๐Ÿ†• Digital Art Release: Stand With Palestine ๐Ÿ’” ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ ย – Lihat di sini

Cara Transfer Uang dari Paypal ke DANA 2023 (Via Rekening Virtual Account)

Aji Zakaria

Menarik uang dari akun Paypal ke dompet digital DANA itu cukup mudah, yaitu dengan menambahkan nomor rekening DANA ke dalam akun Paypal.

Yang perlu diperhatikan adalah nama pemilik rekening di akun Paypal harus sama persis dengan nama rekening DANA kita. Pastikan juga akun DANA adalah premium (sudah verifikasi KTP).

Untuk Paypal, tidak perlu kartu kredit (CC). Cukup verifikasi nomor KTP/SIM/PASSPORT saja melalui fitur yang sudah disediakan di bagian menu settings.

Dari pengalaman saya, proses penarikan uang (withdraw atau WD) dari Paypal ke DANA akan memakan waktu selama kurang lebih 2 hari.

Tips Agar Transaksi Tidak Ditolak/Gagal

Mungkin ada beberapa pengguna yang pernah mentransfer uang dari Paypal ke DANA tetapi gagal. Akhirnya transaksi ditolak dan uangnya pun dikembalikan lagi.

Kenapa bisa gagal?

Pertama, pastikan nama pada akun Paypal harus sama persis dengan akun DANA. Kedua, jangan pilih akun bank virtual yang belum support di aplikasi DANA.

Saya juga pernah mengalami transaksi gagal dan ditolak. Alasannya ketika itu karena menggunakan bank CIMB NIAGA. Ternyata bank tersebut belum support transfer Paypal ke aplikasi DANA. Padahal sudah menunggu 4 hari namun transaksi akhirnya dibatalkan. Namun untungnya uangnya tetap aman dan sudah dikembalikan secara otomatis ke akun Paypal. Hanya saja terpotong sedikit oleh biaya layanan.

Bisa dilihat di sini, pada tanggal 4 Juni 2021 saya melakukan penarikan/transfer ke rekening DANA dengan virtual account bank CIMB NIAGA. Kemudian di tanggal 8 Juni 2021 transaksi ditolak dan saldo dikembalikan lagi ke akun Paypal.

transfer paypal ditolak
Transfer Paypal Ditolak

Seperti ini email pemberitahuan dari Paypal jika transaksi ditolak:

informasi-email-penarikan-uang-paypal-ditolak

Karena transaksi pertama gagal, kemudian saya mencoba kembali dengan virtual account dari Permata Bank. Dan ternyata berhasil. Transaksi hanya memakan waktu 2 hari saja. Lebih cepat dari sebelumnya yang butuh 4 hari.

Bisa dilihat, tanggal 8 Juni 2021 saya melakukan permintaan transfer. Kemudian di tanggal 10 Juni 2021 saldo tersebut sudah berhasil ditransfer ke aplikasi DANA.

Untuk biaya transfer Paypal ke DANA dikenakan fee Rp16.000.

transfer-saldo-paypal-ke-dana-berhasil

Jadi pastikan menggunakan bank PERMATA.

Kenapa bank PERMATA?

Karena sampai saat ini, baru hanya Permata Bank saja yang bisa menerima pembayaran dari bank lain di aplikasi DANA. Keterangannya bisa dilihat di aplikasi DANA seperti berikut:

virtual account bank permata di aplikasi dana

Cara Transfer Saldo Paypal ke Aplikasi DANA

Nah, jadi untuk mentransfer saldo Paypal ke rekening DANA kita hanya perlu menambahkan rekening bank Permata yang sudah disediakan khusus oleh DANA atas nama kita. Virtual account inilah yang akan digunakan untuk menerima uang dari Paypal.

Saya sudah mencoba cara ini dan berhasil.

Note: Rekening Bank Permata ini sudah tersedia di aplikasi DANA dan bisa langsung kita gunakan secara gratis. Jadi kita tidak perlu membuat rekening baru.

Langsung saja, ini dia caranya:

Langkah 1: Login ke Paypal

Silahkan login ke akun Paypal Anda. Bisa melalui aplikasi ataupun melalui website. Di sini saya mencobanya melalui website.

Pada menu navigasi, klik Wallet >> Lalu pilih “Hubungkan bank”.

Langkah 2: Menambahkan Rekening Virtual DANA ke Paypal

Pada kolom “Nama Bank“, silahkan ketikkan kata “Permata”, nanti akan muncul dan pilih “PT. BANK PERMATA TBK”.

Nantinya “Kode Bank” akan terisi secara otomatis.

Selanjutnya isi “Nomor Rekening” dengan nomor rekening virtual Bank Permata yang diberikan di aplikasi DANA milik Anda.

Untuk Bank Permata biasanya berawalan 8528 diikuti dengan nomor telepon yang terdaftar di akun DANA Anda.

Supaya tidak salah ketik, lebih baik tinggal copy paste saja nomornya dari aplikasi DANA. Caranya, ada di bawah ini:

Langkah 3: Copy Paste Nomor Rekening Virtual DANA

Buka aplikasi DANA di smartphone Anda, kemudian pilih menu “Top up”

cara top up dana

Kemudian pilih “See more banks”

Selanjutnya pilih “Permata Bank”

Selanjutnya tekan “Copy Code” untuk menyalin nomor rekening yang diberikan. Nomor ini adalah rekening Bank Permata yang dibuat khusus untuk nama kita.

nomor-rekening-virtual-account-bank-permata-aplikasi-dana

Nomor rekening ini sebenarnya adalah kode bank + nomor telepon kita. Bisa dilihat bahwa maksimum saldo yang bisa diterima adalah Rp10 juta. Jadi pastikan jika uang yang akan dikirim dari paypal, nilainya tidak lebih dari Rp10 juta.

Setelah disalin nomor rekening tadi (copy), selanjutnya kembali lagi ke Paypal seperti di langkah 2. Kemudian Paste ke bagian kolom “Nomor Rekening”.

Jika sudah terisi, selanjutnya tekan tombol biru “Hubungkan Bank Anda“.

Selanjutnya klik tombol “Selesai”

Sampai di sini, kita sudah berhasil menambahkan akun dan rekening virtual dari Bank Permata.

Selanjutnya, kita akan mengirim uang dari Paypal ke DANA melalui rekening tersebut.

Langkah 4: Mengirim Uang dari Paypal ke DANA

Pastikan Anda sudah berada di halaman dashboard utama akun Paypal Anda. Kemudian pada bagian saldo, klik tombol “Transfer Dana”.

Selanjutnya rekening bank Permata (milik DANA) yang tadi sudah berhasil ditambahkan akan muncul di sini. Pilih bank tersebut dan tekan tombol “Berikutnya”.

Kemudian akan muncul halaman “Periksa transfer Anda”. Masukkan jumlah saldo yang ingin Anda transfer ke DANA.

Saran saya, sebaiknya transfer dulu dalam jumlah kecil untuk melakukan tes pertama dan memastikan cara ini berhasil atau tidak.

Informasi kurs dan nilai tukar dari dollar $ ke rupiah (IDR) akan ditampilkan beserta dengan potongan biaya.

Jika sudah yakin, tekan tombol “Transfer Sekarang“.

Selesai. Tinggal tunggu saja dalam waktu 2-4 hari kerja.

Sistem yang digunakan oleh Paypal di sini adalah ACH (Automated Clearing House). Jadi bila hari libur tidak akan diproses, menunggu sampai hari kerja selanjutnya.

Langkah 5: Tunggu 2-4 Hari Proses Pengiriman

Setelah 2 hari atau paling lama 4 hari seharusnya saldo yang dikirim akan masuk ke rekening DANA.

Status pengirimannya bisa dilihat di dashboard Paypal.

Silahkan cek ke aplikasi DANA pada bagian history. Nanti akan terlihat kiriman masuk melalui payment method (Bank Permata).

Saldo paypal yang awalnya dollar $ akan secara otomatis dikonversi ke dalam rupiah.

Selesai

Nah, itu dia beberapa langkah mudah cara mengirim saldo Paypal ke dompet digital DANA melalui virtual account Bank Permata.

Sekali lagi, jika Anda baru pertama kali, sebaiknya kirim dulu dalam jumlah sedikit untuk mengetahui apakah cara ini berhasil atau tidak pada akun Anda.

Biasanya, jika transaksi gagal maka saldo akan dikembalikan.

Jadi ini adalah berdasarkan pengalaman saya dan memang berhasil. Keputusan untuk mencoba adalah resiko dan tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Kesimpulan

  • Menarik uang dari Paypal ke dompet digital DANA bisa dilakukan dengan menggunakan rekening virtual account Bank Permata yang sudah tersedia gratis di aplikasi DANA (bisa langsung digunakan).
  • Pastikan nama pada akun Paypal sama dengan nama pada akun DANA.
  • Jika nama hanya satu kata, gunakan tanda titik (.) sebagai last name atau nama belakang Paypal.
  • Transfer di bawah $100 (Rp1.500.000) dikenakan biaya fee Rp16.000, sedangkan di atas nominal tersebut adalah gratis.
  • Proses transfer uang memakan waktu rata-rata sekitar 2-4 hari kerja. Namun saya pernah juga hanya dalam waktu 1×24 jam saja saldo sudah masuk.

Buka Rekening Bank Digital 2023 Gratis Cuma 5 Menit Via Aplikasi, Bisa Untuk Verifikasi Paypal

Jika selama ini Anda menggunakan DANA sebagai alternatif transaksi dari bank konvensional, mungkin beberapa bank digital terbaru ini bisa membantu kebutuhan finansial Anda di tahun 2023.

Proses pendaftaran dan cara transaksi pada aplikasi bank digital juga sangat mirip seperti e-wallet DANA. Kita bisa setor atau tarik tunai di mesin ATM ataupun melalui Alfamart, Alfamidi dan Indomaret. Bahkan fiturnya lebih lengkap dari DANA.

Saat ini untuk membuka rekening bank sudah sangat mudah, bahkan gratis. Kita bisa buka rekening hanya dari smartphone saja, tanpa harus datang ke kantor cabang bank yang bersangkutan.

Bahkan beberapa di antaranya menyediakan kartu debit berlogo VISA secara GRATIS yang bisa digunakan untuk transaksi di e-commerce manapun.

Untuk verifikasi Paypal pun juga bisa. Kita bisa mengisi dan menarik saldo Paypal ke akun rekening bank digital kita dengan mudah.

Klik gambar artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut:

Follow:
Sharing tutorial digital art di Instagram: @ajizakaria
67 Comments
  • Halo bang, mau nanya nih, jadi kan saya ngikutin cara abang, lalu saya sudah menunggu 2 hari, paypal bilang nya transaction complete, tapi uang Nya belum masuk ke dana, apakah itu normal? Terimakasih sebelumnya

  • bang klo lupa memasukan kode sebelum no dana apa akan tetap berhasil…
    di paypal sukses tapi belum masuk kedana…

    • Untuk kode bank harus dimasukan ya, karena kalau tdk kemungkinan nanti gagal dan saldonya akan dikembalikan (setelah 2-4 hari kerja).

  • Kak, mau tanya kalo akun DANA nya belum premium, masih bisa terima transfer dari Paypal kah? Atau wajib premium?
    Terima kasih.

      • Saya cimb niaga wktu tarik saldo paypal ke Dana..apakah bisa? Soal wktu lihat di google cara tarik paypal ke dana lewat cimb niaga kemarin..andai tahu lebih awal harus bank permata tuk tarik paypal ke dana..

