Cara Transfer Uang dari Paypal ke DANA 2021 (Via Rekening Virtual Account)

Menarik uang dari akun Paypal ke dompet digital DANA itu cukup mudah, yaitu dengan menambahkan nomor rekening DANA ke dalam akun Paypal.

Yang perlu diperhatikan adalah nama pemilik rekening di akun Paypal harus sama persis dengan nama rekening DANA kita. Pastikan juga akun DANA adalah premium (sudah verifikasi KTP).

Untuk Paypal, tidak perlu kartu kredit (CC). Cukup verifikasi nomor KTP/SIM/PASSPORT saja melalui fitur yang sudah disediakan di bagian menu settings.

Advertisement

Dari pengalaman saya, proses penarikan uang (withdraw atau WD) dari Paypal ke DANA akan memakan waktu selama kurang lebih 2 hari.

Tips Agar Transaksi Tidak Ditolak/Gagal

Mungkin ada beberapa pengguna yang pernah mentransfer uang dari Paypal ke DANA tetapi gagal. Akhirnya transaksi ditolak dan uangnya pun dikembalikan lagi.

Kenapa bisa gagal?

Pertama, pastikan nama pada akun Paypal harus sama persis dengan akun DANA. Kedua, jangan pilih akun bank virtual yang belum support di aplikasi DANA.

Saya juga pernah mengalami transaksi gagal dan ditolak. Alasannya ketika itu karena menggunakan bank CIMB NIAGA. Ternyata bank tersebut belum support transfer Paypal ke aplikasi DANA. Padahal sudah menunggu 4 hari namun transaksi akhirnya dibatalkan. Namun untungnya uangnya tetap aman dan sudah dikembalikan secara otomatis ke akun Paypal. Hanya saja terpotong sedikit oleh biaya layanan.

Bisa dilihat di sini, pada tanggal 4 Juni 2021 saya melakukan penarikan/transfer ke rekening DANA dengan virtual account bank CIMB NIAGA. Kemudian di tanggal 8 Juni 2021 transaksi ditolak dan saldo dikembalikan lagi ke akun Paypal.

transfer paypal ditolak
Transfer Paypal Ditolak

Seperti ini email pemberitahuan dari Paypal jika transaksi ditolak:

informasi-email-penarikan-uang-paypal-ditolak

Karena transaksi pertama gagal, kemudian saya mencoba kembali dengan virtual account dari Permata Bank. Dan ternyata berhasil. Transaksi hanya memakan waktu 2 hari saja. Lebih cepat dari sebelumnya yang butuh 4 hari.

Bisa dilihat, tanggal 8 Juni 2021 saya melakukan permintaan transfer. Kemudian di tanggal 10 Juni 2021 saldo tersebut sudah berhasil ditransfer ke aplikasi DANA.

Untuk biaya transfer Paypal ke DANA dikenakan fee Rp16.000.

transfer-saldo-paypal-ke-dana-berhasil

Jadi pastikan menggunakan bank PERMATA.

Kenapa bank PERMATA?

Karena sampai saat ini, baru hanya Permata Bank saja yang bisa menerima pembayaran dari bank lain di aplikasi DANA. Keterangannya bisa dilihat di aplikasi DANA seperti berikut:

virtual account bank permata di aplikasi dana

Cara Transfer Saldo Paypal ke Aplikasi DANA

Nah, jadi untuk mentransfer saldo Paypal ke rekening DANA kita hanya perlu menambahkan rekening bank Permata yang sudah disediakan khusus oleh DANA atas nama kita. Virtual account inilah yang akan digunakan untuk menerima uang dari Paypal.

Saya sudah mencoba cara ini dan berhasil.

Note: Rekening Bank Permata ini sudah tersedia di aplikasi DANA dan bisa langsung kita gunakan secara gratis. Jadi kita tidak perlu membuat rekening baru.

Langsung saja, ini dia caranya:

Langkah 1: Login ke Paypal

Silahkan login ke akun Paypal Anda. Bisa melalui aplikasi ataupun melalui website. Di sini saya mencobanya melalui website.

Pada menu navigasi, klik Wallet >> Lalu pilih “Hubungkan bank”.

Langkah 2: Menambahkan Rekening Virtual DANA ke Paypal

Pada kolom “Nama Bank“, silahkan ketikkan kata “Permata”, nanti akan muncul dan pilih “PT. BANK PERMATA TBK”.

Nantinya “Kode Bank” akan terisi secara otomatis.

