan modern.

Penyegaran Tampilan

Advertisement

Bagian yang mendapatkan penyegaran terutama adalah pada default theme. Kita bisa merasakan sentuhan animasi yang lebih mendetail pada seluruh sistem.

Kemudian ada juga wallpaper dinamis yang bisa berubah-ubah secara otomatis berdasarkan waktu di komputer kita.

Wallpaper tersebut bisa berubah secara otomatis di waktu tertentu, misalnya pagi, siang, sore hingga malam hari.

Bagian lain yang mendapatkan perubahan adalah lockscreen. Ketika layar dikunci, sekarang bagian background wallpaper akan terlihat menjadi blur.

lock-screen-zorin-os-linux

Peningkatan Performa

Performa dari Zorin OS juga diklaim mengalami peningkatan, baik itu untuk hardware lawas ataupun keluaran terbaru. Optimalisasi dilakukan mulai dari bagian kernel hingga ke bagian desktop. Aplikasi terbuka lebih cepat, animasi lebih lancar, dan waktu loading menjadi semakin singkat.

laptop linux zorin os

Panduan Tour dengan Tampilan Baru

Saat pertama kali masuk ke sistem setelah instalasi selesai, Zorin OS akan menampilkan welcome screen berupa panduan dasar.

Menu ini menampilkan panduan dasar untuk mengatur Zorin OS. Seperti kustomisasi desktop, menghubungkan dengan akun online, menghubungkan smartphone ke komputer dengan Zorin Connect, ataupun menginstall software yang kita butuhkan.

Dukungan Touchpad Untuk Memudahkan Navigasi

Zorin OS 16 juga menghadirkan dukungan multi touchpad bagi pengguna laptop. Berpindah antar aplikasi dan workscape jadi semakin mudah dan cepat.

Pengguna bisa berpindah area workscape hanya dengan menggesernya menggunakan 4 jari ke arah atas dan bawah. Sedangkan untuk melihat aplikasi yang aktif dan sedang dijalankan di workspace, bisa dilihat dengan menggunakan gerakan mencubit dengan 3 jari (pinch).

Mendukung Flathub Untuk Menginstall Aplikasi

Berkat hadirnya Flathub, dukungan aplikasi yang bisa di-install di Zorin OS 16 jadi semakin banyak.

Flathub adalah standar repository de facto yang menyediakan beragam aplikasi dan game yang bisa di-install menggunakan format package Flatpak di berbagai distro Linux.

zorin-os-package-managers

Sekarang Zorin OS sudah menghadirkan katalog aplikasi dari Flathub, Snap Store, serta repository dari Ubuntu & Zorin OS APT.

Zorin OS juga bisa menginstall aplikasi dengan paket format .deb & AppImage. Serta kemampuan untuk menginstall aplikasi berbasis Windows menggunakan dukungan dari WINE.

Software Store bawaanya juga sudah dioptimalkan agar pengguna bisa mencari dan menemukan aplikasi dengan lebih mudah.

Jika aplikasi yang akan di-install tersedia lebih dari 1 sumber (misalnya Flathub dan Snap Store, maka pengguna bisa memilih salah satunya untuk menginstallnya.

install-app-software-source-zorin-os-linux

Di sini pengguna bisa menemukan versi terbaru dari suatu aplikasi dan menginstallnya hanya dengan sekali klik tanpa perlu pusing memikirkan format package apa yang sesuai.

Dukungan Untuk Menginstall Aplikasi Windows yang Lebih Dioptimalkan

Advertisement

zorin-os-install-windows-exe-msi-linux

Zorin OS kini mempunyai database bawaan yang mampu mendeteksi aplikasi populer berbasis Windows.

Jika pengguna ingin menginstall aplikasi atau game Windows di Zorin OS menggunakan file .exe atau .msi yang dikenali, maka sistem secara otomatis akan menyarankan untuk menginstall dari sumber yang direkomendasikan. Bisa melalui Software Store bawaan, atau juga melalui pihak ketiga terpercaya seperti Lutris dan juga Steam.

Aplikasi Perekam Suara

sound-recorder-linux-zorin-os

Aplikasi Sound Recorder terbaru ini memudahkan pengguna untuk merekam audio dan suara dengan cara yang lebih simple. Pengguna bisa memutarnya kembali untuk kebutuhan pribadi ataupun podcast.

Taskbar yang Lebih Informatif

Salah satu fitur yang juga dioptimalisasi di Zorin OS 16 adalah bagian taskbar.

taskbar-indicators-linux-zorin-os

Sekarang taskbar menjadi lebih informatif. Pengguna bisa melihat langsung status indikator dari aplikasi yang sedang dibuka.

Misalnya pada aplikasi Telegram Messenger, akan terlihat icon yang menampilkan jumlah pesan baru yang belum dibaca.

Atau juga icon folder yang menampilkan proses loading bar ketika pengguna menyalin dan memindahkan file (copy paste) dalam jumlah besar.

Tampilan Baru Zorin Appearance

Tata letak dari Zorin Appearance juga sudah didesain ulang. Bagian menu yang awalnya berada di atas, kini dipindahkan ke sisi kiri. Beberapa tata letaknya diubah agar lebih cepat dan mudah untuk diakses.

Zorin Appearance adalah menu yang berisi pengaturan untuk mengkustomisasi desktop. Seperti mengubah tema, icon, font, dan lain sebagainya.

Tampilan Desktop Seperti Windows 11

linux-windows-11

Selain Zorin Appearance, tata letak dari desktop juga didesain ulang mirip seperti Windows 11. Terutama bagian taskbar dan icon aplikasi yang kini ditempatkan di bagian tengah.

Penyegaran desain ini tentunya menjadikan Zorin OS terlihat modern karena memiliki UI dengan tren desain kekinian.

Namun untuk tampilan ini, hanya tersedia di Zorin OS Pro.

Selain itu, tujuan lainnya agar lebih mudah diadaptasikan untuk perangkat komputer dengan touchpad, mouse, dan juga layar sentuh (touch screen).

Jelly Mode

Entah seberapa pentingnya fitur ini hingga developer dari Zorin OS mau merilisnya.

Dengan mengaktifkan Jelly Mode, maka jendela aplikasi akan menampilkan animasi fleksibel seperti halnya jelly yang lentur.

Dari segi fitur, mungkin hanya sekedar sebagai hiburan saja bagi pengguna yang ingin merasakan sensasi berbeda dalam menggunakan Zorin OS.

Apa Itu Zorin OS?

Untuk update lainnya masih ada, namun bersifat minor. Zorin OS 16 ini dikembangkan berdasarkan distro Linux dari Ubuntu 20.04.3 LTS.

Zorin OS bisa dijadikan sebagai sistem operasi alternatif dari Windows dan juga Mac OS. Selain gratis dan ringan, Zorin OS juga bisa diandalkan, terutama untuk laptop tua yang sering kali terasa berat dan lambat untuk di-install Windows.

Jika mau mencoba Zorin OS, silahkan kunjungi website resminya di: Zorin.com

Selain Zorin OS, sebenarnya masih banyak lagi distro Linux yang beredar saat ini. Masing-masing mempunyai fitur dan kelebihan tersendiri. Silahkan simak artikelnya di bawah ini:

Baca juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept