Hapus Background Foto Mudah dan Cepat dengan AI PhotoRoom (Otomatis + Presisi)

Cara termudah untuk menghapus background foto adalah dengan menggunakan kecanggihan AI (Artificial Intelligence), yaitu teknologi kecerdasan buatan yang mampu mengenali subjek foto secara otomatis.

Salah satu tool bagus yang memanfaatkan kecanggihan AI tersebut adalah PhotoRoom Background Remover.

Sistem deteksi objek dan seleksi otomatisnya cukup akurat dan tergolong presisi. Tool AI yang digunakannya mampu memisahkan objek dan menghapus background foto dengan cepat dan instan.

Advertisement

Biasanya tool penghapus background foto kurang begitu baik sistem seleksi otomatisnya. Namun tool buatan PhotoRoom ini bisa menyeleksi objek yang terbilang kompleks dengan cukup baik.

Misalnya ketika subjek utama foto menggunakan berbagai atribut pakaian, entah itu tas, topi, jaket dan lainnya masih bisa dideteksi otomatis oleh tool ini dengan cukup akurat.

Menghapus backgound foto sangat berguna terutama bila kita ingin mengganti background foto seperti misalnya untuk foto potrait undangan, lampiran foto pernikahan dengan latar biru, lamaran pekerjaan (CV) dengan latar merah, foto produk untuk jualan online, sticker WhatsApp/Telegram, meme, poster, spanduk, banner dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya.

Kita bisa melakukannya dengan mudah tanpa menggunakan software editing foto.

Cara Hapus Background Foto Mudah dan Cepat dengan AI PhotoRoom Background Remover

Caranya sangat mudah, karena ini adalah tool berbasis online, kita tinggal kunjungi saja halaman website berikut ini: PhotoRoom Background Remover.

Setelah websitenya terbuka, klik tombol + Start from Photo atau tinggal drag & drop saja file foto yang ingin kita hapus backgroundnya.

Pada contoh pertama ini, menggunakan foto saya sendiri dengan perlengkapan mountain bike (mengenakan helm, tas, jaket dan sarung tangan).

Percobaan pertama ini, saya tidak menggunakan foto potrait atau selfie yang umum karena sangat mudah dikerjakan oleh banyak aplikasi lain. Jadi untuk menguji kecanggihannya saya menggunakan pose foto yang random.

Foto @ajizakaria

Tunggu proses upload selesai dalam beberapa detik, maka hasilnya akan langsung ditampilkan secara instan.

Kita lihat sejauh mana tool AI dari PhotoRoom ini bisa mendeteksi subjek foto secara akurat.

Hasilnya

Dan ini dia hasilnya.

Good job. Ternyata kinerja tool AI dari PhotoRoom ini memang tergolong cukup baik bila dibandingkan dengan tool serupa.

Sistem seleksi AI otomatis yang digunakannya mampu menyeleksi objek dan subjek foto dengan cukup rapi. Memang ada beberapa detail kecil yang missing, tapi overall hasilnya tidak mengecewakan.

Coba perhatikan bagian helai tas yang saya gunakan di foto ini, mampu diseleksi dengan sangat baik. Padahal background fotonya tergolong cukup kompleks.

Advertisement

Menariknya lagi, kita bisa mengganti warna background dengan warna latar lainnya yang kita sukai melalui fitur color picker.

Jika masih kurang puas, kita juga masih bisa menggunakan fitur editing dari aplikasi berbasis online yang disediakan oleh PhotoRoom untuk menambahkan berbagai pernak-pernik dan elemen desain yang beragam. Yang penting web browser yang digunakan sudah support dengan Hardware Acceleration dan WebGL.

Sekarang kita lanjut ke percobaan kedua, kali ini menggunakan foto saya yang sedang selfie tetapi tidak menampilkan wajah, untuk menguji apakah tool PhotoRoom ini bisa mendeteksi subjek tanpa menggunakan face detection.

Hasilnya

Lagi-lagi hasilnya cukup memuaskan, sistem AI yang dimiliki oleh PhotoRoom ini memang cukup canggih dan pintar dalam menyeleksi objek.

Selain menggunakan background berwarna, kita juga bisa mendownloadnya dalam format PNG yang mendukung transparansi warna tanpa adanya background. Fitur ini sangat berguna jika kita ingin edit lagi dengan aplikasi lain.

Namun saya masih penasaran, sejauh mana kecanggihan tool AI ini bisa menyeleksi objek dan subjek foto secara bersamaan.

Untuk itu, kita akan uji kembali dengan objek foto yang lain, yaitu pose ketika saya mengendarai sepeda mtb.

Patut diakui kalau teknologi AI yang digunakan oleh tool PhotoRoom ini memang canggih. Sistem bisa menyeleksi antara subjek dan objek (dalam foto ini sepeda) dengan cukup akurat. Bayangkan, dari mulai handlebar (stang sepeda) hingga ke ban dan pedal dapat diseleksi dengan baik.

Kesimpulan

Kesimpulannya, tool AI dari PhotoRoom ini sangat memudahkan kita untuk menghapus background foto tanpa menggunakan software apapun.

Tinggal upload gambarnya, dalam hitungan detik hasilnya langsung ditampilkan secara instan.

Tentunya ini menjadi alternatif yang sangat bagus sebagai pengganti Adobe Photoshop ataupun software “kelas berat” lainnya.

Terlebih lagi tool ini gratis dan tidak membutuhkan skill editing apapun untuk bisa menggunakannya.

Good job untuk PhotoRoom developer! 👍✅

Bacaan selanjutnya:

Leave A Reply

Your email address will not be published.