Selanjutnya isi “Nomor Rekening” dengan nomor rekening virtual Bank Permata yang diberikan di aplikasi DANA milik Anda.

Untuk Bank Permata biasanya berawalan 8528 diikuti dengan nomor telepon yang terdaftar di akun DANA Anda.

Supaya tidak salah ketik, lebih baik tinggal copy paste saja nomornya dari aplikasi DANA. Caranya, ada di bawah ini:

Langkah 3: Copy Paste Nomor Rekening Virtual DANA

Buka aplikasi DANA di smartphone Anda, kemudian pilih menu “Top up”

Advertisement

cara top up dana

Kemudian pilih “See more banks”

Selanjutnya pilih “Permata Bank”

Selanjutnya tekan “Copy Code” untuk menyalin nomor rekening yang diberikan. Nomor ini adalah rekening Bank Permata yang dibuat khusus untuk nama kita.

nomor-rekening-virtual-account-bank-permata-aplikasi-dana

Nomor rekening ini sebenarnya adalah kode bank + nomor telepon kita. Bisa dilihat bahwa maksimum saldo yang bisa diterima adalah Rp10 juta. Jadi pastikan jika uang yang akan dikirim dari paypal, nilainya tidak lebih dari Rp10 juta.

Setelah disalin nomor rekening tadi (copy), selanjutnya kembali lagi ke Paypal seperti di langkah 2. Kemudian Paste ke bagian kolom “Nomor Rekening”.

Jika sudah terisi, selanjutnya tekan tombol biru “Hubungkan Bank Anda“.

Selanjutnya klik tombol “Selesai”

Sampai di sini, kita sudah berhasil menambahkan akun dan rekening virtual dari Bank Permata.

Selanjutnya, kita akan mengirim uang dari Paypal ke DANA melalui rekening tersebut.

Langkah 4: Mengirim Uang dari Paypal ke DANA

Pastikan Anda sudah berada di halaman dashboard utama akun Paypal Anda. Kemudian pada bagian saldo, klik tombol “Transfer Dana”.

Selanjutnya rekening bank Permata (milik DANA) yang tadi sudah berhasil ditambahkan akan muncul di sini. Pilih bank tersebut dan tekan tombol “Berikutnya”.

Kemudian akan muncul halaman “Periksa transfer Anda”. Masukkan jumlah saldo yang ingin Anda transfer ke DANA.

Saran saya, sebaiknya transfer dulu dalam jumlah kecil untuk melakukan tes pertama dan memastikan cara ini berhasil atau tidak.

Informasi kurs dan nilai tukar dari dollar $ ke rupiah (IDR) akan ditampilkan beserta dengan potongan biaya.

Jika sudah yakin, tekan tombol “Transfer Sekarang“.

Selesai. Tinggal tunggu saja dalam waktu 2-4 hari kerja.

Sistem yang digunakan oleh Paypal di sini adalah ACH (Automated Clearing House). Jadi bila hari libur tidak akan diproses, menunggu sampai hari kerja selanjutnya.

Langkah 5: Tunggu 2-4 Hari Proses Pengiriman

Setelah 2 hari atau paling lama 4 hari seharusnya saldo yang dikirim akan masuk ke rekening DANA.

Status pengirimannya bisa dilihat di dashboard Paypal.

Silahkan cek ke aplikasi DANA pada bagian history. Nanti akan terlihat kiriman masuk melalui payment method (Bank Permata).

Saldo paypal yang awalnya dollar $ akan secara otomatis dikonversi ke dalam rupiah.

Selesai

Nah, itu dia beberapa langkah mudah cara mengirim saldo Paypal ke dompet digital DANA melalui virtual account Bank Permata.

Sekali lagi, jika Anda baru pertama kali, sebaiknya kirim dulu dalam jumlah sedikit untuk mengetahui apakah cara ini berhasil atau tidak pada akun Anda.

Biasanya, jika transaksi gagal maka saldo akan dikembalikan.

Jadi ini adalah berdasarkan pengalaman saya dan memang berhasil. Keputusan untuk mencoba adalah resiko dan tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Baca juga

2 Comments
  1. Daffa says

    Halo bang, mau nanya nih, jadi kan saya ngikutin cara abang, lalu saya sudah menunggu 2 hari, paypal bilang nya transaction complete, tapi uang Nya belum masuk ke dana, apakah itu normal? Terimakasih sebelumnya

    1. Aji Zakaria says

      Coba ditunggu sampai hari ke 4, karena proses transaksi biasanya antara 2-4 hari kerja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept