Cara Melihat Riwayat Perjalanan dari Tempat yang Pernah Dikunjungi Melalui Google Maps

Google Maps punya salah satu fitur bagus yang bernama “Timeline”. Fitur Timeline ini berfungsi untuk menampilkan riwayat lokasi dan perjalanan kamu (Location History).

Jejak perjalanan kamu akan direkam jika kamu mengaktifkan fitur Timeline tersebut. Sehingga kamu bisa mengetahui lokasi-lokasi mana saja yang pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Sangat berguna bagi kamu yang suka traveling, atau sekedar hanya untuk mengetahui kegiatan perjalanan mingguan atau bulananmu.

Cara Melihat Riwayat Perjalanan di Google Maps

  1. Jalankan Google Maps.
  2. Tekan tombol yang bertanda 3 garis horizontal (bagian kiri atas).
  3. Pilih “Your timeline”.
  4. Klik icon kalendar yang berada di kanan atas layar.
  5. google-maps-timeline-historySetelah jendela kalendar terbuka, kamu bisa memilih dan mengganti bulan dengan cara sentuh dan geser ke kiri.
  6. Kemudian sentuh atau pilih tanggal untuk menampilkan riwayat lokasi kamu.

google-maps-timeline-location-history-route

Dengan menggunakan cara tersebut, kamu akan bisa melihat riwayat dari rute perjalanan kamu di hari atau tanggal tertentu. Bahkan lengkap dengan durasi dan jarak tempuhnya.

Cara Menonaktifkan Location Tracking

Timeline memang fitur yang cukup berguna bagi kamu yang tertarik untuk melihat jejak riwayat dari perjalanan kamu sebelumnya.

Akan tetapi tentu saja, pihak Google menyimpan semua informasi data tracking ini. Mereka tahu kemana saja kamu pergi.

Jika kamu tidak sedang ingin menggunakannya, kamu bisa menonaktifkannya dengan cara berikut:

  1. Pada aplikasi Google Maps, pilih icon bertanda 3 garis horinzontal untuk membuka menu.
  2. Kemudian cari dan buka menu “Settings”.
  3. Pilih menu “Personal content”.
  4. Cari dan pilih menu yang bertuliskan “Location History is on”.
  5. Di sana kamu akan melihat device atau perangkat apa saja yang aktif menggunakan fitur ini. Klik tombol on/off untuk menonaktifkannya maupun sebaliknya.

google-maps-disable-timeline-location-historyPada menu di atas kamu juga bisa pause atau menonaktifkan fitur tracking pada account Google kamu, caranya cukup klik tombol yang ada di samping tulisan “On” pada “Location History” paling atas agar menjadi “Off”, kemudian klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Penutup

Fitur Timeline di Google Maps memang berguna terutama bagi kamu yang hobi travelling atau sekadar tertarik untuk melihat-lihat jejak atau riwayat perjalanan kamu.

Akan tetapi, pihak Google menyimpan informasi data tracking ini, yang tentunya mereka bisa mengetahui kemana saja kamu pergi melalui sistem GPS tracking tersebut.

Namun jika tidak sedang ingin menggunakannya, kamu tetap bisa kok menonaktifkan fitur tersebut.

Advertisements

Comments