  • Bang kalo nama dana dan Paypal udah SMA tapi email-nya yg beda itu gmn ngaruh GK bang, klo nama Ama yg lain udh sama

  • Masyaa Allah, membantu banget mas buat saya yang gak punya rekening bank.. akhirnya bisa maenan paypal cmn dengan DANA aja.. semoga lancar dan berkah terus mas rezeki ente aamiin

  • Terima Kasih bang, Atas caranya Duit Tahun Baruan yang macet di Paypal bisa dipake buat dipindahin ke Dana buat beli Game Steam, Makasih Banyak ya Om
    Semoga sukses kedepannya

  • bang mau nanya…apakah diharuskan punya rekening permata bank dulu..???saya kan ga punya rekening di permata bank…

  • Bang mau tanya misal nama dana sama paypal beda nama depannya aja bisa gak

    Misalnya nama dana moh irsyad
    Sementara nama Paypal Irsyad aja apa bisa bang

  • Siang, Bang. Mau tanya, kalau transfer di bawah $100 apa tetap sama hanya terpotong biaya admin 16ribu. Soalnya saya liat tutor sebelah kalo transfer ke ovo di bawah nominal itu ada lagi potongan Rp.50000 selain biaya admin?
    Makasih sebelumnya.

  • Misi bang, sebelumnya saya sudah coba mentransfer saldo paypal melalui cimb niaga karna dulu liat tutorial yg lain disuruh menggunakan cimb niaga.

    Dan hasilnya transaksinya ditolak. Tapi kok saldo paypal saya ga kembali ya? Apakah harus nunggu bbrp hari lagi? Dan klo saldo sudah kembali apakah potongan saldo 16rb juga dikembalikan?

    Mohon infonya bang

    • Biasanya kalau dapat notifikasi transaksi gagal, saldo akan langsung dikembalikan (yg penting bukan karena salah kirim). Kalau fee akan tetap dikenakan potongan biaya.

  • Kak namanya harus sama dgn di user name dana ya kalo mau transfer dari Paypal. Masalah nya nama di akun dana saya ada 2. Disamping profil nya (Ready). Tpi di user name nya (ready.uchiha) jadi ngikutin nama yg mna kak?

        • Ya kalo ngisi biodata saya kemarin nama sesuai KTP TTL jga kak. Pokok nya seluruh akun yg saya daftar pkek KTP saya semua/data diri saya sendiri.

        • Tapi saya mau upgrade dana ke premium kok gagal Mulu ya kak. Alasan KTP gk kebaca rusak. Pernah saya ditelpon pihak dana katanya harus ngisih 100rb dulu baru bisa upgrade ke premium. Yg bener yg mna ya

          • Foto KTP nya harus terlihat jelas, jangan sampai rusak supaya tulisannya bisa terbaca. Coba ambil foto di tempat yg pencahayaannya bagus.

  • Kalo nama di dana sama Paypal beda gimana kk? Di Paypal saya tambahin tanda titik (.) Soalnya nama saya cuma satu kata jadi gapunya nama belakang apa itu ngaruh juga ya?

    • Iya, kalau nama hanya satu kata kemungkinan masih dibolehkan jika pakai tanda titik (.) sebagai last name/nama belakang.

    • Bang temen saya bisa tf kurang dari 10 dollar , kalo g salah 5 dollaran ktnya di tukerin dulu kurs nya ke mata uang lain tpi kurang tau mata uang apa jelasnya , coba bang

  • Bang mau tanya, kmrn anak sy mau cb transfer dr paypal ke akun dana atas namanya semua sama trus dia liat tutorial hrs nambahin no kode 706 didepan no akun dananya, via transfer bank yg dipilih PT Permata Bank tbk (sesuai tutorial) , keterangan transfer berhasil tp saldo blm.masuk ke rekening DANA, sdh 3hr krj, sdh tny cek ke cs Paypal . Salah ketik kode kah??? Makasih bang buat penjelasannya

  • Halo bang mau tanya. Jadi sebelum lihat postingan ini saya udah keburu transfer pake bank lain dan alhasil nggak masuk-masuk. Malah pas sekali lagi coba pake bank permata, 2 hari kemudian langsung masuk. Jadinya ke overlap yang transaksi pake bank lain itu. Yang saya mau tanya itu transferannya kalau gagal karena salah pilih bank dibalikinnya berapa hari ya bang?

  • Terima kasih , sangat membantu , selama ini sy pakai aplikasi pulsa seluler utk transfer paypal tapi terakhir sudah tdk bisa.

  • Kak, mau nanya, ini masih bisa gak ya sekarang?
    Terus akun paypal-nya harus terverifikasi dulu atau unverified pun masih bisa withdraw ke dana?

    Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *