Setting Equalizer MP3 Jadi 3D Surround Sound Serasa Nonton Konser Musik

Meningkatkan kualitas suara mp3 memang bisa dilakukan dengan aplikasi equalizer. Namun kalau hanya meningkatkan kualitas suara bass dan treble saja mungkin itu sudah biasa.

Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat suara mp3 jadi semakin nikmat dan keren layaknya menonton langsung konser musik.

Caranya adalah dengan menambahkan efek Virtual3D dan juga efek Surround Sound pada musik yang ingin kita dengarkan.

Advertisement

Kalau Anda suka mendengarkan musik di smartphone Android, trik ini akan cukup berguna untuk Anda coba.

Gunakan Aplikasi XPlayer3D, Dengar Musik Jadi Serasa Nonton Konser

Aplikasi XPlayer3D punya fitur unik yaitu Virtual3D dan juga Surround, yang kalau diaktifkan akan membuat suara vokal menjadi lebih halus di telinga. Jika dianalogikan mungkin efeknya seperti menyanyi di dalam sebuah terowongan ataupun di dalam goa namun dengan detail yang masih terdengar jelas. Selain itu, instrumen musiknya juga akan terasa menjadi lebih megah di telinga kita, seperti menonton langsung acara konser musik.

Sejauh ini, kami belum menemukan aplikasi yang bisa menyaingi efek equalizer dari aplikasi XPlayer3D. Karena aplikasi ini ternyata bisa bekerja cukup baik pada beberapa perangkat headset dan juga earphone yang berbeda-beda. Bahkan untuk headset bluetooth pun efeknya bisa sangat terasa.

Aplikasi ini ada 2 versi:

Di sini kami akan membahas yang versi premium yaitu XPlayer3D. Kita bisa membelinya dengan menggunakan pulsa yang akan dipotong sesuai dengan harga aplikasinya.

Namun jika Anda ingin mencobanya terlebih dahulu, Anda bisa menginstall yang versi gratisnya, yaitu 3D Surround 7.1 Music Player. Keduanya memiliki tampilan aplikasi yang sedikit berbeda, namun untuk pengaturan atau settingannya masih tetap sama. Hanya saja di versi gratisnya disisipi cukup banyak iklan.

Baik langsung saja, jika Anda mau mencobanya silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah 1

Buka PlayStore, ketik “XPlayer3D” pada kolom pencarian.

Langkah 2

Klik 3D Surround Music Player, pastikan nama developernya adalah Tamal Basak, lalu Install aplikasinya.

Langkah 3

Setelah berhasil di-install, jalankan aplikasinya.

Langkah 4

Coba play satu buah file lagu yang ada di smartphone Anda.

Langkah 5

Klik tombol “Virtual3D” dan “Surround” untuk mulai mengaktifkannya.

Di sini seharusnya akan terasa ada perbedaan dari yang sebelumnya.

Langkah 6

Selanjutnya klik icon Equalizer. (Posisinya ada di tengah bagian bawah, gambar garis bergelombang).

Advertisement

Langkah 7

Coba sesuaikan settingannya seperti gambar di bawah ini. Untuk mengubahnya tinggal disentuh dan digeser saja.

Di sini kami menggunakan headset wireless Bluetooth dengan merk NIA-X3. Dan settingan equalizer di atas lumayan cocok untuk perangkat yang kami gunakan.

Kalau Anda menggunakan perangkat yang lain, mungkin akan ada sedikit perbedaan, tinggal disesuaikan saja agar nyaman di telinga Anda.

Virtual3D atau audio 3D berfungsi untuk memberikan efek suara dari berbagai sudut, jadi seakan-akan kita mendengarkan instrumen musik secara langsung.

Anda bisa menggeser icon speaker hijau seperti gambar di atas untuk mendapatkan kualitas suara terbaik.

Langkah 8

Selanjutnya, sesuaikan juga settingan Surround 7.1 seperti berikut ini.

Efek Surround Sound berfungsi untuk membuat suara musik yang kita dengarkan menjadi lebih megah. Kita akan mendapatkan suara seakan-akan dari 7 sumber yang mengelilingi telinga kita.

Selain itu, suara vokal akan terdengar menjadi lebih halus di telinga (soft), namun dengan detail yang masih cukup terasa.

Langkah 9

Supaya lebih nikmat, tambahkan equalizer bass booster supaya lebih ngebass.

Geser slider ke atas untuk menambahkan level bass sesuai dengan yang Anda inginkan.

Untuk di perangkat kami, angka di bawah 30% sudah terasa cukup untuk berbagai genre musik.

Langkah 10

Simpan pengaturan ini untuk menjadikannya sebagai preset buatan kita sendiri. Supaya nanti ketika ingin mendengarkan musik, kita tidak perlu melakukan setting dari awal lagi.

Caranya, klik icon “Save” yang terletak di kanan atas layar, lalu beri nama filenya sesuai keinginan. Nantinya equalizer racikan kita tersebut akan ditampilkan pada tab preset. Kapanpun ingin menggunakannya, tinggal klik saja nama presetnya.

Contohnya pada gambar di atas, kami memberi nama presetnya dengan nama “NIA X3 DAILY USE”.

Supaya file preset selalu digunakan sebagai default saat kita membuka aplikasi, silahkan masuk ke pengaturan. Klik icon Gear, kemudian masuk ke tab OTHER. Lalu pilih preset yang tadi sudah kita buat.

Nah, itulah tutorial setting equalizer musik MP3 jadi 3D Surround Sound di aplikasi Android.

Kini mendengarkan musik jadi lebih seru dan nikmat berkat efek suara yang bisa bikin lagu yang kita dengarkan jadi megah serasa nonton konser musik.

Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept