Cara Mencegah Smartphone Bergetar Karena Jebakan Iklan Popup yang Berisi Peringatan Virus Palsu

Mungkin ada di antara kamu yang pernah mengalami hal semacam ini.

Ketika sedang browsing atau mengakses website tertentu di smartphone Android, secara tiba-tiba muncul jendela iklan (pop-up) yang menampilkan pesan peringatan bahwa smartphone kamu telah terinfeksi virus.

Dan tidak hanya itu saja, iklan popup tersebut bahkan juga membuat smartphone kamu bergetar-getar secara terus menerus tanpa henti untuk memaksamu menginstall program mereka.

Tentunya hal ini bisa membuat panik dan sangat menjengkelkan, terutama bagi pengguna awam yang memang belum mengetahui bahwa sebenarnya iklan tersebut berisi peringatan palsu untuk menjebak dan menakuti korbannya.

Bagaimana jika terlanjur masuk ke halaman website yang berisi iklan jebakan seperti itu?

Sebenarnya kita hanya perlu mengabaikannya saja, dengan cara menutup tab yang aktif di browser Chrome.

Jika muncul peringatan untuk tidak meninggalkan halaman web tersebut, cukup pilih saja opsi untuk “tinggalkan halaman” atau “leave this page”. Maka kita sudah berhasil keluar dari iklan jebakan tersebut.

Namun bagaimana jika kita mengalami hal semacam ini lagi? Karena kita tidak bisa memprediksi website mana saja yang bebas dari iklan popup yang berisi peringatan virus palsu ini.

Sebenarnya bisa saja kita ulangi langkah di atas dengan cara menutup tab yang aktif, akan tetapi yang cukup mengganggu dan menjengkelkan adalah iklan ini bisa membuat smartphone kita bergetar secara terus-menerus yang efeknya bisa menguras baterai atau bahkan merusak perangkat dari smartphone itu sendiri.

Nonaktifkan fungsi vibrate pada browser Chrome

Nah, untuk mencegah smartphone bergetar ketika kita terjebak pada iklan semacam itu, maka kita perlu menonaktifkan fungsi getar (vibrate) yang ada di browser Chrome Android.

Paling tidak, dengan menonaktifkan fungsi vibrate, kita bisa meminimalisir efek pengrusak yang diakibatkan oleh iklan virus palsu tersebut.

Berikut cara menonaktifkan fungsi vibrate di browser Chrome untuk mencegah smartphone bergetar karena iklan virus palsu:

  1. Buka aplikasi Chrome di Android.
  2. Klik icon bertanda titik tiga untuk membuka menu. google-chrome-menu
  3. Pilih “Settings”. chrome-settings
  4. Pilih “Site settings”. chrome-site-settings
  5. Pilih “Notifications”. chrome-notifications
  6. Hilangkan centang pada opsi “Vibrate” untuk menonaktifkan fungsi getar pada fitur notifikasi. chrome-disable-vibrate

Dengan cara ini, ketika kamu masuk ke website yang berisi iklan jebakan, maka smartphone kamu tidak akan bergetar lagi. Kamu bisa lebih tenang untuk meninggalkan halaman web iklan tersebut.

Mengapa jebakan iklan di suatu halaman website bisa membuat smartphone terus bergetar?

Jawabannya adalah karena iklan tersebut memanfaatkan fitur Vibrate API yang ada di HTML5.

Sebenarnya fungsi Vibrate API yang ada di HTML5 berfungsi untuk memberikan getaran pada notifikasi, getaran pada game, dan beberapa hal lainnya.

Akan tetapi fitur ini disalahgunakan oleh si pembuat iklan virus tersebut. Sehingga yang umumnya getaran cukup dengan “1, 2, 3”, malah diubah menjadi terus menerus tanpa jeda untuk membuat panik korbannya.

Seperti yang kita ketahui, untuk saat ini browser Chrome di Android akan meminta izin akses atau permission dari pengguna setiap kali akan mengakses fitur seperti geo-lokasi, kamera, kontak telepon, dll.

Yang tujuannya tentu saja untuk alasan keamanan, dan mencegah terjadi bocornya informasi pribadi pengguna tanpa sepengetahuan dari si pengguna itu sendiri.

Sayangnya, untuk saat ini fitur permission yang menampilkan peringatan atau warning belum ada untuk Vibrate API.

Advertisements

Comments